in ,

Sumber Brutu: Wisata Baru di Lumajang. Buat Kamu yang Pengen Jeguran!

Ngadem.com – Lumajang merupakan kabupaten di Jawa Timur dan juga menjadi salah satu jalur pendakian menuju puncak Semeru. Lumajang dianugrahi pesona pemandangan alam yang begitu eksotis nan menawan. Ada banyak spot wisata ciamik yang bisa kamu jumpai, dua diantaranya yaitu air terjun Tumpak Sewu dan Kapas Biru yang sempat menghebohkan jagat maya karena keesksotisannya. So, tak heran bila Lumajang jadi salah satu destinasi wisata favorit di Jawa Timur.

Nah, selain air terjun Tumpak Sewu dan Kapas Biru, kini muncul lagi wisata baru nan epic di Lumajang. Namanya, Sumber Brutu.

Dimana lokasi objek wisata Sumber Brutu? Berapa harga tiket masuknya?

Sumber Brutu terletak di Ds. Pandansari, Kecamatan Kedungjajang, Kab. Lumajang, Jawa Timur. Untuk sampai lokasi membutuhkan waktu sekitar 23 menit atau memakan jarak sekitar 12,3 kilometer dari pusat kota Lumajang.

Akses menuju lokasi cukup mudah. Namun, beberapa ratus meter untuk sampai lokasi tujuan, kamu akan dibawa melewati sungai-sungai dan area persawahan. Ya… meski demikian, semua akan tetap terasa membahagiakan mengingat suguhan pemandangan alam sekitar yang begitu indah selama perjalanan. Untuk tiket masuknya sejauh ini masih gratis.

Jadi, apa yang menarik dari objek wisata Sumber Brutu?

Sumber Brutu merupakan destinas wisata baru di Lumajang. Objek wisata satu ini berupa pemandian alami dengan pemandangan alam yang sungguh epic , ciamik dan mengagumkan. Airnya juga jernih dan bening banget. Objek wisata Sumber Brutu ini terbilang masih sangat baru dan tentunya masih cenderung sepi karena belum banyak wisatawan yang tahu.  Oh iya, karena terbilang masih sangat baru, fasilitas disini pun belum terlalu memadai. Jadi, apa sich yang menarik dari objek wisata Sumber Brutu? Kepoin yuk.

foto dari @berbhakti

Pertama, Sumber Brutu bius untuk lelah dan stressmu

Bekerja atau kuliah atau sekolah hampir seminggu full tentu membuat badan dan pikiran lelah dan stress. Salah satu solusinya yaitu dengan liburan, traveling menikmati memandangan alam hijau yang mendamaikan. Buat kamu yang lagi di Lumajang, objek wisata Sumber Brutu bisa jadi pilihan. Menawarkan pemandian alami dengan kondisi air yang bening, jernih dan segar, tentu bisa jadi bius terbaik untuk lelah dan stressmu. Berada di sini, kumkum disini, benar-benar kedamaian yang haqiqi.

Kedua, Sumber Brutu spot foto underwater yang instagenic banget

Kalau di Malang ada Sumber Sirah, dan di Klaten ada Umbul Ponggok maupun umbul Kemanten untuk spot foto underwater, maka di Lumajang ada Sumber Brutu. Yup, buat kamu yang lagi di Lumajang, kamu tak perlu jauh-jauh ke Malang atau ke Klaten buat bisa foto-foto underwater, karena di Sumber Brutu pun kamu bisa melakaukannya. Pemandangan bawah air yang ditawarkan di Sumber Brutu pun tak kalah instagenic dengan Sumber Sirah, Umbul Ponggok dan Umbul Kemanten. Kalau mau foto-foto underwater, pastikan kameramu sudah waterproof yess.

Ketiga, Sumber Brutu menawarkan pemandangan alam sekitar yang mendamaikan

Selain menawarkan spot underwater yang instagenic banget, Sumber Brutu juga menawarkan pemandangan alam sekitar yang mendamaikan. Sejauh mata memandang, kamu akan dimanjakan oleh pemandangan alam yang kental akan nuansa hijau. Hal ini tentu cocok untuk kamu yang sedang ditindih stress, galau, capek maupun patah hati. Konon katanya, alam adalah bius terbaik untuk meredakan apapun yang membuat kita merasa jatuh dan tersungkur.

Keempat, Sumber Brutu  tempat terbaik untuk mengasingkan diri dari hiruk pikuk kota

Lokasi Sumber Brutu cukup tersembunyi dan cukup terasing dari hiruk pikuk kota. Bahkan untuk sampai lokasi pun kamu harus melewati sungai-sungai dan area persawahan. So, Sumber Brutu ini cocok untuk kamu yang sedang ingin melarikan diri atau mengasikan dari dari hiruk pikuk kota. Berendam dan menenangkan diri di sini tentu membantumu untuk memulihkan diri dari apapun yang membuatmu merasa jatuh dan tersungkur.

Kelima, Sumber Brutu adalah keindahan alam yang bisa kamu nikmati Cuma-Cuma.

Sudah disebutkan diatas, bahwa untuk menikmati keindahan Sumber Brutu atau untuk bisa kumkum di pemandian alam Sumber Burut tidak dikenakan biaya retribusi alias gratis. Tentunya ini kabar gembira untuk kamu yang (mungkin) sedang minim buget tapi ingin dolan. Jadi, buat kamu yang lagi pingin jalan-jalan atau liburan tapi kondisi keuangan memprihatinkan, berkunjung ke Sumber Brutu  bisa jadi pilihan.

Jadi, kapan nih mau ajak orang-orang terdekatmu kumkum di Sumbur Brutu? Kalau kesini, pastikan bawa baju ganti, kamera waterproof, dan bekal makanan ya. Sebagai wisatawan yang bijak, yuk bantu pengelola setempat untuk tetap menjaga keindahan dan kelestarian alam sekitar. Dan ingat, jangan membuat sampah semabrang! Btw, selamat liburan dan selamat bersenang-senang.

(Foto featured dari @wahyu_sokklat)

Written by Amie Uliel

Kontributor Ngadem.com - Wanita yang menyukai apa pun saja tentang travel dan buku-buku roman.