in ,

7 Tempat Wisata di Indonesia yang Bisa Bikin Hubunganmu Berantakan. Duh!

Ngadem.com – Hollaaa Sobat Ngadem? Pastinya pada sehat semua, kan? Oke deh, kalau gitu, Ngadem.com mau sedikit berbagi informasi wisata yang bikin dada jadi sesek. Emangnya apaan, Tong? Intinya, tempat-tempat wisata ini bakal punya dampak yang cukup berarti buat perubahan hidupmu. Ya, itu pun kalau kamu percaya.

Loh, maksudnya apa, sih? Begini lho, Genks. Biasanya tempat wisata itu kan dikunjungi agar kamu merasa senang dan refresh kembali. Namun, beberapa tempat wisata ini dipercaya bisa menyebabkan perubahan dalam hidupmu karena adanya mitos yang beredar. Ya, misalnya aja dengan mengunjungi tempat wisata tertentu, maka hubunganmu dengan Si Doi nggak bakal langgeng, atau, kamu bakal terkena suatu musibah yang aneh, dan itu terjadi di luar nalar pikiran. Hiii, serem ya, Genks? Oke, daripada kamu penasaran, mendingan langsung aja ya yuk, kita ke 8 tempat wisata di Indonesia yang punya mitos dan cerita-cerita seyeeemm…

1. Mitos di Pulau Kemaro yang Biki Bulu Berdiri

Pulau Kemaro foto dari @inaaksa_10

Pada artikel sebelumnya, kami pernah memberikan sedikit ulasan tentang keindahan Pulau Kemaro yang terletak di Tengah Sungai Musi, Palembang. Tapi, kamu tahu nggak sih, kalau ternyata pulau ini mempunyai sebuah mitos yang agak nyeremin? Tentu belum banyak yang tahu, kan? Ya, konon katanya, dulu di tempat ini ada seorang Pangeran Tiongkok bernama Tan Bun Ann yang menikah dengan putri Palembang bernama Siti Fatimah.

Usut punya usut, ternyata Si Pangeran dari Tiongkok itu pernah melakakukan percobaan bunuh diri dengan menceburkan diri ke dalam arus Sungai Musi. Kejadian itu sontak membuat Sang Putri merasa sedih dan merana. Hingga akhirnya, Sang Putri turut menceburkan diri ke dalam derasnya arus sungai tersebut. Lalu, mereka berdua pun tidak pernah muncul lagi ke permukaan.

Nah, berawal dari cerita tersebut, kemudian masyarakat setempat mempercayai sebuah mitos, bahwa setiap pasangan yang datang ke tempat itu tidak akan mempunyai hubungan yang langgeng. Hii, serem ya? Tapi, terlepas dari hal itu, semua kembali lagi pada kepercayaan masing-masing, kok.

2. Kisah Mistis di Balik Indahnya Tanah Lot,Bali

Tanah Lot foto dari @charlie_travels88

Hampir setiap warga Indonesia pasti pernah mengenal ikon wisata yang terletak di Pulau Dewata ini. Ya, namanya Tanah Lot. Obyek wisata ini seringkali dikunjungi wisatawan, baik dari dalam maupun luar negeri karena memiliki keindahan pura di tepi pantai yang tidak perlu diragukan lagi. Ya, benar, bangunan tersebut seolah-olah berdiri dengan tegaknya di tengah laut Bali. Selain itu, di Tanah Lot juga terdapat seekor ular suci yang dipercaya bisa mengabulkan permohonan.

Tapi, kamu tahu nggak, kalau ternyata sepasang kekasih tidak dianjurkan untuk mengunjungi ular tersebut karena hewan itu dianggap sakral dan dipercaya bisa menyebabkan hubungan cinta menjadi kandas. Nah, kalau udah begini, lebih baik kamu datangnya pas lagi jomblo aja ya, Genks. Sekalian deh, kamu bikin permintaan agar didekatkan sama calon istri idaman yang baik hatinya dan selalu ngertiin kamu. Hehehe.

3. Bukan Hal Baru Lagi Kalau Candi Prambanan Punya Cerita yang Melegenda

Candi Prambanan foto dari @anggiep32

Siapa sih yang nggak kenal kisah legenda Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso? Kayaknya udah pada tahu deh. Secara gitu, kisah Roro Jonggrang kan udah sering diceritakan dari jaman kita masih bayi hingga kita segede kingkong? Ya, kisah kedua sejoli itu kini disebut-sebut sebagai narasi awal pendirian Candi Prambanan. Singkat cerita, pada suatu ketika Roro Jonggrang membuat sebuah persyaratan agar dibuatkan seribu candi oleh Bandung Bondowoso. Syarat itu harus dipenuhi Bandung Bondowoso kalau dia ingin meminangnya sebagai istri.

Nah, tapi karena Roro Jonggrang itu tidak setuju, akhirnya ia pun membuat siasat yang memancing kemarahan Bandung Bondowoso. Malapetaka pun datang. Akhrinya Roro Jonggrang dikutuk menjadi sebuah patung dalam candi tersebut. Nah, legenda inilah yang kemudian dipercayai masyarakat sebagai sebuah mitos. Konon katanya, kalau kamu main ke sini sama pasanganmu, maka kamu akan segera putus. Tapi kenyataannya, ehm, ya nggak gitu-gitu banget, sih. Wong itu cuma mitos. Hehehe.

4. Uji Kesetiaan Cintamu di Tanjakan Cinta Gunung Semeru

Tanjakan Cinta foto dari @adperture

Salah satu jalur pendakian Gunung Semeru ini memang terkenal karena menjadi spot favorit para pendaki untuk berfoto narsis. Pada mulanya, legenda tempat ini berawal dari sepasang kekasih yang sudah bertunangan. Mereka berdua kemudian mendaki Gunung Semeru bersama-sama dan bergandengan tangan. Pokoknya, mereka itu pasangan yang romantis banget, deh.

Nah, ketika melewati jalur Tanjakan Cinta ini, si lelaki sudah sampai di atas lebih dulu. Namun, si wanita terjatuh dan akhirnya meninggal dunia. Dari kisah itulah, akhirnya mitos ini terbentuk. Intinya, kalau kamu sampai di jalur ini, kamu jangan sampai menoleh ke belakang saat mendaki bersama pasanganmu. Soalnya, hubunganmu dengan Si Doi bisa putus di tengah jalan. Kamu percaya, Genks? Silakan buktikan sendiri! :)

5. Baturraden Emang Terkenal Kece. Tapi Udah Tahu Mitos Seyem di Balik Kekeceannya?

Baturraden foto dari @kebunraya_baturraden

Obyek taman wisata yang terletak di Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas ini memang terkenal dengan air terjun dan beberapa goa yang sangat indah. Tapi konon, nama tempat wisata ini berasal dari kisah seorang anak bupati, atau dikenal dengan istilah Raden, yang menjalin kisah cinta dengan anak seorang pembantu, atau Batur.

Singkat cerita, hubungan mereka pun kandas karena tidak mendapatkan restu dari kedua orang tua. Nah, konon katanya, kalau ada pasangan yang datang ke Baturraden pada saat-saat tertentu, maka pasangan tersebut bisa putus setelah mengunjungi tempat ini. Jadi, mulai saat ini, belajarlah untuk meneguhkan cinta kalian berdua ya, Genks! Hehehe.

6. Wahai Kaum-Kaum Pacaran, Berhati-Hatilah Jika Kamu Ingin Memadu Kasih di Alun-Alun Kidul, Yogyakarta

Beringin Kembar, Alun-alun Kidul, Yogyakarta, foto dari @ria_kiranawati

Kalau kamu berdomisili di Yogyakarta, atau setidaknya pernah mengunjungi Alun-Alun Selatan Kota Jogja, pasti kamu pernah mendengar mitos tentang beringin kembar. Ya, mitos ini cukup populer dan melegenda di tengah kalangan masyarakat Jogja. Intinya, jika kamu dan pasangan gagal melewati beringin kembar dengan mata tertutup, maka hubunganmu dengan Si Doi itu bakalan kandas di tengah jalan.

Nah, kegiatan melewati beringin kembar dengan mata tertutup ini dikenal dengan istilah Masangin. Mitos tersebut terlahir karena adanya sebuah cerita legenda yang mengisahkan tentang Putri Sultan Hamengkubuwono I yang meminta syarat untuk melewati dua beringin kembar di tengah alun-alun tersebut. Dan sampai saat ini, kami pun belum tahu tentang alasan Sang Putri meminta syarat tersebut pada Sang Sultan. Huh, pokoknya kamu harus hati-hati, deh!

7. Kalau Gak Mau Jadi Rondo Dadakan, Kamu Harus Menyimak Cerita Tentang Coban Rondo Berikut Ini!

Coban Rondo foto dari @nuansadm

Wisata air terjun yang terletak di wilayah Pujon, Kabupaten Malang ini memang sangat eksotis dan cukup terkenal di kalangan wisatawan. Asal mula Coban Rondo sendiri berasal dari legenda seorang putri bernama Dewi Anjarwati, yang merenungi nasibnya di atas batu besar yang terletak di bawah air terjun tersebut.

Sang Dewi merenung di atas batu setelah ia menjadi rondo (janda) karena ditinggal mati Raden Baron Kusumo. Nah, mungkin karena Dewi Anjarwati menjadi rondo, maka tempat ini kemudian dipercaya bisa membuat suatu hubungan kandas. Jadi, kalau kamu nggak mau jadi rondo dadakan, mendingan kamu pikir-pikir lagi, deh. Oke, Girls? :D

Nah, itulah tujuh mitos yang beredar di masyarakat tentang tempat-tempat wisata di atas. Kira-kira, kamu percaya nggak sama ketujuh mitos tersebut? Yuk, berbagi cerita dan komentar pada kolom di bawah ini! :)

Written by DT. Jatmiko

Kontributor Ngadem.com - Lelaki gembira asal Prambanan. Sempat mempunyai cita-cita jadi Polisi, tapi kandas di tengah jalan.