in

Film Based on True Story Yang Sebenarnya Penuh Kebohongan

Source Google Image

Ngadem.com – Iklan atau cover dalam film yang menambahkan embel-embel “based on true story,” adalah cara terbaik untuk mendorong mereka yang menyukai film merasa penasaran dan segera ingin melihatnya. Kebanyakan para penonton terkesima dengan embel-embel tersebut hanya untuk mengetahui kehidupan luar biasa dari seseorang. Tak mengherankan jika kemudian banyak film yang menyelipkan kata “based on true story” dalam tiap poster atau cover filmnya.

Sayangnya, film yang mengklaim didasarkan pada kisah nyata ini tidak selalu benar adanya. Kita tahu bahwa setiap film jenis ini sering mendapat tempat di bioskop-bioskop seluruh dunia, namun terkadang karena tuntutan nilai estetik, kebanyakan film ini malah berubah jadi cerita yang sama sekali berbeda dari apa yang sebenarnya terjadi.

Nah, di bawah ini adalah sembilan film yang mengklaim didasarkan pada kisah nyata, tetapi sebenarnya jauh dari fakta. Film-film ini memutar-balikan kebenaran hingga akhirnya menjadi sebuah cerita yang hampir tak bisa dikenali dari aslinya. Dan yang aneh adalah, film-film ini belum pernah diklarivikasi sama sekali.

1. The Strangers (2009)

The Strangers
Sumber Google Image

Menyematkan kata “based on true story” dalam film The Strangers mungkin agak sedikit berlebihan. Film ini bercerita tentang pasangan muda yang diteror oleh orang asing (Strangers). Meskipun film ini mengklaim diangkat dari kisah nyata, namun intrik-intrik dalam film ini benar-benar tak terjadi di dunia nyata. Sang sutradara sendiri hanya mengatakan, “Suatu malam, saat orang tua kami keluar, seseorang mengetuk pintu dan adik saya mengeceknya, namun tidak ada orang sama sekali. Kami kemudian menemukan fakta bahwa orang-orang ini mengetuk pintu hanya untuk mengecek apakah ada orang atau tidak, jika tidak ada mereka akan membobol rumah.” Ya, cerita yang diangkat dalam film ini sedikit (banyak) berbeda dari kenyataan, dimana dalam film The Strangers banyak menampilkan scene pembunuhan yang mengerikan.

2. The Pursuit of Happyness (2006)

Pursuit of happyness
Sumber Google Image

The Pursuit of Happyness bercerita tentang seorang salesman yang berjuang mengambil hak asuh anaknya, sambil terus sabar menanggung kesulitan dari kerasnya perjuangan hidup, dan diakhirnya ketabahan itu pun berbuah manis. Film ini sebenarnya sangat menyentuh, namun sayangnya sebagian besar dari adegan di film ini adalah kebohongan. Perbedaan utama antara kisah nyata dan versi film adalah di bagian karakter si tokoh utama, Will Gardener (diperankan oleh Will Smith). Di kehidupan nyata, Will Gardener bukanlah  pria yang baik. Ia tidak peduli di mana anaknya berada (anaknya sendiri tak lahir dari rahim istrinya tapi dari pembantunya). Dan yang terburuk dari semua adalah: Will Gardener diduga memukul istrinya pada lebih dari satu kesempatan.

3. Rudy (1993)

Rudy 1993
Sumber Google Image

Rudy adalah sebuah film yang bercerita tentang seorang pemuda yang harus mengatasi berbagai masalahnya sendiri untuk mewujudkan impiannya bermain football di Notre Dame. Dalam film tersebut, pelatih di Notre Dame bernama Dan Devine, melakukan semua hal yang dia bisa untuk menghentikan Rudy berhenti bermain football. Tapi dalam kehidupan nyata, Devine (sang pelatih) sebenarnya adalah seorang pria yang cukup mengagumkan. Ia bahkan yakin Rudy bisa bermain di pertandingan final. Untuk melengkapi semua kebohongan ini, Rudy memang jelas-jelas bermain football di Notre Dame. Dan Rudy sendirilah yang melempar kisah hidupnya itu ke sebuah studio film, dan harus menunggu sepuluh tahun sebelum kisahnya dibuat menjadi film.

4. A Beautiful Mind (2001)

A Beautiful Mind
Sumber Google Image

A Beautiful Mind adalah cerita tentang sosok John Forbes Nash, seorang pria jenius yang menghabiskan waktunya bekerja untuk pemerintah dan mengalami halusinasi sampai ia belajar untuk hidup normal dengan banyak hambatan. Ada beberapa perbedaan besar antara versi film dan realitas dari sosok John Forbes Nash. Pertama, Nash tidak memiliki halusinasi. Ia hanya mendengar suara-suara secara random dan tak ada halusinasi dari sosok Paul Bettany atau Ed Harris. Kedua, istri Nash tidak selalu ada untuknya. Pasangan ini benar-benar bercerai pada tahun 1963.

5. Braveheart (1995)

Braveheart 1995
Sumber Google Image

Braveheart adalah film yang oleh media Hollywood sangat dilebay-lebaykan. Meski film ini mengklaim didasarkan pada kisah nyata, namun terdapat banyak sekali detail dalam film yang tidak cocok dengan cerita asli. Primae Noctis tidak pernah benar-benar ada, kilt bahkan tidak dipakai di abad ke-13, Isabelle Perancis bahkan tidak pernah bertemu William Wallace dalam kehidupan nyata. Meskipun skenario Randall Wallace dari Braveheart mengaku menambahkan “hiasan” guna membuat film agar lebih menghibur, tapi tampaknya Wallace malah menciptakan sebuah cerita baru.

6. The Texas Chainsaw Massacre (1974)

The Texas Chainsaw Massacre (1974)
Sumber Google Image

The Texas Chainsaw Massacre adalah film yang juga menyelipkan “based on true story” dan sepertinya cukup membuat orang menjerit ketakutan. Film mengerikan ini bercerita tentang seorang pembunuh berantai dengan gergaji yang meneror lima teman dengan bantuan keluarga kanibalisme-nya. Plot cerita sebenarnya benar-benar fiktif. Sang penggarap film, Tobe Hooper berpikir jika film ini dipasarkan dengan menambahkan kata “based on true story”, mungkin akan lebih banyak orang yang akan melihatnya.

7. Good Morning Vietnam (1987)

Good Morning Vietnam 1987
Sumber Google Image

Good Morning Vietnam adalah film yang bercerita tentang seorang DJ bernama Adrian Cronauer yang terus-menerus menyuarakan penentangannya terhadap perang di Vietnam melalui stasiun radio sambil memainkan musik yang mengagumkan. Pada kenyataannya, ini adalah sebuah kebohongan belaka. Bahkan Cronauer telah mengakui bahwa jika ia (yang dalam film diperankan oleh Robin Williams) mengatakan sesuatu yang menyangkut tentang Vietnam, ia akan diadili di pengadilan militer. Perbedaan besar antara film dan realitas adalah bahwa Cronauer tidak pernah benar-benar dikeluarkan dari camp militer. Ternyata, Cronauer menyelesaikan turnya dan pulang dengan aman.

8. The Hurricane (1999)

The Hurricane
Sumber Google Image

The Hurricane adalah sebuah film yang bercerita tentang Rubin Carter, seorang petinju yang dituduh membunuh tiga orang karena rasisme, sampai 20 tahun kemudian, muncul bukti yang membuktikan bahwa ia tak bersalah dan dibebaskan. Dalam kehidupan nyata, Carter tidak melakukan hal yang sama seperti di film Strom. Bahkan ada banyak bukti yang membuktikan Carter tak melakukan kejahatan seperti dalam film. Carter hanya berselisih dengan dua orang preman yang berusaha untuk merampoknya.

9. The Perfect Storm (2000)

The Perfect Storm
Sumber Google Image

The Perfect Storm adalah sebuah film yang bercerita tentang awak bernama Andrea Gail dan bertahannya mereka dari badai yang sangat dahsyat. Film ini menggunakan nama asli; Andrea Gail. Terdapat fakta bahwa selama Andrea Gail berlayar ia tidak pernah bertemu dengan badai yang sangat dahsyat itu. Embel-embel “based on true story” sebenarnya adalah kombinasi dari cerita dari buku True Stories, oleh Sebastion Junger. Jadi pada dasarnya kisah nyata awak Andrea Gail dalam film The Perfect Storm tidak lebih dari sekedar fiksi belaka.

Nah, itu dia Film Based on True Story Yang Sebenarnya Penuh Kebohongan, yang patutnya kamu tahu. Ada yang sudah menonton film di atas? Kecewa nggak kalau film itu cuma hoax? Hehe…

Sumber bantuan informasi film: Wikipedia, CNN, Celebrity.yahoo.com/the-insider/

Written by Reshie Fastriadi

Kontributor Ngadem.com - Pemuda beruntung yang lahir dan besar di lingkungan berbeda. Telanjur jatuh cinta pada dunia otak kanan dan Nasi Pecel khas Nganjuk. Sedang sibuk mengerjakan tugas kuliah dan menata hati dari bisikan setan yang terkutuk.