in ,

Sudut-sudut Epik di Malioboro dan 20 Obyek Wisata di Dekatnya. Lokasi Tertera!

foto dari @adhiiwicaksonoo

Ngadem.com Sejumlah orang saat jenuh dan stress menyerang biasanya menghabiskan waktu dengan shopping atau berbelanja. Ya, bagi mereka, shopping itu aktivitas menyenangkan dan salah satu bius ampuh meredakan  jenuh dan stress. Dengan catatan, kondisi dompet sedang bagus-bagusnya. Hehehe..

Nah, bicara soal shopping nih, setiap daerah pasti memiliki pusat perbelanjaan yang menawarkan beragam barang jualan menarik dengan harga variatif. Bahkan, sejumlah tempat di Indonesia ada destinasi wisata yang dikhususkan untuk mereka yang suka shopping atau belanja yang biasa kita kenal dengan wisata belanja. Malioboro, salah satunya.

Malioboro. Ya, siapa yang tidak kenal Malioboro. Destinasi wisata di Jogja ini merupakan salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Indonesia yang menawarkan berbagai barang menarik dan khas. Sepanjang jalan Malioboro, kamu akan disuguhi para pedagang yang menajajakan jualannya mulai dari pakaian, alas kaki, tas, kerajinan, aksesoris, kuliner dan oleh-oleh khas Jogja bisa kamu jumpai di Malioboro. Harganya relatif ramah di kantong. Tak heran, bila banyak wisatawan yang berlibur ke Jogja pasti disempat-sempatkan untuk mampir ke Malioboro; belanja buat koleksi pribadi dan membeli oleh-oleh untuk orang-orang terkasih. Oh iya, di kawasan ini juga sering diselenggarakan festival atau perayaan untuk memperingati hari besar.Menariknya lagi, setiap hari kamu juga akan dimanjakan oleh para seniman jalanan Malioboro yang populer di kalangan wistawan, terutama angklung.

Lokasi Malioboro

Maliboro berada di Kawasan pusat Kota, tepatnya di Jl. Malioboro, Sosromenduran, Kec. Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Yogyakarta. Berada di jantung kota, membuat Malioboro mudah sekali ditemukan dan karena memang namanya pun sudah tersohor hampir ke seluruh sudut-sudut di Indonesia, bahkan mancanegara. Sudah dipastikan hampir semua orang tahu Malioboro dan tak pernah bosan untuk kembali menginjakan kaki disana.

malioboro
foto dari @bansmarwanto

Baca juga:

Senja di Pantai Parangtritis dan 20 Obyek Wisata di Dekatnya. Lokasi & Tiket Tertera!
9 Tempat Wisata di Jogja yang Bikin Kamu Serasa di Luar Negeri. Pecah Banget Nih!
40 Tempat Wisata Baru di Jogja. Biar Tripmu ke Jogja Anti Mainstream!
Meski Mainstream, 10 Tempat Wisata Malam di Jogja Ini Akan Menghipnotismu!

Sejarah Malioboro yang harus kamu tahu

Malioboro salah satu destinasi wisata di Jogja yang rekomended untuk dikunjungi, khususnya untuk mereka yang hobby belanja dan tentunya untuk mereka yang ingin berburu oleh-oleh. Tapi juga tak menutup kemungkinan, mereka yang kesana hanya sekedar ingin melihat-lihat saja. Bukan hanya terkenal sebagai wisata belanja, Malioboro juga sarat akan sejarah.

Kata Malioboro berasal dari nama seorang kolonial Inggris yang pernah menetap disana pada tahun 1811 – 1816 M yang bernama Marlborough. Kata Malioboro sendiri menurut Bahasa sansekerta memiliki makna karangan bunga.  Keberadaan jalan Malioboro ini bertepatan dengan berdirinya Kraton Yogyakarta.

Jadi, dibangunnya Jalan Malioboro mulanya memang sebagai sumbu imajiner antara Gunung Merapi, Kraton Yogyakarta dan Pantai Selatan (Pantai Parangkusumo). Tahun 1790 (era kolonial) Malioboro pun mulai ramai saat benteng Vredeburg  dibangun pemerintah Belanda di ujung selatan jalan ini.Tepat di tahun 1887, Jalan Malioboro dibagi jadi dua dengan dibangunnya tempat pemberhentian kereta api yang kita kenal dengan nama Stasiun Tugu Yogyakarta.

Masa perang, di sisi selatan Jalan Malioboro pernah terjadi pertempuran hebat antara tantara Belanda dan pejuang tanah air yang dikenal dengan peristiwa Serangan Umum 1 Maret 1949 dimana pejuang Indonesia berhasil menduduki Yogyakarta selama enam jam. Tahun 1973, Sri Sultan Hamengkubuwono IX meresmikan Monumen Serangan Umum 1 Marat 1949 untuk memperingati peristiwa tersebut.

Beberapa tahun setelahnya, selapas pertempuran hebat tersebut, Malioboro semakin berkembang. Dari tahun ke tahun, Malioboro terus berkembang terutama dibidang perdagangan yang dulu didominasi oleh orang Belanda dan orang Tiong Hoa.

Malioboro kian waktu kian berkembang pesat hingga kini. Malioboro seolah jadi jantung kehidupan warga Yogyakarta. Bahkan, dikawasan ini pun berdiri Tempat-tempat penting, seperti: Istana Presiden Gedung Agung, Kantor Gubernur DIY dan Gedung DPRD DIY. Seliain itu, tentu saja disini berjejer para pedagang yang menjajakan jualannya, pasar Induk Bringharjo dan juga sejumlah mall dengan diskon-diskonnya yang ulala banget.

Oke, kalau ke Jogja, jangan lupa mampir beli oleh-oleh di Malioboro ya. Jangan lupa foto-foto juga ya. Berikut sudut-sudut epik di jalan Malioboro yang rekomen untuk kamu ajak foto.

Foto di depan plang Jalan Malioboro

foto dari @ameviaap

Foto di tempat duduk pendestrian

malioboro
foto dari @homelandphotography

Foto dengan background lampu Malioboro

malioboro
foto dari @fdg_pamungkas

Foto bareng patung singa raksasa

malioboro
foto dari @rosida_mawarr

Foto di titik Nol klio meter

titik nol kilometer
foto dari @betazudia

Btw, kamu sudah tahu belum kalau di dekat Malioboro banyak obyek wisata menarik, lho? Iya, percaya, diantara kamu pasti ada yang sudah tahu. Nah, ini buat yang belum tahu, ngadem.com kasih bocoran nih daftar obyek wisata dekat Maliboro. Lest check this out.

  1. Kampung Wisata Sostromenduran

Kampung Wisata Sostromenduran berada sekitar 500m dari Kawasan jalan Malioboro, tepatnya di Jl. Sosrowijayan No.69, Sosromenduran, Kec. Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Yogyakarta.

  1. Titik Nol Kilo meter

Titik Nol Kilometer berada ujung selatan jalan Malioboro. Tempat ini sering dimanfaatkan untung nongki-nongki dan foto-foto.

  1. Meseum Vredeburg

Museum Vredeburg berada di Kawasan jalan Malioboro, sebelum Titik Nol Kilometer. Disini juga dibangun Tugu Serangan Umum 1 Maret 1949.

  1. Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar berada 1,1 kilo meter dari Kawasan Malioboro, tepatnya di Jl. Panembahan Senopati No.1-3, Ds. Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Yogyakarta.

  1. Alun-alun Utara Yogyakarta (Altar)

Alun-alun Utara Yogyakarta berada di Kawasan depan Keraton Yogyakarta atau sekita 1,4 kilo meter dari Kawasan Malioboro, tepatnya di Jl. Alun-Alun Utara, Keraton, Kota Yogyakarta, Yogyakarta.

  1. Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta berada sekitar 1,5 kilo meter ke selatan dari Kawasan Maliboro, tepatnya di Jln. Rotowijayan Blok No. 1, Ds. Panembahan, Kraton, Kota Yogyakarta, Yogyakarta.

  1. Alun-alun Selatan Yogyakarta atau Alun-alun Kidul (Alkid)

Alun-alun Kidul Yogyakarta (Alkid) berada di Kawasan belakang Keraton atau sekitar 3,2 kilo meter dari Kawasan Malioboro, tepatnya di Jl. Alun Alun Kidul, Desa Patehan, Kraton, Kota Yogyakarta, Yogyakarta.

  1. Museum Senobudoyo

Museum Senobudoyo bersebelah dengan Alun-alun Utara Yogyakarta dan Keraton atau sekitar 1,1 kilo meter dari Kawasan Malioboro, tepatnya di Jl. Pangurakan No.6, Ds. Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Yogyakarta.

  1. Museum Kereta Kencana

Museum Kereta Kencana ini juga bersebelahan dengan Keraton, atau sekitar 1,6 kilo meter dari Kawasan Malioboro, tepatnya di Jln. Rotowijayan, Kadipaten, Kraton, Kota Yogyakarta, Yogyakarta

  1. Tamansari Yogyakarta

Tamansari berada sekitar 2,9 kilo meter dari Kawasan Malioboro, tepatnya di, Jl. Nagan Lor No.18, Desa Patehan, Kraton, Kota Yogyakarta, Yogyakarta.

  1. Kampung Cyber Yogyakarta

Kampoeng Cyber Yogyakarta berada sekitar 2,6 kilo meter dari Kawasan Malioboro, tepatnya di Taman KT I/434, Desa Patehan, Kraton, Kota Yogyakarta, Yogyakarta.

  1. Tugu Pal Putih

Tugu Pal Putih berada sekitar 3,3 kilo meter dari Kawasan Malioboro, tepatnya di Ds. Gowongan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, Yogyakarta. Tugu Pal Putih ini merupakan salah satu iconic Yogyakarta.

  1. Plengkung Gading

Plengkung Nirbaya Gading berada sekitar 3,4 kilo meter dari Kawasan  Malioboro, tepatnya di Jl. Patehan Kidul No.4, Ds. Patehan, Kraton, Kota Yogyakarta, Yogyakarta.

  1. Gereja mirip kastil Eropa (Gereja Sayidan)

Gereja Sayidan berada sekitar 1,7 kilo meter dari kawasan Malioboro, tepatnya di Ds. Prawirodirjan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Yogyakarta.

  1. Gembiraloka Zoo

Gembiraloka Zoo berada sekitar 4,5 kilo meter dari Kawasan Malioboro, tepatnya Jl. Kebun Raya No.2, Desa Rejowinangun, Kec. Kotagede, Kota Yogyakarta, Yogyakarta.

  1. Selfie Park Taman Pule

Selfie Park Taman Pule berada sekitar 4,6 kilo meter dari Kawasan Malioboro, tepatnya di Jl. Veteran No.150-151, Desa Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Yogyakarta.

  1. De Mata Trick Eye Museum

De Mata Museum Jogja berada sekitar 4,7 kilo meter dari Kawasan Malioboro, tepatnya di kawasan XT Square, Jl. Veteran No.150-151, Desa Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Yogyakarta.

  1. Situs Warungboto

Situs Warungboto berada sekitar 5 kilo meter dari Kawasan Malioboro, tepatnya di Jl. Veteran No.77, Desa Warungboto, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Yogyakarta.

  1. Sindukusumo Edupark

Sindu Kusuma Edupark (SKE) berada sekitar 4,6 kilo meter dari kawasan Malioboro, tepatnya di Jl. Jambon, Dusun Kragilan, Ds. Sinduadi, Kec. Mlati, Kab. Sleman, Yogyakarta.

  1. Museum Jogja Kembali (Monjali

Monumen Yogya Kembali berada sekitar 7 kilo meter dari Kawasan Malioboro, tepatnya di Jl. Ringroad Utara, Dusun Jongkang, Ds. Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kab. Sleman, Yogyakarta.

Nah, itulah ulasan tentang Malioboro dan 20 obyek wisata di dakatnya yang rekomen untuk kamu masukan dalam daftar destinasi traveling-mu di Jogja. Yuk lekas agendakan kesini bersama orang-orang tercinta. Ingat! Tetaplah jaga kebersihan dan kelestaraian alam sekitar. Selamat liburan.

Baca juga:

11 Tempat Wisata di Jogja Paling Rekomended Pilihan Ngadem.com

5 Tempat Wisata di Jogja Yang Keren Untuk Selfie

25 Wisata Baru di Jogja yang Harus Dikunjungi Tahun 2018. Lokasi dan Tiket Tertera!

(Update 2018) 20 Hotel Murah di Jogja Kota: di Bawah 100 Ribu/Malam

(foto featured dari @adhiiwicaksonoo)

Written by Amie Uliel

Kontributor Ngadem.com - Wanita yang menyukai apa pun saja tentang travel dan buku-buku roman.