in

Lokasi dan Tiket Bukit Bintang: Wisata di Jogja dan 15 Objek Wisata di Dekatnya yang Epik Banget!

foto dari @musickshot

Ngadem.com Gunungkidul, Yogyakarta. Kabupaten yang lokasinya berada sekitar 38 kilo meter dari pusat kota Jogja ini dikenal dengan deretan wisatanya yang sungguh memanjakan mata. Mulai dari deretan pantainya sampai wisata bebukitan, air terjun serta wisata susur goa yang selalu menarik hati wisatawan. Gunungkidul selalu jadi destinasi wisata utama buat para wisatawan yang berlibur ke Jogja. Nah, satu dari sekitan objek wisata di Gunungkidul yang selalu jadi incaran wisatawan yaitu objek wisata Bukit Bintang.

Bukit Bintang, Gunungkidul. Objek wisata satu ini menawarkan keindahan alam khas dataran tinggi yang sungguh epic. Waktu terbaik berada di tempat ini adalah saat malam hari. Ya, tempat ini memang jadi salah satu wisata malam terbaik di Jogja yang tak pernah sepi pengunjung, terlebih saat akhir pekan. Objek wisata ini juga jadi salah satu destinasi wisata popular dan favorit di Jogja. Bahkan obyek wisata ini juga jadi salah satu icon wisata di Jogja selain Tugu, Malioboro, Parangtritis dan Alun-alun Jogja. Ada yang bilang: Liburan ke Jogja tanpa mampir menikmati keindahan malam di Bukit Bintang bagaikan sayur tanpa garam; Hambar.

Lokasi, akses dan tiket Bukit Bintang

Bukit Bintang berada sekitar 17 kilo meter dari pusat kota Jogja, tepatnya di Kawasan Patuk, Kab. Gunung Kidul, Yogyakarta. Untuk sampai lokasi memakan waktu sekitar 41 menit perjalanan. Akses menuju Bukit Bintang terbilang mudah karena lokasinya memang berada di tepi jalan jalur utama menuju Gunungkidul. Namun, harap berhati-hati karena beberapa kilo meter sebelum tiba di lokasi, kamu akan dibawa melewati jalanan menanjak dan belokan tajam. So, pastikan kendaraanmu dalam kondisi prima ya. Buat wisatawan yang ingin menikmati keindahan Bukit Bintang tidak dipungut biaya retribusi, hanya dikenakan biaya parkir saja.

Baca juga:

Sudut-sudut Epik di Malioboro dan 20 Obyek Wisata di Dekatnya. Lokasi Tertera!
Senja di Pantai Parangtritis dan 20 Obyek Wisata di Dekatnya. Lokasi & Tiket Tertera!
Lokasi dan Tiket Wisata Alam Kalibiru dan 13 Obyek Wisata di Dekatanya. Aihh, Bikin Meleleh!
Keren Nih! Lokasi dan Tiket Candi Prambanan + 15 Obyek Wisata di Dekatnya
40 Tempat Wisata Baru di Jogja. Biar Tripmu ke Jogja Anti Mainstream!

Asal Usul Bukit Bintang

Bukit Bintang dulu lebih dikenal dengan sebutan Bukit Hargodumilah. Tahun 1972, tempat ini jadi tempat Pasanggrahan Sri Sultan Hamengkubuwono IX. Tahun 2004, dikawasan ini pun dibangun semacam benteng yang biasa dimanfaatkan warga yang melintas Kawasan ini sebagai tempat untuk beristirahat. Tahun 2006 lalu saat saat gempa melanda Kawasan Yogyakarta, banyak penduduk setempat yang kehilangan tempat tinggal dan mata pencharian, hingga akhirnya mereka memutuskan untuk mengelola bukit Hargodumilah sebagai obyek wisata mengingat bukit ini memiliki pemandangan yang luar biasa indah, terlebih saat malam hari.

Pemandangan yang ditawarkan dari atas bukit ini begitu menawan. Dari ketinggian, kamu yang berada di Kawasan ini saat malam hari akan dimanjakan oleh ribuan lampu dari rumah-rumah yang begitu epik bak lautan bintang. Itulah alasan mengapa wisatawan yang berkunjung kesini lebih suka menyebutnya Bukit Bintang. Seiring berjalannya waktu, makin banyak warga yang berkunjung dan makin banyak pula warga yang mendirikan tempat usaha di disini hingga akhirnya obyek wisata Bukit Bintang ini pun makin ramai. Kini, Bukit Bintang pun jadi salah satu destinasi wisata utama di Yogyakarta hingga sekarang.

Berikut ini spot-spot epic di Bukit Bintang yang sempat diabadikan oleh para pengguna instagram

 

bukit bintang
foto dari @ramafernandhez
bukit bintang
foto dari @dhonnyalfian

 

bukit bintang
foto dari @musickshot

 

bukit bintang
foto dari @guston.wst

 

bukit bintang
foto dari @iwank_markzaid

 

bukit bintang
foto dari @syammr

 

bukit bintang
foto dari @uwuosyafri

Bukit Bintang, wisata malam di Yogyakarta yang harus masuk list liburan kamu. Nah, karena Bukit Bintang lebih asik dinikmati saat malam hari, sambari nunggu malam tiba, kamu bisa explore dulu deretan wisata yang ada di sekitar Bukit Bintang. Ada wisata apa saja? Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Geopark Gunung Sewu

Geopark Gunung Sewu berada sekitar 230m dari Kawasan objek wisata Bukit Bintang, tepatnya di Patuk, Kab. Gunung Kidul, Yogyakarta.

2. Watu Amben

Wisata Watu Amben berada sekitar 1,4 kilo meter dari Kawasan Wisata Bukit Bintang, tepatnya di Jl. Dlingo-Patuk, Area Kebun, Ds. Srimulyo, Kec. Piyungan, Bantul, Yogyakarta.

3. Sendang Hargolawu

Sendang Hargolawu berada sekitar 1,7 kilo meter dari Kawasan objek wisata Bukit Bintang, tepatnya di plesedan, Area Kebun, Ds. Srimulyo, Kec. Piyungan, Bantul, Yogyakarta.

4. Gardu Pandang Mangol Kencana

Gardu Pandang Mangol Kencana berada sekitar 2,6 kilo meter dari Kawasan objek wisata Bukit Bintang, tepatnya di Ds. Gluntung, Kec. Patuk, Kab. 5tGunungkidul, Yogyakarta

5. Taman Bunga Amarilis

Taman Bunga Amarilis berada sekitar 2,9 kilo meter dari Kawasan objek wisata Bukit Bintang, tepatnya di Dusun Ngasemayu, Ds. Salam, Kec. Patuk, Gunungkidul, Yogyakarta.

6. Desa Wisata Pengkok

Desa Wisata Pengkok berada sekitar 4,2 kilo meter dari Kawasan objek wisata Bukit Bintang, tepatnya di Dusun Ponjatan, Ds. Pengkok, Kec. Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

7. Kampung Wisata Baran

Kampung Wisata Baran berada sekitar 4,9 kilo meter dari Kawasan Baran, tepatnya di Ds. Salam, Kec. Patuk, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta.

8. Hutan Pinus Pengger

Hutan Pinus Pengger berada sekitar 5 kilo meter dari Kawasan objek wisata Bukit Bintanag, tepatnya di Jl. Dlingo-Patuk, Dusun Pantirejo, Ds. Terong, Kec. Dlingo, Bantul, Yogyakarta.

9. Wisata Outbond Gunung Mungker

Wisata Outbond Gunung Mungker berada sekiar 5,6 kilo meter dari Kawasan objek wisata Bukit Bintanga, tepatnya di Dusun Pantirejo, Ds. Terong, Kec. Dlingo, Kab. Bantul, Yogyakarta.

10. Gunung Ireng

Gunung Ireng berada sekitar 5,8 kilo meter dari Kawasan objek wisata Bukit Bintang, tepatnya di Srumbung, Ngrancahan, Ds. Pengkok, Kec. Patuk, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta. Baca selengkapnya, disini.

11. Desa Wisata Kerajinan Kayu

Desa Wisata Kerajinan Kayu berada sekitar 7 kilo meter dari Kawasan objek wisata Bukit Bintang, tepatnya di Bobung, Ds. Putat, Kec. Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

12. Candi Abang

Candi Abang berada sekitar 7,9 kilo meter dari Kawasan objek wisata Bukit Bintang, tepatnya di Dusun Blambangan, Ds. Jogotirto, Kec. Berbah, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

13. Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Api Purba Nglanggeran berada sekitar 8,6 kilo meter dari Kawasan objek wisata Bukit Bintang, tepatnya di Dsn. Nglanggeran Wetan, Ds. Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul, Yogyakarta.

14. Embung Nglanggeran

Embung Nglanggeran berada sekitar 9,7 kilo meter dari Kawasan objek wisata Bukit Bintang, tepatnya di Ds. Nglanggeran, Kec. Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta

15. Air Terjun Kedung Kandang

Air Terjun Kedung Kandang berada sekitar 10,2 kilo meter dari Kawasan objek wisata Bukit Bintang, tepatnya di Dusun Nglanggeran Kulon, Ds. Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul, Yogyakarta.

Nah, itulah keindahan Bukit Bintang dan 15 obyek wisata di dekatnya.  Siapa nih yang udah pernah ke Bukit Bintang dan 15 objek wisata di dekatnya? Share yuk di kolom komentar.

Oke, kemanapun tujuan jalan-jalannya, jangan lupa untuk tetap jaga kebersihan, keindahan dan kelestarian alam sekitar. Selamat berlibur.

(foto featured dari @musickshot)

Baca juga:

9 Tempat Wisata di Jogja yang Bikin Kamu Serasa di Luar Negeri. Pecah Banget Nih!
30 Homestay Murah di Bali untuk Malam Tahun Baru. IDR di Bawah 200K/Malam!
(Update 2018) 20 Hotel Murah di Jogja Kota: di Bawah 100 Ribu/Malam
7 Tempat Ngopi Sore di Jogja Buat Kamu Pengagum Senja
25 Wisata Baru di Jogja yang Harus Dikunjungi Tahun 2018. Lokasi dan Tiket Tertera!

Written by Amie Uliel

Kontributor Ngadem.com - Wanita yang menyukai apa pun saja tentang travel dan buku-buku roman.