in ,

Beriwsata ke Pulau Derawan: Lihat Ubur-Ubur dan View Sunset Terbaik

Pulau Maratua via travel.kompas.com

Menghabiskan liburan dengan jalan-jalan pastinya sangat menyenangkan. Banyak tempat yang bisa kamu tuju, salah satunya adalah kepulauan Derawan. Kepulauan ini  berada di Kab. Berau, Kalimantan. Dari Berau, kamu cukup menempuh perjalanan selama 3 jam untuk sampai di kepulauan Derawan.  Disini, kamu bisa menemukan sejumlah wisata bahari yang cantik menawan, seperti di Pulau Derawan, Pulau Maratua, Pulau Kakaban dan Pulau Sangalaki. Keindahan bawah lautnya yang aduhai membuat para wisatawan baik wisatawan lokal maupun non lokal tertarik untuk datang, terlebih bagi wisatawan yang gemar menyelam.

Untuk sampai ke Kepulauan Derawan, beliah tiket tujuan Balikpapan, lalu lanjutkan perjalanan menuju Berau. Dari Berau, kamu kembali dibawa untuk menempuh perjalanan sekitar 2,5 jam untuk sampai di Pelabuhan Tanjung Redeb. Dari pelabuhan tersebut, kamu tinggal menyeberang menggunakan speedboat yang memakan waktu 30 menit sampai akhirnya kamu tiba Pulau Derawan.

Buat kamu yang baru pertama kali datang ke kepulauan Derawan, banyak hal menarik yang bisa kamu lakukan. Nah, daripada bingung, berikut ini kami rangkum hal-hal mengasikan yang tidak boleh sampai terlupakan saat berkunjung ke Kepulauan Derawan. Simak nih, genk.

Menyapa penyu-penyu unyu di sekitar pantai pulau Derawan

Penyu di Derawan via www.wwf.or.id

Populasi penyu di kepulauan Derawan bisa dibilang cukup melimpah.  Kepulauan Derawan memang menjadi salah satu penghasil penyu terbesar di Indonesia. Jadi, hal menarik pertama yang harus kamu lakukan ketika sampai di kepulauan Derawan adalah dengan menyapa penyu-penyunya yang unyu, bila perlu ajaklah berkenalan.

Untuk bisa menjumpai penyu-penyu tersebut, kamu tidak perlu repot-repot mencarinya ke tempat-tempat tersembunyi, populasinya yang melimpah membuat kamu bisa dengan mudah menemukannya. Kamu cukup pergi ke area pantai, disana kamu sudah bisa menyaksikan penyu-penyu yang sedang berjemur dengan begitu seksinya. Buat para pecinta diving, disini juga terdapat ada tempat yang menyewakan alat-alat diving. Diving ditemani penyu-penyu yang unyu pasti asik sekali.

Buat kamu yang tertarik dengan populsai penyu, kamu bisa langsung mengunjungi tempat penangkarannya di Pulau Sangalaki. Untuk sampai ke Pulau Sangalaki, kamu cukup menempuh perjalanan 60 menit dari Pulau Derawan.

Ingin menyaksikan lenggak-lenggok cantik sekawanan ubur-ubur? Yuk, langsung cus ke Pulau Kakaban

Ubur-ubur di Derawan via lifestyle.okezone.com

Puas melihat penyu-penyu unyu di pulau Derawan, yuk lanjut ke pulau Kakaban. Di pulau Kakaban terdapat Danau unik bernama Danau Kakaban. Di Danau tersebut, banyak sekumpulan ubur-ubur berkeliaran yang dengan cantiknya berlenggak-lenggok menggoda para wisatawan yang datang. Tenang, ubur-ubur tersebut tidak menyengat, mereka sangat bersahabat. Disini,  terdapat 4 jenis ubur-ubur, yaitu ubur-ubur totol, ubur-ubur bulan, ubur-ubur terbalik dan ubur-ubur kotak.

Buat yang ingin snorkeling, dipersilahkan saja, asal tetap menjaga kenyamanan para ubur-ubur dengan tidak mengganggunya. Meski sekumulan ubur-ubur tidak menyengat, tapi ubur-ubur tersebut sangat sensitif dengan sentuhan. Kalaupun ingin menyentuh, sentuhlah dengan penuh kelembutan seperti hal kamu meyentuh hati sang gebetan yang jauh dari hal-hal kasar.

Menghabiskan senja di Derawan dengan ditemani sunset yang menawan akan membuatmu lupa sakitnya diselingkuhin pacar

Sunset di Derawan via www.wisatakaltim.com

Pulau Derawan adalah satu tempat asik untuk meluruhkan segala penat, letih dan nyerinya patah hati. Tempat ini bahkan terbilang cukup bersahabat buat mereka yang ingin traveling sendirian. Saat senja tiba, kamu bisa melihat matahari sore dengan sinar emasnya yang begitu mendamaikan hati dan jiwa. Senja di pulau Derawan ini juga banyak diburu para pecinta fotografi. Berada disini, dunia seakan milik kamu sendiri.

Puas menyapa penyu-penyu di area pantai, saatnya duduk santai sembari menikmati matahari sore yang pelan-pelan tenggelam. Menghabiskan senja di Derawan dengan ditemani sunset menawan akan membuatmu lupa sakitnya diselingkuhin pacar.

Buat para fotografer yang suka tanantangan, jangan lupa untuk abadikan badai petir di Derawan

Badai petir di Derawan via google image

Meski terbilang esktrim, tapi buat para fotografer yang suka tantangan, badai petir di Derawan ini seolah hadiah dari Tuhan yang tak boleh disia-siakan. Badai petir ini bisa kamu saksikan saat malam hari, kamu bisa langsung menyaksikan dan mengabadikan pemandangan menakjubakan tersebutl sembari duduk cantik di dermaga tempatmu menginap. Bahkan, para wiasatan asing rela menunggu berjam-jam di dermaga selama 2 jam demi bisa menyaksikan badai petir  Derawan yang begitu menakjubkan.

Besepeda mengelilingi pulau Derawan asik juga, lho. Kamu juga bisa “say hello” kepada penduduk setempat

Bersepeda di Derawan via www.tripadvisor.co.id

Jika badanmu terlalu lelah untuk untuk diajak berjalan kaki mengelilingi pulau Derawan, kamu bisa memanfaatkan fasilitas jasa sewa sepeda. Dengan harga sewa sekitar Rp25.000, kamu sudah bisa menggunakan sepeda tersebut sepuasmu. Jalannya yang tertata bersih dan rapi, ditambah penduduknya yang ramah membuat kamu akan langsung jatuh hati dengan pulau ini. Jika lapar, disini banyak sekali warung-warung kecil yang menjajakan jajajan dan minuman. Harganya pun terbilang sangat terjangkau. Jadi, kamu tidak perlu takut kelaparan apalagi kehabisan uang.

Jangan lupa icip-icip kuliner khasnya yang begitu menggugah selera

Kuliner Derawan via www.aktual.com

Berada di Derawan belum lengkap rasanya kelau belum icip-icip kuliner khasnya, seperti Tehe-tehe, Elai dan Kima-kima. Tehe-tehe terbuat dari bulu babi dan beras ketan. Sementata Kima-kima terbuat dari potongan-potongan ikan kering yang diolah seperti balado. Sedangkan Elai sejenis buah yang bentuknya menyerupai durian, yang membedakan adalah rasa dan warna dagingnya. Jadi, jika berkunjung ke Derawan, jangan lupa icip-icip kuliner khas tersebut ya. Biar makin kerasa berada di Derawannya.

Pulau Maratua tempat romantis untuk menghabiskan waktu bersama pasangan

Pulau Maratua via travel.kompas.com

Buat kamu yang lagi kasmaran atau baru saja melangsungkan pernikahan, Pulau Maratua bisa menjadi pilihan untuk menghabiskan waktu bersama pasangan. Suasana dan pemandangan sekitar pulau Maratua benar-benar mendukung sekali buat para pasangan yang ingin romantis-romantisan. Selain memiliki suasana dan pemandangan yang memukau, kamu dan pasangan juga bisa memanfaatkan fasilitas snorkeling dan diving untuk saling mengakrabkan diri lebih dalam. Untuk masalah perlengkapannya kamu tak perlu khawatir, sebab disini sudah banyak tersedia jasa penyewaan alat snorkeling dan diving beserta dive operator. Menariknya lagi, Pulau Maratua ini juga bisa dijadikan spot asik untuk membaca. Pulau Maratua oke banget deh pokoknya.

Begitu banyak aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan saat tiba di Kepulauan Derawan. Pesona yang ditawarkan seolah menjadi magnet yang membuatmu berat untuk pulang. Semoga perjalananmu menyenangkan. Selamat berlibur.

Written by Reshie Fastriadi

Kontributor Ngadem.com - Pemuda beruntung yang lahir dan besar di lingkungan berbeda. Telanjur jatuh cinta pada dunia otak kanan dan Nasi Pecel khas Nganjuk. Sedang sibuk mengerjakan tugas kuliah dan menata hati dari bisikan setan yang terkutuk.