in ,

7 Situs yang Harus Kamu Ajak Kenalan Biar Garapan Skripsi Lancar Jaya

Ngadem.com – What’s up pembaca setia Ngadem.com? Pada kesempatan kali ini, kami akan berbagi tips buat kalian para mahasiswa tingkat akhir! Ya, sebagai mahasiswa bangkotan yang kesehariannya cuma lontang-lantung nungguin dosen di kampus, pasti kamu merasa bosan dan tidak bisa jauh-jauh dari yang namanya teks skripsi. Benar, proses pengerjaan skripsi yang menguras waktu dan tenaga dalam memperoleh data penelitian, tentu akan membuatmu merasa jenuh dan dongkol.

Tapi tenang, Genks. Sekarang ini udah banyak situs yang menyediakan referensi data sekaligus informasi yang lengkap dan terpercaya, kok. Ya, situs-situs ini dijamin bikin skripsimu jadi terasa mudah dan cepat kelar. Nah, kamu mau tahu situs-situs apa aja yang bisa membantumu buat menyelesaikan skripsi? Nih, simak ulasannya!

1. “Library Genesis”: Situs Paling Ciamik Buat Kamu yang Cari Data Berformat PDF

Library Genesis via www.intereseducation.com

Situs ini akan membantumu untuk menemukan berbagai macam referensi yang terdiri dari buku-buku digital berformat pdf, mobi, hingga ePub. Ya, semuanya sudah tersedia di situs Library Genesis. Hebatnya lagi, kamu bisa menemukan semua prodi kuliah di sini. Seperti halnya jurusan ekonomi, politik, sastra, hingga sejarah.

Meskipun terbilang lengkap, tapi bukan berarti situs ini tidak mempunyai kekurangan. Untuk mengaksesnya, pertama-tama kamu harus jadi mahasiswa yang teliti dalam menulis keyword, karena filter yang digunakan dalam situs ini cenderung tidak akurat saat di-download. Tapi tak apalah ya, biar kamu sekalian belajar jadi mahasiswa yang teliti.

2. Cari Referensi yang Indonesia Banget? Klik Aja Situs “Perpustakaan Nasional Republik Indonesia”!

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia via www.idntimes.com

“Perpustakaan Nasional Republik Indonesia” merupakan situs resmi milik negara yang telah dikelola secara baik dan profesional. Di sini kamu bisa memilih sendiri koleksi buku-buku yang terdiri dari jurnal ilmiah, ebook, dan karya-karya referensi lainnya. Udah deh, kamu nggak perlu bingung-bingung lagi, Genks.

Semuanya bisa kamu download secara gratis, kok. Untuk bisa men-download jurnal yang kamu butuhkan, caranya pun cukup mudah. Kamu hanya diharuskan mendaftar menjadi anggota melalui website yang disediakan. Setelah itu, kamu bisa deh memilih jurnal atau buku yang kamu harapkan.

3. Kamu yang Berkutat di Dunia Humaniora, Bisa deh Nge-Klik Situs “OAPEN Library”

OAPEN Library via blog.csuc.cat

OAPEN Library merupakan salah satu situs penyedia buku-buku yang cukup berkualitas dan terpercaya. Situs ini memang hanya diperuntukkan buat kamu yang punya minat terhadap bidang studi sosial humaniora. Hebatnya lagi, semua referensi yang ada di sini sudah teruji dan dijamin kualitasnya oleh pihak-pihak yang terpercaya. Sehingga, mutunya pun bisa dipertanggungjawabkan secara akademik. So, gimana Genks? Masih bingung buat nyari referensi skripsi?

4. Pengin Belajar Nulis Esai yang Berbobot? Carilah Referensinya di Situs “Science Direct”!

Science Direct via eresources.rhul.ac.uk

Science Direct menyediakan beberapa ulasan yang terdiri dari beberapa artikel, esai, serta karya tulis lainnya yang berasal dari berbagai penjuru dunia. Jadi intinya, kalau kamu lagi bingung buat nyari referensi yang berasal dari negeri-negeri antah berantah—baik itu yang berhubungan dengan ilmu pasti maupun ilmu sosial—maka solusinya adalah Science Direct.

Dalam situs ini kamu bisa menemukan lebih dari 34.000 buku dan 3.500 jurnal. Hebatnya lagi, kamu bisa men-download jurnal tersebut secara cuma-cuma hanya dengan menuliskan judul di kolom pencarian. Gimana, udah gak pusing lagi, kan?

5. “Project Gutenberg” Siap Memuaskanmu dengan Koleksi Bukunya yang Mencapai Puluhan Ribu!

Project Gutenberg via www.file-extensions.org

Project Gutenberg, atau yang sering disingkat menjadi PG, merupakan sebuah situs akademik yang dikelola secara sukarela sebagai penyedia buku-buku referensi, pengarsipan, dan distribusi karya-karya budaya yang dikemas dalam bentuk ebooks. Di sini kamu bisa menemukan berbagai macam buku yang terdiri dari buku-buku sastra, fabel, sejarah, hingga sains. Koleksinya pun tak tanggung-tanggung. Kamu bisa mengakses lebih dari 49.000 judul buku sekaligus. Jadi gimana Genks, udah nyiapin flashdisk, kan?

6. “Wiley Online Library”, Salah Satu Situs Akademik yang Layak Kamu Perhitungkan

Wiley Online Library via login.libgator.com

Sebagai sebuah situs penyedia referensi buku-buku akademik, Wiley Online Library memiliki lebih dari enam juta artikel, 1.500 jurnal, 18.000 buku online, dan ratusan referensi yang bisa kamu akses secara gratis sebagai bahan penelitianmu. Hebatnya lagi, setiap tahunnya situs ini menyiapkan lebih dari 1.500 buku baru yang ditampung dalam database mereka.

Selain itu, situs ini juga menampung buku-buku dari berbagai kampus, seperti Boston, Oxford, Chichester, Berlin, Singapura, Melbourne, Tokyo, dan Beijing. Adapun referensi yang ditawarkan meliputi dari berbagai bidang studi, antara lain: biologi, kedokteran, ilmu fisika, teknologi, ilmu sosial, humaniora, dan masih banyak yang lainnya.

7. Cari Situs Akademik yang Gak Ngebosenin? “Academia”-lah Jawabannya!

Academia via icampusindonesia.com

Academia merupakan salah satu situs penyedia buku-buku referensi yang sudah cukup populer di kalangan mahasiswa. Situs ini memuat tentang penelitian-penelitian yang dilakukan oleh orang lain, kemudian hasil penelitian tersebut dikumpulkan dalam satu database yang sama. Menariknya lagi, layanan dalam situs ini dibuat mirip layaknya sosial media. Sehingga, kamu juga bisa turut berpartisipasi memberikan komentar dan saran demi perkembangan hasil penelitian mereka. Noh, keren banget kan situsnya? Dijamin deh, kamu gak akan bosen menikmati situs ini.

Oke, itulah 7 situs kece yang bisa membantumu menyelesaikan skripsi. Semoga bermanfaat ya, Genks! ;)

Written by DT. Jatmiko

Kontributor Ngadem.com - Lelaki gembira asal Prambanan. Sempat mempunyai cita-cita jadi Polisi, tapi kandas di tengah jalan.