in

Epic-nya Air Terjun Madakaripura, Malang

Ngadem.com – Melihat bagian belakang Gunung Bromo, selepas kabut turun, kita akan menemukan pemandangan yang begitu spektakuler dan sangat mempesona. Terhampar beraneka jenis pohon-pohon yang tiap pucuknya dapat menyentuh awan. Bukan hanya itu kita juga akan melihat sebuah Air Terjun yang  konon diyakini sebagai tempat meditasi terakhir patih Gajah Mada selama zaman Majapahit. Air Terjun ini bernama Madakaripura. Air terjun yang terletak di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini, dijuluki sebagai air terjun abadi, karena airnya yang tidak pernah habis dan selalu mengaliri sungai-sungai kecil di bawahnya. Bahkan Air Terjun Madakaripura merupakan air terjun tertinggi di Pulau Jawa dan air terjun tertinggi kedua di Indonesia setelah Air Terjun Sigura-gura, Sumatera Utara.

Dikelilingi oleh dinding-dinding tinggi, batu-batu besar, gemericik air yang tak berhenti, dan lumut-lumut hijau bak permata, membuat Mardakaripura terlihat begitu anggun sekaligus begitu tangguh. Belum lagi sinar matahari yang memantul ke buih-buih air terjun, menciptakan sensasi alam luar biasa yang tidak mungkin ditemukan di tempat lain. Terletak tidak terlalu jauh dari Gunung Bromo,  dekat Desa sapih, Probolinggo. Air Terjun Madakaripura berjarak sekitar tiga jam perjalanan dari arah Surabaya. Untuk mencapai Madakaripura, pengunjung harus berjalan sekitar 20 menit dan menyeberangi sungai juga jalan berbatu. Di sepanjang jalan, mata kita akan dimanjakan oleh pemandangan yang luar biasa indah. Dan setelah mencapai pintu masuk, kita akan bertemu dengan patung patih Gajah Mada yang duduk bersila menyambut semua pengunjung.

Patih Gajah Mada merupakan patih yang paling berpengaruh di zamannya. Konon ia mengakhiri masa hidupnya di Madakaripura setelah Perang Bubat. Sedangkan nama Madakaripura di ambil dari bahasa jawa kuno yang dalam bahasa Indonesia berarti Tempat Tinggal Terakhir. Ya, dulunya di tempat ini telah terjadi perang yang menewaskan ratusan pasukan dari kerajaan Sunda Galuh. Akibat dari perang ini, gelar mahapatih yang di berikan kerajaan Majapahit pada Gajah Mada, akhirnya di copot. Bukan itu saja, sang patih pun di usir dari Majapahit dan di paksa melewati sisa usianya di Madakaripura. Di tempat ini sang patih dengan segala kesedihannya meneggelamkan diri dari hiruk pikuknya masalah dunia. Sendiri, kesepian dan terabaikan. Hinggga akhirnya sang patih pun meninggal dengan keadaan duduk bersila di sebuah gua yang ada di Madakaripura.

Terlepas dari cerita mengharukan tersebut, ternyata Air Terjun Madakaripura juga memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Itu sebabnya, tak jarang pengunjung yang tiba di Madakaripura, selalu membawa membawa pulang grojogan air terjun, yang di kemas dengan menggunakan botol air mineral.

Cara terbaik untuk bisa ke Air Terjun Madakaripura adalah dengan menyewa mobil dari Surabaya atau Malang, dan ikut paket tur bersama dengan Gunung Bromo. Dari Surabaya, dengan mengambil rute antarkota ke Sidoarjo-Porong-Pasuruan-Probolinggo, perjalanan akan memakan waktu kurang lebih tiga jam. Setelah mencapai Tongas, akan ada tanda yang mengarahkan kita menuju Air Terjun Madakaripura. Persimpangan ini ditandai dengan sebuah monumen kecil di tengah jalan. Ikuti jalan selama kurang lebih 20 sampai 30 menit. Anda akan bertemu tanda lagi, dimana untuk menunju ke Madakaripura, Anda harus belok ke kanan. Dari sana jalan agak sempit, tetapi pamandangannya akan sangat menyenangkan. Ikuti jalan sampai mencapai pintu masuk Air Terjun Madakaripura.

Untuk sebuah obyek wisata alam yang terkenal di Indonesia, bahkan dunia, Air Terjun Madakaripura memilik fasilitas yang cukup memadai. Itu terlihat dengan adanya area parkir yang luas, toilet umum yang bersih, masjid, serta warung-warung kecil yang menjual makanan dan minuman.

Untuk tiket masuk, Anda hanya di kenakan biaya sebesar 3.000 rupiah saja per orang. Dan untuk parkir kendaraan dikenakan tarif 2.000 rupah(motor) dan 7.000 rupiah(mobil). Anda juga bisa mgnikuti program paket tur yang disediakan oleh pihak pengelola. Biasanya paket tour meliput wisata ke Gunung Bromo(termasuk Madakaripura), menginap di hotel bromo, serta mengunjungi tempat-tempat bersejarah di Probolinggo.

Bagaimana? Berminat ke Air Terjun Madakaripura? Yuk ajak kerabat serta keluarga Anda menikmati indahnya alam di Madakaripura!

Written by Amie Uliel

Kontributor Ngadem.com - Wanita yang menyukai apa pun saja tentang travel dan buku-buku roman.