in

Lokasi dan Tiket Gua Soekarno: Wisata Baru di Sumenep yang Epik Banget!

foto dari @bintankkuleo

Ngadem.com Sumenep salah satu tujuan wisata di pulau Madura yang menyimpan banyak keindahan. Kurang afdol kalau berkunjung ke Madura tapi nggak mampir ke Sumenep. Nah, di tahun 2019 ini, Nah, ada objek wisata baru di Sumenep resmi dibuka awal juni lalu, namanya Gua Soekarno.

Mulanya, Gua Soekarno ini merupakan gua biasa yang banyak ditumbuhi semak belukar dan tak terawat. Namun, kelompok sadar wisata (pokdarwis) setempat melihat ada potensi wisata dari gua Soekarno ini hingga akhirnya gua ini pun disulap menjadi gua yang begitu eksotis nan epic. Bahkan, gua ini sudah diburu banyak wisatwan diawal launching karena memang wisata gua masih langka di kawasan ini.

gua seoakrno
foto dari @bintankkuleo

Hal- Hal Menarik di Gua Soekarno

Gua ini dinamakan gua soekarno mulanya karena dulu ada seorang musafir yang menetap di gua tersebut yang begitu mengidolakan presiden Soekarno. Hal tersebut terlihat dari banyaknya gambar-gambar Soekarno di dalam goa tersebut. Hingga akhirnya Goa ini pun dinamakan Gua Soekarno.

Setelah disulap menjadi objek wisata, gua Soekarno ini benar-benat begitu eksotis nan fotoable. Hingga tak heran diawal launching awal bulan juni 2019 lalu, gua Soekarno ini langsung memikat hati banyak wisatwan. Ada bebreapa hal menarik yang bisa kamu jumpai di gua epic ini, salah satunya pemandangan stalaktit dan stalagmite.

Namun, yang paling menarik perhatian dari gua ini yaitu gua ini dihiasi lampu berwarna-warni yang menambah kesan eksotis nan epic gua ini. Selain itu, ada kafe juga untuk para pengunjung yang barangkali ingin makan atau sekedar ngopi atau sekedar untuk leyeh-leyeh setelah puas foto-foto dan menikmati keindahan gua.

Baca juga:

8 Tempat Wisata di Sumenep yang Lagi Hits
ni Dia, Menu Wisata Pantai dan Pulau-Pulau Epic di Sumenep, Madura
8 Tempat Wisata Ciamik di Pamekasan
gua soekarno
foto dari @bintankkuleo

 

gua soekarno sumenep
foto dari @bintankkuleo

Lokasi dan Tiket Gua Soekarno

Gua Soekarno berada di Ds. Panaongan, Kec. Pasongsongan, Kab. Sumenep, Madura, Jawa Timur. Waktu yang kamu butuhkan untuk sampai lokasi sekitar 50 menit dari pusat kota Sumenep. Akses menuju lokasi tidak terlalu sulit, aman untuk dilalui kendaraan motor maupun mobil.

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke gua Soekarno dan menikmati keeksotisannya serta foto-foto didalamnya, biaya retribusinya sekitar Rp 15ribu per orang. Jam kunjung dari pukul 8 pagi hingga pukul 10 malam.

Adanya objek wisata Gua Soekarno ini diharapkan mampu meningkatkan perekonomian warga setempat. Gua Soekarno ini bisa jadi alternative liburan kamu di Pulau Madura, khususnya di Sumenep. Gua Soekarno ini jadi objek wisata di Sumenep yang benar-benar rekomended untuk dikunjungi.

Jadi, kapan nih mau berkunjung ke Gua Seokarno? Yuk segera ajak partner trip kamu kesini. Ingat! Jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan, keindahan dan kelestarian sekitar. Selamat menikmati liburan. :)

 

 

Written by Amie Uliel

Kontributor Ngadem.com - Wanita yang menyukai apa pun saja tentang travel dan buku-buku roman.