in ,

Eksotis Banget! Berikut 15 Tempat Wisata di Turki yang Mendunia dan Penuh Historis

Ngadem.com – Dimanjakan oleh hamparan bangunan indah nan eksotis, serta ribuan bangunan masjid nan mewah yang sarat akan sejarah. Ya, itulah Turki. Negara yang kaya akan budaya karena terletak di dua benua yaitu Eropa dan Asia, Turki yang dulu bernama Konstantinopel ini sempat diduduki oleh bangsa Romawi dan juga kesultantanan Ottoman: Kesultanan besar yang menguasai hampir separuh dunia dan membawa agama islam berkembang dan besar di negara Turki. Jadi, wajar saja jika namanya tercantum dalam kitab suci Al qur’an ini menyimpan banyak peninggalan bersejarah nan artistik khas benua Eropa dan Asia.

Ya, banyaknya situs sejarah khas dua benua membuat negara ini dinobatkan sebagai warisan dunia yang patut untuk dilestarikan oleh UNESCO. Dan, itu jugjalah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatwan dari berbagai tempat di belahan dunia untuk berkunjung ke negara yang sarat akan sejarah dan penuh keeksotisan ini. Tertarik berkunjung menikmati keindahan Turki? Berikut rekomendasi tempat Wisata di Turki yang wajib kamu kunjungi bersama orang-orang terkasih. Simak ulasannya.

1. Mengunjungi The Trojan Horse: Patung kuda raksasa di Canakkale yang sarat akan sejarah

Banyak tempat eksotis yang sarat akan sejarah di Turki dan patut untuk dikunjungi, salah satunya yaitu Canakkale. Di sekitar wilayah Kota Canakkale ini terdapat peninggalan sejarah dari Perang Troya. Cerita tentang Perang Troya memang menarik untuk diketahui, bahkan cerita Perang Troya ini pun sempat difilmkan. Sisa-sisa peninggalan perang ini bisa dilihat di Canakkale, yaitu berupa patung kuda raksasa yang dikenal dengan nama The Trojan Horse. Kuda raksasa ini jadi salah satu trademark kota Canakkale yang patut untuk dimasukan dalam list liburan di Turki.

2. Menikmati pesona Izmir Bay (Kordon) dan kemegahan Ottoman Clock Tower

Izmir, salah satu kota terbesar di Turki ini menyimpan banyak tempat wisata yang sangat rekomended untuk dikunjungi. Berada di sisi barat Turki, Izmir bukan hanya menawarkan wisata pantai yang menawan, tapi juga menawarkan wisata sejarah. Beberapa tempat epik yang patut untuk dikunjungi yaitu Izmir Bay (Kordon) dan Ottoman Clock Tower

Izmir Bay ini dikenal dengan deretan kafe-kafenya yang menawarkan pemandangan menawan nan epik antara Gedung-gedung pencakar langit, taman hijau dan laut biru. Pun saat sore hari, kamu akan dimanjakan oleh pesona sunset yang begitu eksotis.Tempat ini jelas rekomended untuk masuk list liburanmu di Turki. Begitu juga dengan Ottoman Clock Tower. Ya, dpot jam raksasa ini sering jadi incaran para wisatawan karena memang unik dan instagramable.

3. Menelusuri jejak-jejak peninggalan zaman Romawi di Kota kuno Ephesus

Ephesus merupakan kota Kuno di Turki yang kini jadi salah satu Destinasi Wisata Popular di Dunia. Pada masa Romawi, kota ini sempat menjadi kota penting. Namun, kota ini diguncang gempa cukup dahsyat tahun 614M yang menyebabkan banyak bangunan runtuh. Sisa-sisa reruntuhan bangunan tersebutlah yang sekarang ini dimanfaatkan sebagai destinasi wisata dunia yang sarat akan sejarah pada zaman Romawi. Banyak wisatawan dari berbagai negara berkunjung kesini, termasuk wisatawan Indonesia.

4. Berkunjung ke  dan foto stop depan Tepesidelik Caravanserai di Kota Konya

Tepesidelik Caravanserai
foto dari Erry Kurniawati

Konya salah satu destinasi wisata popular dunia yang juga wajib masuk list liburan kamu di Turki. Di kota ini terdapat sejumlah objek wisata unik dan bersejarah, dua diantaranya yaitu Mevlana Museum dan Tepesidelik Caravanserai.

Mevlana Museum ini merupakan museum yang berisi syair-syair fenomenal karya Jalaluddin Rumi sekaligus tempat pemakaman beliau. Disini juga wisatawan atau peziarah bisa melihat Al Quran kuno yang dihiasi tinta emas. Museum yang juga dikenal dengan nama Rose Garden karena banyak ditumbuhi bunga mawar ini dulu pernah juga dijadikan sekolah untuk para darwis (whirling dervishes).

Jangan lupa, sempatkan juga untuk mampir ke Tepesidelik Caravanserai. Tempat ini dulunya merupakan tempat para pedagang bertemu, beristirahat dan memarkirkan karavan-nya di tempat tersebut. Tempat ini pun jadi salah satu spot foto instagramable di Turki yang sering diburu wisatawan.

5. Mengikuti serunya Hot Air Balloon dari ketinggian di Cappadocia

Cappadocia merupakan salah satu kota di Turki yang begitu menawan dan sarat akan sejarah. Tak heran, bila Kawasan ini seringkali jadi incaran wisatawan dunia. Satu dari sekian objek wisata yang ada Cappadocia yang rekomended untuk dikunjungi yaitu wahana Hot Air Balloon.

Wahan Hot Air Balloon mempunya beragam tipe dengan harga berbeda-beda. Para wisatawan yang berkunjung kesini bebas memilih tipe balon yang akan dinaiki. Dengan menjajal wahana Hot Air Balloon, pengunjung akan dimanjakan oleh landscape eksotis kota Cappadocia dari ketinggian.

6. Selanjutnya, menikmati sensasi susur goa di Underground City Cardak

Masih di lokasi yang sama yaitu Cappadocia, ada satu objek wisata yang juga rekomended untuk dikunjungi, Namanya Underground City Cardak. Objek wisata ini merupakan wisata susur goa bersejarah yang akan memberimu sensasi mengasikan dan tentunya menambah wawasan.

Beberapa ribu tahun yang lalu, Underground City Cardak ini dijadikan sebagai tempat tinggal sementara yang memiliki arsitektur sungguh menawan. Selain itu, tempat ini juga dulunya dimanfaatkan sebagai benteng pertahanan dari serangan musuh. Untuk mengabadikan sejarah, kini, Kawasan ini pun jadi salah satu destinasi wisata sejarah nan popular di Tukri, tepatnya di Kota Cappadocia.

7. Yuk lanjut perjalananmu mengunjungi pabrik pembuatan Keramik

pabrik pembuatan keramik di turki
via youtube

Banyak hal di Turki yang menarik untuk dipelajari, salah satu hal yang bisa kamu pelajari yaitu proses pembuatan keramik. Ya, Tukri dikenal dengan keramiknya yang estetik dan bernilai tinggi. Di sini, kamu bisa melihat proses pembuatan keramik mulai dari tanah liat, pengecetan hingga menjadi keramik yang estetik dan bernilai tinggi.

8. Masih di Cappadocia, sempatkan untuk menikmati Belly Dance Show

bally dance show turki
via youtube

Ya, sebelum beranjak dari Cappadocia, jangan sampai kamu melewati pertunjukan Belly Dance. Ya, Turki memang dikenal dengan pertunjunkan Belly Dance-nya. Pertunjunkan ini cukup mampu membius lelas selepas seharian berjalan menikmati keindahan deretan objek wisata di Turki.

9. Masih Belum Capek, kan? Yuk lanjut perjalananmu mengunjungi Cutton Castle

Turki dengan segala pesonanya memang selalu mampu membuat wisatawan jatuh hati. Hal menarik dan hal unik seolah tak ada habisnya di negara yang berada di dua benua ini. Salah satu keunikan yang bisa kamu jumpai di Turki yaitu Cotton Castle.

Cotton Castle atau yang juga dikenal dengan nama Pamukkale ini adalah situs alam yang diakui UNESCO sebagai warisan dunia yang patut untuk dijaga dan dilestarikan. Cotton Castle ini merupakan kolam air panas yang memiliki kandungan mineral yang konon katanya bermanfaat untuk menurunkan darah tinggi. Berkunjung kesini, kamu akan dimanjakan oleh hamparan kolam alami yang menyerupai danau kapas dengan landscape sekitar yang sungguh mendamaikan dan tentunya fotoable.

10. Berikutnya, berkunjung ke Ataturk Mausoleum

Sudah puas foto-foto di Salt Lake, kunjungan berikutnya yaitu Ataturk Mausoleum. Atatruk Mausoleum merupakan komplek makam Kemal Atatruk yang dikenal sebagai bapak bangsa Turki. Beliau lah yang membakar semangat bangsa Turki agar bersatu dan berjuang bersama memperoleh kemerdekaan.

Ataturk Mausoleum adalah tempat yang paling direkomendasikan untuk dikunjungi di Turki.  Berada disini, pengunjung akan disambut oleh lapangan luas berlantai marmer yang dikelilingi bangunan yang berhiaskan pilar-pilar raksasa khas zaman Romawi.

11. Ini Puncaknya, berkunjung ke Emigran Park: Taman Tullip terbesar di Turki

Barangkali, ini yang paling diidam-idamkan oleh sebagian besar wisatawan dunia, yaitu mengunjungi Emigran Park: Taman Tulip terbesar di Turki. Berada disini, pengunjung akan dimanjakan oleh hampran bunga Tulip berwarna-warni yang begitu cantik nan elegan. Emirgan Park ini berada di pesisir Eropa Bosphorus, tepatnya di kawasan Emirgan distrik Saryer, Istanbul. Sebagai salah satu trademark di Turki, kurang lengkap rasanya kalau ke Turki belum berkunjung dan foto-foto di Taman Tulip atau Emigran Park ini.

12. Puas foto-foto di Emigran Park, lanjut mengunjungi Topkapi Palace Istanbul

Pada masa Ustmani, Topkapi Palace ini merupakan istana dan menjadi tempat tinggal Sultan Usmaniyah. So, kalau ke Turki, pastikan juga singgah sebentar ke tempat yang sarat akan sejarah masa Ustmani ini. Memasuki Kawasan ini, pengunjung akan disambut pepohoan hijau, taman dan bangunan yang kelilingi tembok besar. Tempat ini juga jadi salah satu objek wisata popular di Turki selain karena memiliki nilai sejarah tinggi, tempat ini memiliki landscape yang instagramable.

13. Jangan lupa mampir juga mengujungi Blue Mosque

Selain sebagai tempat ibadah, Blue Mosque atau yang juga dikenal dengan nama Masjid Biru bagi wisatawan Indonesia ini merupakan destinasi wisata populer di Tukri. Disebut Blue Mosque karena interior masjid ini didonimasi warna biru. Masjid yang dibangun tahun 1609 ini juga sarat akan nilai sejarah. Berkunjung ke masjid ini tak boleh sembarangan, pengunjung harus mematuhi setiap peraturan yang diterapkan, seperti: melapas alas kaki dan menggunakan hijab bagi wisatawan perempuan. Liburan ke Turki, tentu belum lengkap kalau belum mampir ke Blue Mosque yang sarat akan sejarah dan penuh keindahan ini.

14. Sebelum pulang, pastikan juga mampir ke St. Hagia Sophia

Tak jauh dari Blue Mosque, terdapat situs Hagia Sophia yang tak boleh luput dari kunjunganmu saat belibur ke Turki. Hagia Sophia salah satu bangunan yang jadi simbol kejayaan masa Byzantium. Kini, Hagia Sophia jadi salah satu objek wisata popular di Turki yang tak pernah sepi pengunjung dari seluruh dunia. Berada disini, kamu akan disambut oleh pemandangan menakjubkan antara kaligrafi bertuliskan Allah dan Muhammad yang berdampingan dengan patung Bunda Marya. Ya, di Hagia Sophia ini kamu bisa menyaksikan pemandangan unik dimana gereja dan masjid berada dalam satu bangunan.

15. Tutup Perjalananmu di Turki dengan berburu oleh-oleh di Grand Bazzar

Tutup perjalanmu di Turki dengan berburu oleh-oleh di Grand Bazzar. Grand Bazzar ini merupakan sebuah pasar unik yang hanya ada di Turki dimana atmosfir dan suasananya masih asli layaknya pasar seperti ratusan tahun yang lalu. Ya, memasuki Grand Bazzar seperti tengah dibawa ke masa ratusan tahun lalu, terlebih lagi buat wisatawan yang baru petama kali kesini. Bangunan yang berhiaskan interior masa kekaisaran Ottoman ini sangat luas. Adapun yang diperjualkan disini, yaitu karpet, lampu hias kaca, forniture, berbagai macam perhiasan, oleh-oleh dan souvenir khas Turki.

Nah, itulah deretan Tempat Wisata di Turki yang mendunia. Bukan hanya unik dan eksotis, tapi juga sarat akan sejarah. semoga informasi ini bisa jadi referensi buat kamu yang ingin liburan ke Turki.

Buat kamu yang ingin liburan ke Turki dan tidak mau repot menguris ini-itu, kamu bisa menggunakan jasa agen travel. Banyak agen travel Indonesia yang menawarkan Paket Travel Turki. Salah satu agen travel yang rekomended yaitu Fun Holiday.

Ingin tau lebih lanjut paket-paket menarik apa saja yang ditawarkan agen tour & travel Fun Holiday, kamu bisa langsung menghubungi via phone di nomer 08161340114 atas nama Erry Kurniawati.

Btw, selamat berlibur. Ingat! Jangan lupa tetap menjaga kebersihan, kelestarian dan keindahan sekitar.

Written by Amie Uliel

Kontributor Ngadem.com - Wanita yang menyukai apa pun saja tentang travel dan buku-buku roman.