in ,

Buat Kamu yang Ingin Kuliah di Jogja, 6 Tips Memilih Kos Ini Wajib Banget Jadi Pegangan

Ngadem.com – Hai calon mahasiswa atau kamu kamu yang sekarang udah SMA kelas 3 dan lagi berdebar-debar membayangkan first moment jadi mahasiswa. Apalagi buat kamu yang akan memilih Kota Jogja yang kece sebagai tempat kuliahmu. Heeem, bisa kebayang seberapa berdebarnya kamu, karena kami pun pernah mengalaminya. Membayangkan hidup seorang diri di kota lain, mengurus pendaftaran masuk kuliah, kesibukan menyambut ospek, dan tentunya kegalauan tingkat dewa saat memilih kos-kosan.

Selain memfokuskan diri untuk menjawab semua soal UN atau soal tes masuk perguruan tinggi, kamu jangan sampai mengabaikan urusan memilih kos-kosan. Karena ketiga urusan tersebut sama susahnya. Ini bukan bermaksud membuat hatimu kecut ya, tapi kamu memang perlu memperhatiknnya. Daripada bingung, galau, apalagi takut mending kamu simak aja rangkuman Ngadem.com di bawah ini.

Pertama, Manfaatkan Kenalanmu yang Ada di Jogja.

 Ini penting loh! Gak ada salahnya berguru kepada mereka yang sudah tinggal di Jogja untuk menemanimu mencari kos-kosan atau paling tidak meminta mereka mengabarkan informasi tentang kos-kosan.

Dilarang keras memasrahkan urusan mencari kos pada agen pencarian kos atau orang yang belum kamu kenali.

Why? Pertama, harganya bisa jadi akan jauh lebih mahal dari harga yang sesungguhnya. Kedua, bisa jadi kos pilihan mereka tidak sesuai dengan keinginanmu. Kondisi kos-kosan yang tidak nyaman juga akan berpengaruh pada tingkat konsentrai belajarmu.

Kedua, Surga Ngekos di Dekat Kampus Yang Perlu Kamu Ketahui.

Wifi Kampus Surga Ngekos Dekat Kampus via fotografi.blog.gunadarma.ac.id

Ngekos dekat kampus itu emang kece banget. Seperti nyicil merasakan surga. Ini gak berlebihan kok. Gak percaya? Kamu langsung cek aja sendiri.

1. Memilih kos dekat kampus ada banyaknya untungnya. Why? Karena dengan memilih kos dekat kampusmu, kamu juga secara otomatis akan kenal dengan mahasiswa atau mahasiswa yang juga kuliah di kampus yang sama. Jadi masa-masa sendirianmu di Jogja akan segera sirna.

2. Memilih kos dekat kampus juga dianjurkan buat kamu yang gak bawa kendaraan pribadi atau gak punya pacar yang siap mengojekmu tiap detik. Ini untuk memudahkanmu saat beraktifitas di kampus.

3. Buat kamu yang sudah berencana akan menjadi aktivis kampus, pilihlah kos dekat kampus. Hal ini ampuh banget untuk menekan biaya transportasi karena sebagai aktivis kampus, aktifitas di kampusmu jauh di atas rata-rata.

4. Mengekos di dekat kampus juga memudahkanmu untuk mencari makanan. Rata-rata disekitar kampus udah disiapkan tempat makan, mulai dari yang murah meriah sampai mahal beud. Kamu tinggal milih aja. Kamu dijamin gak akan kelaparan.

5. Kamu gak perlu galau bangun kesiangan. Kuliah jam 07:00 yang menyebalkan itu gak akan menjadi penderitaan bagimu. Soalnya jarak kosmu yang gak seberapa, gak mengharuskan kamu bangun pagi. Aaaah, itu surga banget.

6. Saat paketanmu habis, kamu tinggal nunut ngenet pake wifi kampus yang jaraknya cuma lima langkah dari kosmu.

Ketiga, Neraka Mengekos Dekat Kampus Yang Perlu Kamu Ketahui.

Kosmu Yang Dekat Kampus Disulap Jadi Basecamp via weeklyindonesiatop.com

Di balik semua surga yang ditawarkan kos-kosan dekat kampus, kamu perlu tahu juga neraka mengekos deket kampus.

1. Rata-rata kos dekat kampus harganya menjulang tinggi. Gak tahu ini karena kesongongan pemilik kos atau gimana. Tapi hampir semua kos dekat kamus itu harganya aji gile banget. Buat kamu yang cuma punya uang pas-pasan, sebaiknya kamu menghindar dari godaan kos-kos dekat kampus.

2. Biasanya susah menemukan kos dekat kampus yang bulanan. Rata-rata kos deket kampus itu tahunan loh. Jadi sekali pun kamu udah eneg banget tinggal di kos itu, kamu pasti eman-eman meninggalkannya. Kecuali kalau buat kamu yang punya banyak duit bisa pindah kapan aja.

3. Jika kamu mengekos dekat kampus siap-siap kehilangan setengah ruang privasimu ya. Why? Karena kosmu bakalan sering diinepin temanmu yang rumah atau kosnya jauh dari kampus. Ini pasti menyebalkan.

4. Kos dekat kampus biasanya dekat dengan perkampungan warga sekitar. Ini bisa sedikit menyulitkan kamu yang membawa kendaraan seperti motor apalagi mobil. Kamu sebaiknya menghindari kos-kosan yang berbaur langsung dengan perkampungan warga. Apalagi kos-kosan yang mesti melewati gang-gang sempit, sumpah gak enak banget! Kalau kamu pulang malam pasti kamu harus mendorong kendaraanmu. Belum lagi kalau tempat markirnya penuh, kamu pasti galau sejadi-jadinya.

5. Buat kamu yang punya kendaraan pribadi dan punya jatah bulanan agak tebeeel, sebaiknya mencari kosan yang agak jauh dari kampus. Why? Ya jawabannya karena kamu punya kendaraan yang gak akan bikin kamu repot kalau mau ke kampus. Iyakan?

Keempat, Buat Kamu yang Ingin Menjadi Aktivis Kampus, Perhatikan Hal-Hal Ini.

Hindari kos yang ada jam malam. Sumpah gak keren banget. Kos yang ada jam malam itu maksudnya, kamu hanya boleh keluar-masuk kos pada jam tertentu. Biasanya batas waktunya sampai pukul 22:00. Padahal rapat-rapat akbarmu di kampus bisa lebih dari jam itu. Belum lagi kalau penjaga kosmu menyebalkan dan gak pengertian. Sebaiknya kamu benar-benar harus menghindari kos semacam itu.

Hindari kos yang melarang membawa teman kampusmu menginap. Maksudnya teman yang sesama jenis ya. Kalau yang beda jenis, dicari sampai botak juga gak bakal nemu. Sebagai aktifis terkadang ada urusan organisasi yang harus kamu urus dengan teman setimmu dan bisa jadi ada temanmu yang akan menginap di kosmu. Naah, ini penting banget buat kamu. Pastikan kosmu bukan kos yang melarang teman kampusmu menginap. Apalagi kalau sampai ada aturan membayar saat membawa temanmu menginap. Waaah, ini kos parah banget. Harus kamu hindari.

Kelima, Ketika Kamu Sedang Mencari Kos Kamu Sebaiknya Ketemu Langsung dengan Pemilik Kos atau Penjaga Kos.

Ini penting untuk mengorek sebanyak mungkin perihal aturan yang berlaku dikos tersebut. Jangan sampai kamu udah terlanjur ngekos tapi ternyata baru ketahuan kalau kos itu tidak mengijinkan kamu membawa orang tuamu nginap sesekali waktu. Bukannya ngarang tapi memang ada kos yang seperti itu. So, jadilah cerdas guys!

Keenam, Buat Kamu yang Perantau Dari Negeri Antah Berantah, Sebaiknya Perhatikan Hal Ini.

Fasilitas Kos via peralatankost.blogspot.com

Buat kamu yang datang dari kampung nan jauh di mata, kamu sebaiknya memilih kos-kosan yang sudah dilengkapi fasilitas seperti kasur, lemari, rak buku, dan meja belajar karena kalau kosmu gak punya fasilitas macam itu, kamu harus membelinya. Mungkin membelinya gak jadi masalah buat kamu. Tapi bayangkan saat tiba masanya buat kamu untuk kembali ke kampungmu, bagaimanakah nasib lemarimu, kasurmu, dan rak-rak buku kecemu. Gimana ? Gimana?

Ok guys, siapkan dirimu. Belajar dan tambah wawasanmu perihal kota yang akan kamu pilih untuk menempuh kuliahmu kelak. Pahami juga budaya di tempat barumu nanti. Semangat yes!

Written by Dj Wonga

Kontributor Ngadem.com - Bukan siapa-siapa tapi dari keluarga baik-baik.