in

Jenis Tempat Wisata di Banten Yang Bisa Kamu Singgahi Bersama Orang Terkasih

Ngadem.com – Banten adalah sebuah provinsi Indonesia, yang berada di ujung pulau Jawa dan jaraknya sangat dekat dengan pulau Sumatera. Banten memiliki beberapa tempat wisata yang populer, terutama bagi wisatawan dari ibukota, Jakarta. Karena provinsi ini mudah diakses dan dekat dengan kota. Banten mulai terpisah dari provinsi Jawa Barat sejak tahun 2000. Meski begitu, ada banyak sekali objek wisata yang ada di Banten dan sayang sekali bila kamu tak mengunjunginya. Nah, berikut Ngadem.com rangkum berbagai tempat dan jenis wisata yang ada di Banten.

Tempat Wisata Pantai di Banten

1. Pantai Tanjung Lesung

View Tanjung Lesung

Tempat wisata di Banten yang cukup populer adalah Pantai Tanjung Lesung. Wisata alam ini terletak di ujung barat pulau Jawa (Pandeglang, Banten). Pantai Tanjung Lesung memiliki luas sekitar 1.500 hektar dan terletak sekitar 180 km dari Jakarta. Pantai ini memiliki pasir yang bersih dan pemandangan yang sangat indah dan terawat dengan baik. Pantai Tanjung Lesung bisa dibilang adalah salah satu pantai terbaik yang ada di Banten. Kegiatan pariwisata seperti menyelam, olahraga air dan memancing dapat dilakukan di objek wisata ini. Selain itu, kamu juga bisa tinggal di villa yang ada di sekitar pantai. Pada musim hujan, ombak yang ada d pantai ini cukup besar, dan pengunjung dilarang untuk berenang.

2. Pantai Anyer

Pantai Anyer

Tempat wisata ini memang selalu populer, terutama bagi wisatawan dari ibukota, Jakarta, seperti lokasinya yang mudah diakses sampai pemandangannya yang menakjubkan. Atraksi wisata ini terletak di Kabupaten Serang, Banten. Anyer adalah nama pantai yang diambil dari nama daerah di mana pantai tersebut berada, yaitu di kabupaten Anyer. Pantai di Banten yang memiliki pasir putih dan pemandangan alam yang mempesona imi benar-benar sangat nyaman bagi wisatawan dari kota Jakarta. Kegiatan wisata yang bisa dilakukan di sini adalah berenang, olahraga air, surfing, bermain pasir, menyelam dan merasakan masakan seafood di sekitar pantai anyer. Jika kamu ingin tinggal sejenak, kamu bisa menyewa penginapan atau hotel dekat Pantai Anyer dengan harga yang bervariasi.

3. Pantai Karang Bolong

View Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong ini terletak sekitar 40 km dari kota Serang, jaraknya sangat dekat dengan Pantai Anyer. Pantai Karang Bolong adalah pantai yang sangat unik dan menawan. Seperti namanya, Pantai Karang Bolong ini terletak di pantai yang ada karang bolongnya karena gelombang air yang terus menerus menghantam karang. Sayangnya kamu tak bisa berenang di pantai Karang Bolong karena banyak karang di lokasi ini.

4. Pantai Carita

Pantai Carita

Selain pantai Anyer, tempat wisata Banten yang tak kalah populer adalah Pantai Carita. Tempat wisata ini terletak di Pandeglang, Banten. Dari pinggiran pantai kamu bisa melihat pemandangan langsung dari gunung berapi yang paling terkenal di Indonesia, yaitu Krakatau. Selain itu, fasilitas wisata di pantai ini cukup lengkap untuk kegiatan wisata. Tempat wisata ini juga paling banyak dikunjungi oleh wisatawan dari ibukota Jakarta yang bosan dengan pemandangan di Jakarta.

5. Pantai Bagedur

Pantai Bedagur

Bagedur adalah tempat wisata di Banten yang berjarak 115 KM dari Rangkasbitung, tepatnya di Kab Malingping. Bagi kamu yang bukan penduduk Banten, mungkin untuk pertama kalinya terasa asing ketika mendengar nama Pantai Bagedur. Ya, pantai ini memang tidak begitu populer, tapi untuk warga Banten, tempat ini sudah tidak asing lagi karena pantai ini masih indah. Dengan panjang pantai 10 km, lebar sekitar 50 meter, dan pasir coklatnya yang menawan, membuat Pantai Bagedur mendapatkan banyak pengunjung setiap harinya.

7. Pantai Sawarna

View Pantai Sawarna

Tempat wisata pantai di Banten ini dikunjungi oleh wisatawan, khususnya dari Jakarta di tahun 2000-an atau 15 tahun yang lalu. Seperti namanya, pantai ini terletak di desa Sawarna yang berjarak sekitar 150 KM dari Rangkasbitung. Pantai ini sangat bagus dan memiliki ombak yang cukup besar. Banyak wisatawan asing yang berkunjung ke pantai Sawarna untuk melakukan upacara adat. Selain pantai ini kamu bisa menikmati makanan ringan masakan khas Indonesia. Hampir setiap hari pantai Sawarna selalu dipenuhi pengunjung dari berbagai daerah.

Baca juga: Jenis Tempat Wisata Gunung Kidul Yang Jadi Andalan Kota Jogja

Tempat Wisata Pulau di Banten

1. Pulau Umang

View Pulau Umang

Pulau eksotis ini sangat dekat dengan Pantai Tanjung Lesung. Pulau Umang memiliki luas sekitar 5 hektar dan merupakan tempat wisata di Banten yang cukup lengkap. Fasilitas seperti kolam renang, karaoke, permainan air, ruang pertemuan, dan lain-lain sangat cocok untuk kamu yang tengah mencari tempat sejuk dan mendamaikan. Kamu bisa menikmati liburan atau perjalanan yang menyenangkan di Pulau Umang, ditambah perjalanan suasana di tempat ini juga cukup nyaman.

2. Pulau Burung

View Pulau Burung

Dua pulau atau sering disebut dengan nama Pulau Burung. Objek wisata ini memiliki luas 30 hektar yang terletak di pantai Banten. Dua pulau atau pulau burung dihuni oleh berbagai jenis burung yang sangat banyak. Pulau ini memiliki keunikan yang seperti barisan tentara ketika terbang, terdiri dari berbagai jenis burung, karena pada bulan April dan Agustus, banyak burung dari berbagai daerah datang untuk mengunjungi tempat ini. Setelah musim berakhir, burung-burung kembali ke tempat asal mereka.

3. Pulau Sangiang

View Pulau Sangiang

Sangiang merupakan salah satu objek wisata yang berada di Selat Sunda. Jika kamu tertarik untuk mengunjungi Pulau Sangiang kamu bisa menyeberangi Pantai Anyer dengan perahu perjalanan dan memakan waktu sekitar 45 menit. Bagi kamu yang suka petualangan alam, kamu bisa melakukan kegiatan seperti hiking dan berkemah. Selain itu, kamu juga dapat memasak ikan di pinggiran pantai sambil menikmati keindahan alam pulau ini.

Baca juga:  5 Tempat Wisata Angker Yang Harus Kamu Kunjungi Sebelum Nembak Cewek!

Tempat Wisata Epic di Banten

1. Kampung Baduy

Kampung Baduy

Mungkin kamu sering mendengar tentang suku Baduy. Ya, suku tradisional Sunda yang sangat menjaga nilai-nilai kearifan ini bisa kamu kunjungi saat liburan tiba. Objek wisata Banten yang ditawarkan saat ini adalah desa budaya wisata Baduy di Provinsi Banten. Desa Baduy terletak di Lebak, Banten, yang memiliki populasi sekitar 8.000 jiwa. Suku Baduy terbagi menjadi dua bagian, bagian dalam dan luar. Suku Baduy dalam masih primitif tidak ingin menerima apa pun dari dunia luar. Sementara suku Baduy luar hidup dengan cara yang lebih terbuka dan bisa berbaur di dunia luar.

2. Sungai Ciberang

View Sungai Ciberang

Sungai Ciberang adalah salah satu wahana arung jeram yang dekat dengan Jakarta di daerah Bogor. Kondisi alam di sekitar sungai Ciberang yang masih sangat indah dan menawan, membuat perjalanan saat ini ke lokasi ini bisa menyegarkan mata dengan pesona keindahan alamnya. Selain itu kamu juga akan disajikan oleh pemandangan hijau. Sebelum tiba di lokasi kamu harus memastikan bahwa keadaan sungai memungkinkan untuk melakukan arung jeram karena air sungai kadang-kadang kering. Bagi kamu yang suka wisata petualangan, ke lokasi ini  mungkin akan sedikit menakutkan, karena jalan yang dilalui cukup terjal dan berkelok-kelok, kami sarankan menggunakan kendaraan kecil dan tidak menggunakan kendaraan besar seperti bus.

3. Masjid Agung Banten

Masjid Agung

Jika kamu suka situs sejarah, tempat wisata religi Banten ini dapat menjadi pilihan yang sangat bijaksana. Masjid Agung Banten adalah peninggalan dari kerajaan Islam. Masjid ini dibangun dari 1569 dengan arsitektur khas era kultur campuran seperti budaya Jawa, Cina, Eropa, dan lain-lain. Setiap tahun tempat ini selalu penuh jamaah dari berbagai daerah. Bagi kamu yang tertarik untuk mengetahui sejarah Islam di Banten, kamu harus ke tempat ini.

4. Gunung Krakatau

Gunung Krakatau

Gunung Krakatau merupakan gunung api yang sempat meletus dengan dahsyatnya dan berdampak tak hanya pada Indonesia, tapi juga luar Indonesia. Selepas kejadian tersebut, Gunung Krakatau menjadi salah satu tempat wisata alam di Banten yang disukai oleh para pendaki gunung. Hal yang bisa kamu lakukan dan paling favorit di tempat ini adalah mendaki Gunung Krakatau. Jika bingung ketika ingin mendakia, jangan khawatir, sebab banyak agen tur di lokasi yang menawarkan paket dalam mendaki Gunung Krakatau.

5. Rawa Dano

View Rawa Dano

Lokasinya ada di Kab Serang dan berjarak sekitar 100 KM dari Kota Jakarta. Tempat wisata bernama Rawa Dano ini merupakan salah satu tempat wisata alam di Banten yang menawarkan panorama alam nan eksotis. Rawa Dano sama seperti namanya, merupakan area danau, rawa-rawa, dan hutan rimbun. Di tempat yang memiliki luas sekitar 2,500 hektar ini, kamu bisa menjumpai berbagai jenis reptil seperti kadal dan ular. Mitosnya, Rawa Dano di jaman dulu adalah sebuah gunung api yang tak lagi aktif dan lambat laun berubah menjadi danau yang tepat di atasnya banyak sekali rawa-rawa.

6. Danau Tasikardi

Danau Tasikardi

Nama Tasikardi berasal dari bahasa Sunda yang secara dalam bahasa Indonesia berarti danau buatan. Danau ini pernah digunakan sebagai tempat rekreasi bagi keluarga sultan, namun sekarang telah menjadi tempat wisata alam dan keluarga di Banten. Terletak sektiar 6 km dari kota Serang, Danau Tasikardi juga berfungsi sebagai reservoir air dan sungai Cibanten untuk mengairi sawah. Kamu bisa memancing, berkemah, bermain air dengan perahu, menikmati lingkungan yang dingin dan menyeberangi tengah danau untuk mengunjungi pulau di tempat ini.

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Jogja Yang Keren Untuk Selfie

Nah, itulah berbagai tempat wisata di Banten yang bisa kamu kunjungi bersama orang terkasih. Ada yang sudah pernah? Atau ada yang belum masuk daftar di atas? Yuk share…

Written by Reshie Fastriadi

Kontributor Ngadem.com - Pemuda beruntung yang lahir dan besar di lingkungan berbeda. Telanjur jatuh cinta pada dunia otak kanan dan Nasi Pecel khas Nganjuk. Sedang sibuk mengerjakan tugas kuliah dan menata hati dari bisikan setan yang terkutuk.