in ,

Rute dan Tiket Teluk Banyu Biru Terbaru: Wisata Hits di Banyuwangi

Banyuwangi memang tak bisa dipandang sebelah mata, terlebih beberapa destinasi wisatanya yang mulai dikembangkan dan dipromosikan. Ya, rasanya pantas Banyuwangi mendapatkan predikat perkembangan pariwisata dunia dari PBB. Keindahan alam serta pesona bawah latunya, membuat Banyuwangi jadi pilihan utama para travelers.

Dari banyaknya pilihan tempat wisata di Banyuwangi, kami akan mengenalkanmu pada Teluk Banyu Biru atau lebih hits dengan sebutan ‘Blue Bay’. Destinasi wisata ini memang terbilang baru di Banyuwangi, dan secara langsung dikelola oleh Nelayan Muncar. Nah, bagi kamu yang ingin ke Teluk Banyu Biru, berikut kami berikan panduannya.

Bagaimana untuk aksesnya?

Menuju Blue Bay bisa menggunakan perahu nelayan. Tiket untuk sampai di Teluk Banyu Biru memang  terbilang mahal, tapi tentu saja sepadan dengan pesona alam yang akan kamu lihat. Pesona Teluk Banyu Biru bisa kamu dapati di sepanjang perkampungan nelayan Muncar. Kamu akan disambut dengan senyum ramah para penduduknya. Oh, ya. Teluk Banyu Biru berada di balik Tanjung Sembulungan.

Memang, butuh perjuangan untuk sampai ke Teluk Banyu Biru. Kamu akan memakan waktu sekitar 3 jam untuk bisa sampai ke kawasan Senggrong. Dengan menggunakan perahu nelayan, kamu akan mengeluarkan kocek sebesar Rp. 100.000/orang. Terbilang murah, mengingat tempat yang akan kamu tuju merupakan primadona di Banyuwangi.

 Apa yang akan kamu rasakan?

Saat memulai perjalanan ke Teluk Banyu Biru, kamu akan disuguhi panorama cantik yang memanjakan mata. Sebab, kamu akan mengelilingi Tanjung Sembalungan yang terkenal akan spot-spot cantiknya itu. Sebelum sampai lokasi, hamparan birunya laut juga akan memanjakan perjalananmu; menyegarkan! Tebing-tebing cadas yang bagai menusuk langit, akan membuatmu yakin bahwa tak salah Banyuwangi mendapatkan penghargaan dari PBB. Ya, keindahan alam dan laut di Banyuwangi benar-benar ciamik!

Berbagai keindahan sebelum sampai di Teluk Banyu Biru belum berhenti sampai di situ. Kamu bisa mampir sebentar di Pasir Panjang. Pasir Panjang ini merupakan area yang sebagian besar dihiasi oleh pasir putih. Nama Pasir Panjang pun dilabeli sendiri oleh para nelayan Muncar. Yang menarik dari Pasir Panjang adalah kamu bisa menghitamkan kulit di bawah teriknya matahari, sambil disapu nyiru angin melambai-lambai. Tapi kalau kamu ingin sejenak bersitirahat, kamu bisa duduk di bawah pepohonan rindang yang sejuk dan syahdu sekali.

Dari Pasir Panjang kamu juga akan melihat lebatnya pepohonan yang menjulang tinggi dan lebat. Ya, kawasan Pasir Panjang juga merupakan wilayah Taman Alas Purwo. Di sini kamu bisa istirahat sebelum sampai ke Teluk Banyu Biru sambil menikmati bekal yang kamu bawa.

Saat sampai di Teluk Banyu Biru, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah snorkeling!

Foto dari @rickycs

Selepas menjelajahi Pasir Panjang, perahu yang kamu tumpangi akan berhenti di Sanggrong, dan sampailah kamu di Teluk Banyu Biru! Jarak Pasir Panjang ke Teluk Banyu Biru hanya sekitar satu jam-an. Teluk Banyu Biru merupakan daerah pantai yang di dalamnya tersimpan harta karun berupa karang-karang yang luar biasa cantik. Nah, kalau kamu pecinta bawah laut, wajib hukumnya untuk snorkeling di sini.

Di Teluk Banyu Biru, kamu bisa selfie dengan bintang laut. Tapi itu kalau kamu beruntung ya… sebab habitat asli bintang laut di Teluk Banyu Biru berada di dasar laut. Nah, biasanya karena terbawa ombak, bintang laut ini menepi di bibir pantai. Kamu bisa mengajaknya selfie, tapi setelah itu kembalikan lagi ke tengah laut ya… mereka kan juga punya kehidupan.

Nah, setelah puas snorkeling, kamu bisa deh leyeh-leyeh di bawah pepohonan yang sejuknya ngalahin AC kantor. Bercengkrama bersama teman atau sekedar duduk di bibir pantai adalah hal yang bisa kamu lakukan. Sambil menikmati bekal makanan, lihatlah laut di depanmu. Rasakan… betapa Indonesia itu luar biasa keren!

Bukan perkara mahalnya biaya yang akan kamu keluarkan, tapi untuk tetap yakin bahwa sebuah perjalanan akan membuat cara pandang kita pada dunia bisa sedikit berbeda. Di Teluk Banyuk Biru, pesona keindahan bawah laut serta alamnya dijamin akan membuat segala penatmu terurai!

(Foto featured dari @dwigamas)

Written by Reshie Fastriadi

Kontributor Ngadem.com - Pemuda beruntung yang lahir dan besar di lingkungan berbeda. Telanjur jatuh cinta pada dunia otak kanan dan Nasi Pecel khas Nganjuk. Sedang sibuk mengerjakan tugas kuliah dan menata hati dari bisikan setan yang terkutuk.