in ,

Rekomendasi 11 Wisata di Pengalengan Bandung dengan Landscape Instagramable

foto dari @hdyuda

Ngadem.com – Bandung, Jawa Barat. Bandung menawarkan banyak destinasi wisata yang begitu memanjakan mata, salah satunya destinasi wisata di Pangalengan. Ada destinasi wisata apa saja yang bisa kamu kunjungi di Pengalengan? Simak ulasannya berikut ini.

Pengalengan sendiri merupakan salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Pengalengan yang dikenal dengan udaranya yang sejuk, pemandangan alam hijau dan kebun tehnya yang terhampar berhektar-hektar.

Pengalengan direkomendasikan untuk kamu masukan dalam rencana liburanmu di Bandung. Nah, berikut ini rekomendasi 11 wisata di Pengalengan dengan pemandangan yang instagramable.

1. Taman Langit Pengalengan

Taman langit pengalengan
foto dari @_agungkurn

Taman Langit Pengalengan ini berada di Ds. Sukaluyu, Kec. Pangalengan, Kab. Bandung. Jam operasional 24 jam. Biaya tiket masuk Rp10.000 per orang, biaya camping ground Rp25.000, biaya parkir Rp3.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil.

2. Hutan Pinus Rahong

Hutan pinus rahong
foto dari @iqbal.bayhaqi

Hutan Pinus Rahong terletak di Desa Rahong, Kec. Pangalengan, Kab. Bandung. Untuk tiket Hutan Pinus Rahong sejauh ini hanya dikenai biaya parkir saja. Namun jika ingin mencoba menikmati sejumlah spot yang ada di dalamnya, pengunjung akan dikenai biaya retribusi. Jam operasional dari pukul 06:30 hingga 18:00 WIB.

3. Kampung Singkur Rahong

Kampung singkuro
foto dari @kuya.room

Kampung Singkur Pangalengan terletak di Jl. Raya Situ Cileunca KM 4, Warnasari, Kec. Pangalengan, Kab. Bandung. Jam operasional dari pukul 07.00 hingga 19.00 WIB. Tiket masuk Rp10.000 per orangnya. Terdapat sejumlah wahana di sini, yang masing-masing dikenai biaya tambahan.

4. Nuansa Riung Gunung

Nuansa riung gunung
foto dari @restyamandaa

Nuansa Riung Gunung atau Kebun Teh Riung ini berada di kawasan Desa Pulosari, Kecamatan Pangalengan, Bandung. Jam operasional 24 jam. Bagi wisatawan yang ingin berkunjung kesini, dikenai biaya tiket Rp10.000 per orang.

5. Wayang Windu Panenjoan

Wayang windu panenjoan
foto dari @mulkisalman

Wayang Windu Panenjoan terletak di Banjarsari, Kec. Pangalengan, Kab. Bandung. Jam operasional dari pukul 06.00 hingga 16.00 WIB. Jika ada yang ingin masuk di luar jam tersebut, harap konfirmasi terlebih dahulu ke pihak pengelola. Untuk tiket masuknya Rp 10.000 per orang, biaya parkir Rp3.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil.

6. Situ Chaniwung

Situ cihaniwung
foto dari @nanafahrezian

Danau Cihaniwung berada di Desa Santosa atau perbatasan jalan Kecamatan Pangalengan dan Kecamatan Kertasari. Waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke lokasi sekitar 20 menit dari Danau Cisanti. Waktu terbaik disini saat pagi hari, saat matahari perlahan keluar dari persembunyiannya.

7. Situ Sileunca

Situ sileunca
foto dari @soulloudt

Situ cileunca berada di Desa Wanasari, Kec. Pandegelang, Kabupaten Bandung. Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Situ Cileunca, dikenai biaya tiket masuk Rp5.000 per orang dewasa dan Rp2.500 per anak-anak. Untuk biaya parkir Rp4.000 untuk mobil dan Ro2.000 untuk motor. Jam operasional 24 jam.

8. Sunrise Point Cukul

Titik matahari terbit cukul
foto @sanjaya_doank78

Sunrise Point Cukul terletak di Jalan Cukul, Sukaluyu, Kec. Pengalengan, Kab. Bandung
Untuk tiket masuknya Rp10.000 per orang, biaya parkir Rp 5.000 untuk motor dan Rp10.000 untuk mobil. Jam operasional untuk hari Senin-Kamis dari pukul 05.00-18.00 WIB, sedangkan untuk hari Jumat-Sabtu buka 24 jam.

9. Bukit Panyawangan

Bukit pewayangan
foto dari @sigotik91

Bukit Penyawangan ini berada satu kawasan dengan Sunrise Poin Cukul, yaitu di Jl. Cukul, Sukaluyu, Kecamatan Pangalengan, Kab. Bandung. Bagi pengunjung yang ingin berkunjung ke Bukit Penyawangan dikenai biaya tiket masuk Rp10.000 per orang. Jam operasional 24 jam.

10. Penangkaran Rusa Kertamanah

Penangkara rusa kertamanah
foto dari @megakeristin

Penangkaran Rusa Kertamanah berada di Desa Margamukti, Kecamatan Pangalengan, Kab. Bandung. Untuk tiket masuknya relatif murah yaitu Rp5000 per orang. Bagi yang ingin membantu memberi makan rusa, bisa memberi pintu masuk untuk Rp3000.

11. Rumah Pengabdi Setan

Rumah pengabdi setan
foto dari @christiannsandy

Rumah Pengabdi Setan ini berada di area perkebunan Kertamanah, Kec. Pangalengan, Kab. Bandung. Bagi yang ingin merasakan sensasi masuk Rumah Pengabdi Setan, dikenai biaya tiket masuk Rp10.000 per orang.

Nah, itulah rekomendasi 11 wisata di Pengalengan Bandung dengan pemandangan yang instagramable. Karena ini masih pandemi, jangan lupa untuk tetap menjaga protokol kesehatan dan selalu memakai masker, cuci tangan, serta jaga jarak aman.