in ,

Coban Talun: Tempat Wisata di Kota Batu yang Indah nan Ciamik

foto dari @cobantalun

Ngadem.com – Kota Batu merupakan sebuah kota di Jawa Timur yang menyimpan sejuta pesona dan panorama alam yang sangat indah. Salah satu tempat wisata di Kota Batu yang sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan yaitu Coban Talun. Coban Talun merupakan sebuah objek wisata air terjun yang sangat indah juga ciamik. Meskipun begitu, namun tempat wisata ini memiliki wahana selain air terjun.

Ada banyak wahana yang bisa kalian coba di area ini. Mulai dari spot Apache camp, kebun bunga, Pagupon camp dan lain sebagainya. Pengunjung juga dapat memanfaatkan wahana tersebut sebagai spot foto yang keren dan instagramable. Tempat wisata ini menjadi salah satu tempat wisata favorit wisatawan selain Batu Flower Garden dan Eco Green Park.

Lokasinya yang berada di perbukitan membuat udara disana dingin dan sejuk. Pamandangan alam di sekitar tempat wisata Coban Talun juga sangat alami. Hutan pinus di sekitar tempat ini akan menambah pemandangan tempat wisata Coban Talun menjadi lebih indah dan keren. Fasilitas di objek wisata ini juga sudah cukup lengkap dan mumpuni.

Fasilitas yang bisa ditemukan di tempat ini mulai dari. Mushola, kantin, balai serbaguna dan area parkir yang cukup luas. Lalu apa saja yang ada di ojek wisata Coban Talun ? Berikut ini kami akan menyajikan informasi seputar Coban Talun. Untuk lebih jelasnya, mari simak ulasan berikut yang sudah kami rangkum dibawah ini.

coban talun
foto dari @cobantalun

Coban Talun: Tempat Wisata di Kota Batu yang Indah, Keren juga Ciamik

Seperti yang sudah kami tulis di atas bahwa kami akan menyajikan informasi seputar Coban Talun mulai dari lokasi, harga tiket masuk dan wahana apa saja yang ada di tempat wisata ini. Untuk sebuah wisata yang sangat indah ini wajar saja bila pengelola memberikan biaya untuk masuk ke kawasan tempat wisata tersebut. Namun anda tidak perlu khawatir untuk harga tiketnya, pengelola hanya meminta anda membayar dengan harga yang terjangkau. Langsung saja, pada inti pembahasan, berikut informasi lengkapnya.

Lokasi Coban Talun

Lokasi tempat wisata ini berada di lereng Gunung Arjuna, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Malang, Jawa Timur. Dari pusat kota Malang tempat ini berjarak sekitar 15 km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan dengan berkendara.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Seperti yang sudah di bahas tadi bahwa untuk memasuki kawasan tempat wisata ini pengelola memberikan biaya tiket masuk. Untuk harga tiket masuk sangat terjangkau yaitu hanya sekitar Rp.10.000 per orang. Selain itu anda yang datang membawa kendaraan akan dikenai biaya parkir sebesar Rp.5.000 untuk parkir sepeda motor dan Rp.10.000 untuk parkir mobil. Untuk spot foto yang ada di tempat ini juga dikenai biaya. Rata-rata spot foto di tempat wisata ini dikenai biaya sekitar Rp.10.000 namun juga ada yang Rp.5.000.

Adapun wahana yang dapat anda nikmati di tempat ini. Anda juga dapat menggunakan wahana tersebut sebagai spot foto yang keren. Berikut daftar wahana di tempat wisata air terjun kota batu ini.

1.  Air Terjun Coban Talun

air terjun coban talun
foto dari @cobantalun

Air terjun ini merupakan ikon tempat wisata ini. Air terjun ini sangat indah dengan dinding bebatuan yang ditumbuhi oleh banyak jenis tanaman hijau membuat air terjun ini menjadi sangat eksotis. Airnya yang jernih dan segar ini membuat suasana yang alami. Pemandangan alam sekitar air terjun juga cukup indah dengan dikelilingi oleh banyak jenis tumbuhan yang hijau asri yang akan memberikan kesan yang lebih alami dari tempat ini. Debit air terjun ini sekitar 1000 liter per detik. Ketinggian air terjun ini sekitar 30 meter.

2.  Kebun Bunga Coban Talun

taman bunga coban talun
foto dari @cobantalun

Di wahana ini terdapat banyak macam jenis bunga yang berwarna – warni. Wahana ini merupakan wahana yang paling difavoritkan oleh para pengunjung , karena pengunjung sangat suka akan keindahan bunga – bunga. Keindahan bunga yang disajikan di kebun bunga ini bisa anda jadikan sebagai spot foto dengan latar belakang tanaman bunga yang lengkap dengan pepohonan yang rindang. Di kebun bunga ini biasanya digunakan untuk berfoto oleh pasangan sebagai latar belakang foto prewed dan juga untuk shooting video berbagai media. Untuk dapat berfoto di wahana ini anda harus mengeluarkan biaya sekitar Rp.5.000 saja.

3.  Spot Apache Camp

apache camp
foto dari @cobantalun

Wahana Apache ini merupakan wahana berupa perkampungan dengan desain yang menyerupai kampung dan budaya Indian yaitu suku Apache. Di wahana ini terdapat rumah Indian lengkap dengan pernak – perniknya. Di wahana ini pengunjung akan diajak untuk menelusuri perkampungan dengan konsep dan suasana Indian. Selain itu tempat ini juga bisa dijadikan sebagai spot foto yang keren dan unik. Dengan berdandan ala suku Indian menggunakan pakaian dan atribut lengkap, berfoto di sini akan terlihat unik dan keren. Namun untuk ke wahana ini anda akan dikenai biaya sekitar Rp.10.000 saja per orang. Selain digunakan sebagai spot foto yang unik, tempat ini juga biasa disewakan sebagai penginapan. Harga sewanya mulai dari Rp.300.000 sampai Rp.500.000 untuk per malamnya.

4.  Pagupon Camp

pagupon camp
foto dari @cobantalun

Wahana yang satu ini merupakan sebuah penginapan dengan 1 kamar dan 1 kamar mandi. Di tempat ini anda dapat mengunjungi rumah yang berbentuk seperti sangkar burung merpati yang disewakan kepada para pengunjung. Untuk harga sewanya sendiri tidak jauh berbeda dengan Apache Camp yaitu hanya sekitar Rp.300.000 hingga Rp.500.000 per malam. Sedangkan untuk memasuki area ini anda juga akan dikenai biaya sekitar Rp.10.000. Di area ini anda juga dapat berfoto. Fasilitas di Pagupon Camp juga sudah lengkap mulai dari, kantin, mushola, rumah pohon dan juga hammock.

5.  Spot Foto di Sekitar Air Terjun

Sudah sewajarnya apabila setiap tempat wisata memiliki spot foto yang kece dan keren. Mungkin hal tersebut juga bisa menjadi daya tarik tersendiri dari tempat wisata tersebut. Banyaknya spot foto pada tempat wisata juga sangat digemari oleh banyak orang, khususnya anak muda. Spot foto yang bisa pengunjung pilih di sekitar air terjun yaitu aliran sungai atau di area air terjun.

Fasilitas

Untuk fasilitasnya sendiri tempat wisata ini sudah sangat lengkap, mulai dari area parkir, mushola, kantin dan balai serba guna. Fasilitas tersebut sudah sangat mumpuni sehingga pengunjung dapat memanfaatkannya dengan nyaman dan aman. Selain itu fasilitas yang lainnya juga terdapat penginapan dan banyak spot foto yang keren. Dengan adanya fasilitas yang memadai pengelola mengharapkan tempat ini semakin menarik minat wisatawan. Hal ini dikarenakan wisatawan berkunjung bukan hanya semata – mata mencari keindahan, namun dengan adanya fasilitas yang lengkap bisa mereka manfaatkan.

Itulah beberapa informasi mengenai wisata Coban Talun. Jangan lupa untuk menulis nama Coban Talun kedalam buku tujuan wisata anda untuk mengisi waktu liburan anda. Semoga informasi yang kami sajikan bermanfaat. Kami juga merekomendasikan situs Pigunigu.com sebagai referensi daftar wisata terbaru di Indonesia. Silahkan dikunjungi bila Anda masih membutuhkan banyak referensi. Cukup sekian informasi dari kami, kurang lebihnya mohon maaf, terima kasih.