in ,

Nih Genks, Ada 6 Tempat Wisata Asik di Nusa Penida, Bali

Ngadem.com – Tentu saja, banyak orang yang ingin menghabiskan liburannya di Bali. Selain memiliki kultur budaya yang masih sangat kental, Bali juga memiliki banyak destinasi wisata yang tak pernah mengecewakan. Kian hari Bali kian dibanjiri para travelers karena banyak sekali spot-spot wisata baru yang ditemukan. Salah satunya di Nusa Penida. Pulau yang berada di sebelah tenggara Bali dan dipisahkan oleh Selat Badung ini memang memiliki pesona luar biasa.  Terdapat spot-spot asik di Nusa Penida yang dijamin akan membuat siapa pun tak menyesal saat mengunjunginya. Sebut saja Manta Point, Penida Bay, Batu Meling, Batu Abah, Batu Lumbung, Toyapakeh dan Malibu Point.

Baca juga: Sebelum Keduluan Bule, Tempat Wisata Baru di Bali Ini Harus Segera Kamu Ajak Selfie

Nah, selain tempat-tempat tersebut, bila kamu ingin berkunjung ke Bali, cobalah untuk meng-explore 5 tempat wisata asik di Nusa Penida berikut:

1. Luruhkan penat di Air Terjun Guyangan

Foto by @ridlodhiqi
Foto by @ridlodhiqi

Pada dasarnya, Air Terjun Guyangan berfungsi sebagai penyangga sulpai air di Nusa Penida. Seiring waktu, karena lokasinya yang sungguh menawan, membuat tempat wisata ini jadi tujuan para travelers. Terletak di dusun Antapan, Desa Batukandik. Untuk mencapai tempat ini kamu akan membutuhkan waktu tempuh sekitar 1 jam dari Pelabuhan Kapla Roro. Saat sampai lokasi, kamu akan disuguhkan pemandangan tebing dan hamparan laut yang sungguh puitis. Oh ya, destinasi wisata ini hanya untuk kamu yang punya nyali besar ya… sebab letaknya yang memang sedikit menjorok ke laut dan dibutuhkan kehati-hatian ekstra.

2. Sensasi berendam di Temeling Waterspring

Foto by @explorenusapenida
Foto by @explorenusapenida

Selain memiliki pemandangan yang memukau, destinasi wisata alam di Bali ini juga memiliki mata air yang biasa digunakan untuk berenang. Terletak di Desa Batumadeg, Nusa Penida. Sekitar 1 jam perjalanan dari pelabuhan Kapla Roro. Untuk bisa sampai ke tempat ini kamu harus menyewa ojek dan melakukan perjalanan sepanjang 1,6 km. Tempatnya yang masih sangat alami dijamin akan membuatmu betah berada di Temeling Waterspring.

3. Berani coba trek menantang di Air Terjun Seganing?

Foto by @ekamyustamdikara
Foto by @ekamyustamdikara

Terletak di Dusun Sebuluh, Desa Bunga Mekar, Nusa Penida. Destinasi wisata yang beberapa kian santer namanya ini berada persis di bawah tebing yang berhadapan langsung dengan laut lepas. Jadi untuk mencapainya kamu harus benar-benar memiliki nyali yang besar. Saat sampai lokasi kamu akan disambut rimbun pohon dan kicauan burung yang saling bersahutan. Mandi, adalah hal yang harus segera kamu lakukan. Oh ya, disarankan jangan ke tempat ini saat musim hujan ya, sebab akses jalannya akan berbahaya.

4. Gimana kalo liat ‘air mata iblis’ di The Devil Tears Bay?

Foto by @mytrip_myadvntr
Foto by @mytrip_myadvntr

Mengapa tebing yang memiliki pesona luar biasa ini disebut The Devil Tears Bay? Ya, sudah bukan rahasia lagi, itu karena kencangnya ombak yang mengenai sisi-sisi tebing yang membuat seolah tebing mengeluarkan air mata. Untuk mencapai tempat ini kamu cukup datang ke Sanur. Dari Sanur berlabuhlah di Nusa Lembongan. Dari Nusa Lembongan kamu bisa menyewa motor dan tanyakan pada warga sekitar arah ke The Devil Tears Bay. Untuk tiket masuknya sebesar Rp 5.000/orang. Murah ya?

5. Ngadem asik di Bukit Atuh

Foto by @rizaltaf
Foto by @rizaltaf

Bukit yang beberapa waktu banyak di-share di media sosial ini bisa dilalui dari Desa Cemlagi. Tempatnya yang memang mbulusuk membuat Bukit Atuh jarang sekali dikunjungi oleh turis asing. Di sini kamu akan disuguhkan pemandangan persis seperti di Raja Ampat atau Phi Phi Island Thailand. Hamparan pulau-pulau kecil yang seolah  membisikan mantra magis di telinganmu; jangan pulang! Hal menarik lainnya adalah kamu akan mendapatkan 2 tempat wisata sekaligus; Bukit Atuh dan Pantai Atuh yang memiliki pasir putih dan pesona sunset luar biasa.

6. Berani loncat dari tebing di Cliff Jump Ceningan?

Foto by @irust
Foto by @irust

Cliff Jump Ceningan merupakan destinasi wisata alam di Nusa Penida (semacam blue lagoon) yang memiliki pemandangan luar biasa. Di tempat ini kamu bisa berenang dan merasakan sensasi nyebur dari atas tebing. Biaya tiket masuknya sebesar Rp. 5.000/orang. Untuk mencapai Cliff Jump Ceningan sebenarnya terbilang mudah. Dari Pantai Sanur kamu harus ke Jungut Batu atau Lembongan dengan menggunakan speedboat selama 30 menit. Dari Jungut Batu ke Ceningan Jumping Cliff kamu akan melalui jembatan gantung berwarna kuning. Dari tempat ini kamu bisa tanya warga sekitar di mana letak Cliff Jump Ceningan.

Gimana? Tertarik mengujungi tempat wisata Nusa Penida di atas? Atau ada yang kurang? Yuk, share di kolom komentar.

Written by Reshie Fastriadi

Kontributor Ngadem.com - Pemuda beruntung yang lahir dan besar di lingkungan berbeda. Telanjur jatuh cinta pada dunia otak kanan dan Nasi Pecel khas Nganjuk. Sedang sibuk mengerjakan tugas kuliah dan menata hati dari bisikan setan yang terkutuk.