Udah Pernah ke Bukit Panguk? Wisata Baru di Bantul yang Lagi Ngehits

Ngadem.com – Maraknya wisata perbukitan membuat Dinas Pariwisata Bantul semakin gencar mempromosikan beberapa kawasan perbukitan yang potensial, khususnya obyek wisata yang ada di padukukan Kediwung, Dsa. Mangunan, Kec. Dlingo, Bantul, Yogyakarta.

Karakter tanah di Desa Mangunan ini memang berbukit-bukit. Tak heran bila di sini banyak spot keren yang sangat potensial sekali untuk dijadikan tempat wisata. Selain Bukit Kebun Buah Mangunan, muncul lagi bukit Panguk yang kini sedang getol dikembangkan dan dipublikasikan oleh Dinas Pariwisata setempat.

Bukit Panguk yang baru diresmikan tanggal 16 Mei 2016 ini terletak di puncak tebing Batu Lawang, tepatnya di pedukuhan Kediwung, Dsa. Mangunan Kec. Dlingo, Kab. Bantul,Yogyakarta. Bukit Panguk recommended buat kamu yang menyukai suasana alam perbukitan.

Seperti sodaranya yaitu Bukit Buah Mangunan, Bukit Pangkuk juga menyuguhkan keindahan alam perbukitan yang memesona, yang mampu menghipnotis siapapun yang menginjakan kaki. Di bawah bukit, terdapat aliran sungai Oya yang semakin menambah keindahan bukit Panguk. Sementara di sekilingnya, mata kamu akan dijamu oleh rimbunnya pepohonan hijau. Harmonisasi alam anatara tebing, bukit, sungai dan rimbunnya pepohon tentu menjadikan obyek wisata bukit Panguk sangat pas untuk ngadem.

Tempatnya yang terbilang masih baru, membuat kamu lebih leluasa menghabiskan waktu di sini, baik untuk santai-santai, qualty time bersama teman atau pacar, foto-foto, atau bahkan ngevlog yang sekarang lagi hits banget.

spot kece di bukit panguk foto dari @khalpong_

Harga Tiket Masuk ke Bukit Panguk

Untuk bisa merasakan sensasi mengasikan di Bukit Pangok, kamu cukup bayar seiklasnya atau suka rela. Aihh, kalau sudah begini nikmat mana lagi yang kamu dustakan coba? Ingat, jangan dirusak ya. Meskipun tak ada tiket masuknya, bukan berarti kamu bisa semena-mena dengan merusak kelestariannya. Jadilah wisatawan yang bijak.

Ada Fasilitas Apa Saja di Bukit Panguk?

Meski terbilang masih sangat baru, namu fasilitas di sini sudah lumayan lengkap. Mulai dari warung-warung yang menjajakan cemilan dan minuman, jadi buat kamu yang lapar atau ingin jajan bisa lah nongkrong sebentar di warung-warung tersebut. Ada juga gardu pandang, nah gardu pandang ini yang biasa dijadikan spot buat foto-foto para wisatawan. Kalau sudah puas foto-foto, disediakan juga tempat buat duduk-duduk santai.

Akses dan Rute Menuju Lokasi Bukit Panguk

Akses menuju lokasi bisa bisa dikatakan cukup gampang, meskipun jalanannya naik-turun dan berliku yang (mungkin) bisa membuat perut mual-mual. Namun meski demikian, keindahan alam yang ditawarkan sepanjang perjalanan pasti mampu juga membuat kamu have fun. Belum lagi hawa segar khas dataran tinggi yang akan menemani kamu selama perjalanan, tentu akan membuat kamu semakin ceria.

Untuk rutenya, kamu bisa melalui beberapa jalur bisa via Bantul, via kota Jogja maupun via Gunung Kidul. Dari arah tersebut, kamu bisa mengambil jalur menuju Dlingo, dari Dlingo kamu terus pacu kendaraanmu sampai tiba di kawasan Mangunan. Nah, sesampainya di Mangunan, kamu pacu lagi kendaraanmu sampai tiba di padukuhan Kediwung. Jika kamu sudah tida di padukuhan Kediwung, itu artinya kamu sudah dekat sekali dengan Bukit Panguk. Kamu tinggal mengikuti papan petunjuk jalan yang menunjukan ke arah Bukit Panguk. Hati-hati saja, karena 2-3 km sebelum sampai lokasi jalanannya cukup esktim dan mengkhawatirkan. Jadi, pastikan kendaraanmu dalam keadaan prima.


Baca Juga:

Modal Rp. 26.000 Kamu Udah Bisa Ngetrip ke 10 Tempat Wisata Keren di Jogja

Dari 14 Spot Syuting AADC 2 di Jogja, Berikut 6 Tempat Paling Epic Pilihan Ngadem.com

5 Jembatan di Jogja yang Sering Terbidik Tustel: Terus Masuk Sosmed

10 Spot Foto Pre Wedding di Jogja yang Oke Banget

Kamu yang Lagi Traveling ke Jogja, Mampir Deh ke 7 Kafe Unik Ini

Jalan-Jalanmu ke Jogja Nggak Akan Ngeluarin Banyak Biaya Kalau Pake 7 Tips Ini


Bukit Panguk diyakini bakal hits dan bisa menjadi incaran para traveller, terutama bagi mereka yang haus banget akan liburan. Diresmikannya Bukit Panguk ini, maka secara resmi bertambah juga daftar obyek wisata baru di Yogyakarta. Semoga Keindahan dan kelestariannya tetap terjaga. Yuk terus kembangkan dan pubikasikan keindahan wisata Yogyakarta.

Oke, itu dia ulasan mengenai tempat wisata baru di Jogja bernama Bukit Panguk. Semoga bermanfaat. Dan, selamat jalan-jalan. Tetap jaga keindahan dan kelestarian alam sekitar.

See you!

(Foto featured kiriman dari @khalpong_)

Written by Amie Uliel

CEO Ngadem.com – Wanita asal Brebes yang menyukai apa pun saja tentang travel dan buku-buku roman. Kini sedang kurang khusyuk kuliah di Fakultas Bahasa dan Seni UNY 2011.