in

Suka Jogging? 6 Lokasi Asik di Jogja Ini Bisa Jadi Pilihan

Ngadem.com – Jogging merupakan salah satu aktifitas yang menyehatkan badan. Peminatnya pun banyak dan beragam, mulai dari yang muda, dewasa, sampai lansia. Bagi orang-orang sibuk yang mendewakan kesehatan, Jogging menjadi aktivitas yang ditunggu saat akhir pekan atau saat waktu selo datang. Nah, buat kamu yang stay di Jogja, berikut ini adalah 6 tempat asik buat Jogging:

1. Alun-alun Selatan dan Alun-alun Utara

Jogging sehat via www.lensanasrul.com
Jogging sehat via www.lensanasrul.com

Alun-alun selatan dan alun-alun utara ini berada di kawasan keraton Yogyakarta. Lokasinya yang luas dan strategis menjadikan kedua alun-alun ini selalu dipenuhi para penikmat Jogging kala pagi maupun sore hari. Selain bisa Jogging sepuas hati, di sini kamu juga bisa menikmati berbagai macam makanan yang dijajakan para pedagang. Di alun-alun selatan, tiap hari minggu, biasanya akan diadakan senam bersama yang dipimpin oleh instruktur profesional. Dijamin tidak membosankan. Badan segar. Perut kenyang.

2. Stadion Mandala Krida, Timoho.

Jogging di Mandala Krida via log.viva.co.id
Jogging di Mandala Krida via log.viva.co.id

Setiap pagi, telebih saat hari Minggu, Stadion Mandala Krida akan dipatadati pejogging. Selain diaplikasikan sebagai tempat terselenggaranya kejuaraan sepak bola, kawasan ini juga kerap dijadikan tempat untuk olahraga jenis lainnya, jogging salah satunya. Tak sedikit orang yang mengabiskan waktu paginya untuk joging di kawasan ini. Jika kamu lapar, disekeliling stadion tersedia berbagai macam menu makanan yang dijajakan oleh para pedagang.

3. Stadion Sultan Agung, Bantul.

Jogging dan bersepeda via onthelpotorono.wordpress.com
Jogging dan bersepeda via onthelpotorono.wordpress.com

Kawasan yang memiliki nama lain stadion pacar ini merupakan markas besar klub sepak bola Persiba Bantul. Di sini kerap dilakasanakan berbagai perhelatan kejuaraan dibidang olahraga, mulai dari kejuaraan sepak bola sampai dengan kejuaraan pacuan kuda. Tak heran jika stadin Sultan Agung ini disebut-sebut sebagai stadion multifungsi. Selain stadion Mandala Krida, Stadion Sultan Agung diminggu pagi juga cukup ramai oleh orang-orang, ada yang jogging dan ada juga yang hanya sekedar nongkrong. Bagi yang suka kuliner, di kawasan ini juga tersedia berbagai macam kuliner lezat yang bisa kamu santap saat perutmu lapar.

4, Graha Sabha Pramana (GSP), Universitas Gajah Mada.

Jogging di Graha Sabha Pramana via yogyakarta.panduanwisata.id
Jogging di Graha Sabha Pramana via yogyakarta.panduanwisata.id

Selain digunakan untuk berbagai acara akademik oleh keluarga besar UGM, kawasan yang memiliki lokasi strategis dan luas ini juga kerap dimanfaatkan sebagai tempat jogging dikala pagi maupun sore hari. Suasananya yang teduh karena dikelilingi oleh pepohonan yang rindang membuat siapapun yang berada di sini menjadi tak ingin lekas-lekas pergi, terlebih saat malam hari. Waktu terbaik untuk jogging di kawasan ini adalah di hari minggu. Selain tak ada aktifitas perkulihan, kamu juga bisa langsung mampir ke sunmor (Sunday morning) yang letaknya tak jauh dari kawasan GPS. Di sunmor, kamu bisa memanjakan mata maupun perut yang dihimpit rasa lapar selepas jogging.

5. Embung Tambakboyo, Ringroad Utara.

Pemadangan Embung Tambakboyo via paketwisatajogja.net
Pemadangan Embung Tambakboyo via paketwisatajogja.net

Tempat asik buat jogging berikutnya adalah Embung Tambakboyo. Embung ini berada kira-kira 1,5 KM dari kampus UPN Yogyakarta. Saat akhir pekan datang, tempat ini biasanya dipenuhi oleh para pengunjung yang ingin menikmati keidnahan embungnya yang tak kalah menawan dengan embung-embung lainnya. Selain itu, tempat ini kerap juga dimanfaatkan untuk aktivitas joging. Tempatnya yang mengasikan membuat kamu pasti betah berlama-lama di sini. Selain joging, kamu juga bisa bersepada dan memancing.

6. Lapangan Denggung, Sleman.

Jogging sore via dipotret.blogspot.com
Jogging sore via dipotret.blogspot.comn

Nah, buat yang berada di berada di kawasan jalan Magelang atau wilayah ngaglik –Sleman, Lapangan Denggung ini bisa menjadi pilihan tempat asik untuk jogging. Bahkan lintasan lari sudah tersedia ditepian lepangan. Meski ukurannya tak seluas alun-alun kidul maupun alun-alun selatan, setidaknya sudah cukup mampu membuat keringatmu bercucuran. Selain lokasinya strategis dan luas, di lapangan Denggung ini juga dipenuhi pepohonan hijau nan rindang. Jika setelah jogging kamu kelaparan, jangan khawatir, karena banyak penjual makanan di pinggir lapangan.

Dalam tubuh yang sehat tertanam jiwa yang kuat. Ingat, tetap jaga kebersihan ya. Selamat berolahraga. Mari hidup sehat..

Written by Amie Uliel

Kontributor Ngadem.com - Wanita yang menyukai apa pun saja tentang travel dan buku-buku roman.