in ,

3 Tempat Wisata Uji Coba di Jogja Pada Masa PPKM Level 3

foto dari @glzoojogja

Ini 3 tempat wisata uji coba di Jogja yang dapat izin beroperasi pada masa PPKM level 3

Ngadem.com – Status PPKM di Yogyakarta kini sudah turun ke level 3. Kemenparekraf mulai mengizinkan uji coba dibukanya destinasi wisata Yogyakarta.

Yogyakarta dinilai mulai sukses menekan laju kasus Covid-19 di wilayah aglomerasinya yang ditunjukkan melalui beberapa indikator. Menyusul hal tersebut pemerintah pun mulai melakukan uji coba operasional mal dan destinasi wisata di daerah yang berstatus PPKM Level 3.

terlihat, tak semua destinasi wisata di Jogja mendapat izin buka. Pemerintah menyampaikan, hanya objek wisata yang kantongi CHSE saja yang sementara ini boleh melakukan uji coba pembukaan lokasi.

Sertifikat CHSE ini merupakan standar dari Kemenparekraf berbasis Kebersihan (Kebersihan), Kesehatan (Kesehatan), Keselamatan (Keamanan), dan Kelestarian Lingkungan (Kelestarian Lingkungan) bagi para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif.

Selain serifikat CHSE, yang dapat menguji coba operasional yaitu objek wisata yang bersifat kegiatan di luar ruangan serta memiliki risiko penyebaran kasus positif Covid-19 paling kecil.

Baca juga: 

Keren nih! Lokasi dan Tiket Candi Prambanan + 15 Obyek Wisata di Dekatnya

Suwatu By Mil And Bay: Tempat Kuliner Rasa Bali di Jogja, Terbaru Tahun 2021

Lokasi dan Tiket Bukit Bintang: Wisata di Jogja dan 15 Objek Wisata di Dekatnya yang Epik Banget!

Nah, berikut ini daftar tempat wisata uji coba di Jogja yang dapat izin untuk beroperasi pada masa PPKM level 3. Simak baik-baik ya!

1. Kebun Buah Mangunan

hutan pinus karangasem
foto dari @roh_kyt

Hutan Pinus Mangunan atau yang dikenal juga dengan nama Hutan Pinus Asri ini masuk dalam daftar uji coba untuk beroperasi pada masa PPKM level 3 di Jogja.

Lokasinya berada sekitar 23 kilo meter dari pusat kota Jogja, tepatnya di Jl. Hutan Pinus Nganjir, Dusun Sukorame, Ds. Mangunan, Kec. Dlingo, Bantul, Yogyakarta. 

Objek wisata yang berdiri tahun 2014 ini menawarkan pemandangan hutan pinus dengan sejumlah spot foto yang instagramable.

2. Kebun Binatang Gembira Loka

Kebun binatang gembira loka
foto dari @glzoojogja

Kebun Binatang Gembira Loka juga masuk dalam daftar uji coba pembukaan destinasi wisata pada masa PPKM level 3 di Jogja.

Kebun Binatang Gembira Loka berada sekitar 4,5 kilo meter dari Kawasan Malioboro, tepatnya Jl. Kebun Raya No.2, Desa Rejowinangun, Kec.

3. Tebing Breksi

foto dari @rommydhano

Selain Gembira Loka Zoo dan Hutan Pinus Mangunan, Tebing Breksi juga masuk dalam daftar pembukaan wisata uji coba pada masa PPKM level 3 di Jogja. Lokasinya berada di Ds. Groyokan, Ds. Sambirejo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman.

dekat, Tebing Breksi ini pernah memperoleh penghargaan dari “Anugrah Pesona Indonesia” sebagai tujuan wisata terpopuler 2017. Berada di sini, kamu akan dimanjakan oleh pesona alam sekitar dan matahari terbenam yang begitu memesona. Di sini juga sering digelar berbagai acara menarik.

Sebelumnya, pemerintah pusat merekomendasikan bahwa 3 tempat wisata Jogja yang akan melakukan uji coba untuk beroperasi pada masa PPKM level 3 ini adalah Taman Pintar (Kota Jogja), Candi Ratu Boko (Kabupaten Sleman), dan Watu Lumbung (Kabupaten Bantul).

Namun setelah melakukan pemeriksaan, Pemerintah Yogyakarta memberikan penawaran tempat wisata yang berbeda untuk melakukan uji coba operasional dengan pertimbangan kesiapan tempat wisata tersebut.

Pemerintah Yogyakarta menyediakan 3 tempat wisata uji dari Kebun Pintar ke Gembira Loka Zoo, Watu Lumbung beralih ke Hutan Pinus Mangunan, dan Candi Ratu Boko beralih ke Tebing Breksi.

Pemerintah Yogyakarta, penambahan objek wisata ini sesuai dengan ketentuan dari Dinas Pariwisata Yogyakarta, khususnya mengenai kesiapan dalam menggunakan aplikasi PeduliLindungi, penerapan prokes (protokol kesehatan) ketat, dan pengelola vaksin Covid-19.

Selain itu, disampaikan juga bahwa Candi Prambanan dan Candi Ratu Boko dikelola PT Taman Wisata Candi milik BUMN, bukan dalam kendali Pemda (pemerintah daerah).

Sedangkan objek wisata Tebing Breksi yang dikelola BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) serta berbasis pemberdayaan masyarakat. Oleh karena itu, penunjukan objek wisata Tebing Breksi sebagai tempat wisata uji coba dirasa sangat tepat.

Nah, itulah daftar 3 tempat wisata uji coba di Jogja yang mendapat izin untuk beroperasi pada masa PPKM level 3. Jadi, mau ngadem ke objek wisata Jogja yang mana dulu nih? Tetap aman dan tetap sehat ya. Ingat, jaga prokes!