in ,

Bukit Pentulu Indah: Wisata Hits di Kebumen yang Bisa Banget Nge-Refresh Pikiran dan Semangatmu

Ngadem.com – Hallo, traveller. Sudah jalan-jalan kemana aja nih? Yang penting jangan lupa untuk selalu jaga kesehatan dan jangan sampai telat makan biar energi tetap terjaga. ya…

Btw, kemarin Ngadem.com sudah mengulas infromasi mengenai tempat keren buat melihat kemegahan sunrise di Gunung Telemoyo, Magelang. Nah, Kebumen juga enggak mau ketinggalan nih, man-teman.  Kebumen punya tempat keren yang sekarang lagi hits di kalangan travelers buat melihat sunrise. Coba tebak apa nama tempatnya? Yup, Bukit Pentulu Indah.

Bukit yang dikenal juga dengan nama bukit PI ini berada di area Pegunungan Paras, tepatnya di Dukuh Dakah, Kec. Karangsambung, Kab. Kebumen, Jawa Tengah. Sekitar 21 Km dari kota Kebumen, mamakan waktu tempuh sekitar 35 menit perjalanan.

Di sini, kamu bisa melihat sunrise epic yang beralaskan kabut eksotis dengan background Gunung Sindoro dan dan Gunung Sumbing -si kembar yang selalu menjadi incaran para pecinta hiking. Dan asiknya lagi, untuk sampai lokasi kamu  enggak harus susah-susah payah karena bukit PI hanya memiliki ketinggian 300 meter di atas permukaan laut. So, tempat ini recommeded deh buat kamu para pecinta sunrise.

The Power of sunrise at pentulu indah hill

Video kiriman c e c e p (@cepmoenasep) pada

Pesona sunrise di bukit PI ini seolah memiliki magic yang akan membuat kamu sadar, bahwa hidup memang penuh dengan kejutan. Seberat apapun beban yang kamu rasakan, tetaplah bersinar seperti mentari pagi yang menghangatkan.


Biaya retribusinya berapa sich, kak?

Bicara soal biaya retribusi bisa dibilang sangat ekonimis. Untuk bisa menikmati keindahan di Bukit PI, kamu cukup membayar biaya retribusi Rp5.000/orang dan parkir Rp2.000. Dari budget Rp10.000 masih ada sisa Rp3000. Lumayan lah sisanya bisa buat beli gorengan.

Terus rutenya gimana, kak?

Rutenya gampang kok. Jadi, dari alun-alun Kebumen kamu ambil arah menuju pasar Mertokondo, terus belok kanan melewati Jalan Raya Karangsambung. Setelah melewati LIPI, kamu akan menemukan plang kayu bertuliskan “PI 1,5 Km”.  Nah, itulah petunjuk arah yang akan ngebawa kamu ke bukit Pentulu Indah atau Bukit PI.

Aksesnya oke nggak sich, kak? Nggak ancur, kan?

Nah, bicara soal akses. Beberapa kilometer sebelum sampai lokasi, kamu akan dibawa melewati jalanan menanjak. Jalannya sudah  beraspal. Karena lokasinya dekat rumah penduduk, kamu tak perlu khawatir kesasar karena ada banyak orang yang bisa kamu tanyai. Jika sudah sampai di kawasan hutan pinus dengan gapura yang bertuliskan “Wisata Alam Pentulu Indah” itu artinya kamu sudah sampai di lokasi. Dengan ketinggian 300 mdpl,  kamu tidak perlu bersusah payah untuk bisa sampai puncak bukit. Medannya pun tergolong sangat mudah dan ramah.


Baca juga: 15 Tempat Wisata Hits di Kebumen yang Siap Membiusmu


Selain pesona sunrise-nya yang epic abis, tempat ini bisa dibilang tempat yang asik juga buat menenangkan diri, buat kembali menemukan semangat yang hampir mati. Terlebih buat kamu yang sedang galau atau patah hati, seperti galau karena diputusin pacar, galau karena cintanya bertepuk sebelah tangan,  galau karena diselingkuhin, galau karena mantan susah banget diajak ketemuan, galau karena skripsi belum juga di-acc pembimbing, galau karena teman-teman se-angkatan sudah mulai pada sidang, galau karena bisnis usaha yang belum juga membuahkan hasil memuaskan, atau kegalauan-kegalauan lainnya yang benar-benar membuat hidup kamu jadi jauh dari kata semangat.

Bukit Pentulu Indah foto dari @setyawan_bn

Ya, cobalah untuk mencari kesegaran dengan jalan-jalan. Dan, Bukit Pentulu Indah di Kebumen ini bisa menjadi pilihan. Oh iya, jangan lupa bawa kamera ya. Karena keindahan itu patut untuk diabadikan. Selamat jalan-jalan. Semoga kembali mendapatkan semangat, ketenangan dan kebahagiaan. Tetap jaga kebersihan dan kelestarian alam sekitar, man-teman.

(Foto featured dari  @danusayogo)

Written by Amie Uliel

Kontributor Ngadem.com - Wanita yang menyukai apa pun saja tentang travel dan buku-buku roman.