in

Simak! Perbedaan Blog dan Website yang Perlu Kamu Tahu

Ngadem.com – Ada beberapa sebagian orang awam yang beranggapan jika blog dan website adalah sama. Padahal keduanya sangat berbeda. Nah di sini kita akan kupas tuntas perbedaan blog dan website terutama untuk kamu yang masih pemula. Blog sebenarnya bukan website, dan website bukan blog. Meskipun pada umumnya blog dan web memiliki banyak persamaan. Namun ada perbedaan blog dan website yang perlu kamu tahu dan pahami.

Blog adalah singkatan dari web log yang di dalamnya berbentuk tulisan-tulisan kemudian di posting pada halaman website. Perbedaan lain yang bisa di lihat kasat mata adalah pada platform yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Namun perbedaan ini mungkin hanya bisa di lihat para blogger berpengalaman. Sedangkan website adalah istilah umum untuk menyebut situs website di internet. Contoh situs yang di namakan website adalah  www.facebook.com, http://www.domainesia.com ,  www.google.com dan situs lainnya.

Blog juga salah satu tipe website yang terkenal di dunia karena dapat dikelola dengan sederhana. Blog gratis juga sering di sebut dengan website pribadi yang kerap di jadikan sebagai tempat berbagai inspirasi hingga sebagai ladang bisnis.

Langsung saja berikut ini perbedaan antara blog maupun website yang perlu kamu tahu. Simak ya!

perbedaan blog dan website

1. Perbedaan Pada Isi Konten

Konten pada blog biasanya berisikan bermacam-macam konten dengan tema yang berbeda-beda. Tema-tema yang bisa kamu jadikan konten adalah mengenai teknologi, kuliner, fashion, dunia keartisan, atau tema yang membahas sesuatu yang sedang viral. Blog berfungsi sebagai majalah online dengan konten gambar dan video yang menarik perhatian pembaca.

Kemudian website sendiri lebih fokus pada satu produk, satu owner, dengan tema yang serupa dengan blog. Produk yang bisa dimasukkan ke website adalah produk kecantikan dimulai dari lipstick, bedak tabur, bedak padat dengan brand tertentu yang akan di promosikan.

2.  Perbedaan Pada Daftar Konten

Blog memiliki ciri khusus pada daftar kronologi postingan. Jadi konten atau tulisan yang pernah kamu posting adalah akan terlihat secara runtut mulai dari yang paling lama hingga terbaru. Sementara itu jika di lihat dari sisi website, postingan kamu tidak akan bia di temui pada daftar postingan. Website lebih statis, sedangkan blog berjalan dinamis.

3. Perbedaan Pada Konten Yang Formal Dan Tidak Formal

Blog dan website kurang lebih memiliki fitur dan platform yang sama jika pemiliknya memilih tidak berbayar. Namun untuk menangani para pengunjung atau pembaca kontennya, blogger atau pemilik website memiliki cara sendiri untuk pengunjungnya. Pada umumnya blog menggunakan gaya bahasa yang sederhana dan santai untuk kontennya. Sedangkan website lebih efektif jika menggunakan bahasa yang formal, sopan dan terperinci. Inilah perbedaan yang bisa kamu lihat pada blog dan website.

4. Perbedaan Pada Coding

Coding atau pengkodean ini juga pekerjaan yang terbilang cukup sulit. Jika kamu seorang blogger maka kamu tidak perlu mahir dengan kode atau pengkodean. Berbeda dengan seorang web master, maka harus mengetahui mengenai pengkodean seperti CSS3, PHP, HTML5 dan sebagainya.

5.  Perbedaan Homepage

Homepage pada blog biasanya akan kebanjiran tulisan setelah diposting, sedangkan untuk website mendeskripsikan isi daripada situs website. Homepage pada website ini akan memberitahu para review website atau pengunjung kamu mengenai produk atau jasa yang sedang ditawarkan pada website tersebut.

6. Perbedaan Pada Search Engine

Nah search Engine yang di maksudkan adalah mesin pencarian. Search Engine pada blog lebih banyak dicari dibandingkan daripada website. Sedangkan untuk website bersifat statis dan cenderung tetap sehingga search engine terbatas.

7. Perbedaan Pada Rating

Tidak hanya jual beli online yang membutuhkan pembeli atau pelanggan etap untuk membeli produknya. Ternyata pada sebuah blog dan website juga akan membutuhkan pengunjung yang aktif. Blog yang aktif akan memiliki pengunjung yang aktif mengunjungi blog tersebut. Dengan demikian blog akan memiliki sebuah rating yang bagus. Berbeda dengan rating, website tidak di pengaruhi oleh rating atau pengunjung.

9. Perbedaan Pada Interaktif Pengguna

Selama ini blog lebih banyak berinteraksi dengan pengunjung yang bisa di lihat dengan melampirkan kolom komentar, memfasilitasi tombol share di facebook, instagram, telegram dan media sosial lainnya. Sedangkan website lebih selektif untuk memfilter komentar-komentar daripada review pengunjungnya. Sehingga menjadikan website minim interaktif.

9.  Perbedaan Waktu Blog Dan Website

Blog yang sukses adalah memiliki waktu yang tepat saat melakukan postingan. Kamu juga harus pintar-pintar mencari waktu untuk memposting konten agar banyak pembaca yang tertarik berkunjung ke blog kamu. Namun pada website tidak berkaitan dengan waktu. Website tidak bergantung dengan waktu dan lebih fleksibel daripada blog.

Mulai dari sini, kamu bisa menentukan pilihan bukan ? Kamu ingin memilih blog atau website  ? Semuanya tergantung dalam penggunaannya. Jika kamu ingin menggunakannya sebagai keperluan bisnis, usaha, lembaga, organisasi, sosial dan politik maka lebih cocok menggunakan website. Namun jika tujuan kamu ingin mereview produk, mereview kehidupan selebritis maka lebih efektif menggunakan blog. Semoga dapat membantu kamu memahami perbedaan antara blog dan website.