in ,

Senja di Pantai Parangtritis dan 20 Obyek Wisata di Dekatnya. Lokasi & Tiket Tertera!

foto dari @edwinaja

Ngadem.com Apa yang kamu suka dari sore? Moment matahari tenggelam di ufuk barat dengan percikan sinar emasnya, tentu saja. Menikmati moment seperti ini seolah jadi bius tersendiri, terlebih bagi sejumah orang yang sedang ditindih penat, Lelah, dan resah. Bagaimana, apakah kamu juga demikian?

Sore. Aihhh, bagaimana bisa sore yang mengemas jadi begitu mendamaikan dan selalu dirindukan? Banyak orang menghabiskan sore disuatu tempat, salah satunya pantai. Coba bayangkan, betapa epic-nya harmonisasi antara hamparan lautan dan langit yang mengemas. Aihhh…

Nah, jika bicara soal sore dan pantai, salah satu tempat terbaik untuk menikmati harmonisasi epic ini yaitu di pantai Parangtritis; pantai Legendaris di Jogja.

Pantai Parangtritis berada di selatan Kota Jogja, tepatnyanya di Parangtritis, Kec. Kretek, Kabupaten Bantul. Perjalanan yang kamu tempuh untuk sampai lokasi memakan jarak tempuh sekitar 30 kilo meter atau memakan waktu sekitar 57 menit dari pusat kota Jogja. Untuk lebih jelasnya bisa tengok maps langsung ya, gengs. Klik disini.

Tiket Masuk Pantai Parangtritis Terbaru

Pantai Parangtritis memang cocok disebut sebagai pantai legendaris di Jogja, karena meski sudah mainstream sebagai salah satu destinasi wisata di Jogja, namun tetap mampu jadi salah satu destinasi favorit bagi wisatawan dari berbagai daerah. Ada yang bilang, belum ke Jogja kalau belum menyapa pantai Parangtritis. Untuk bisa menikmati keindahan pantai Parangtritis, wisatawan dikenai tiket masuk Rp5.000/orang.

Senja di Pantai Parangtritis dan hal-hal menarik yang bisa kamu lakukan

Ada  banyak pantai di Jogja dengan segala keindahannya yang selalu sukses memanjakan mata, namun di kalangan wisatawan, Pantai Parangtritis tetap mampu menjadi primadonanya. Selain senjanya yang menawan dan epic banget, ada hal-hal menarik di pantai legendaris ini dan tidak ditemukan di pantai lainnya. Nah, berikut ini foto-foto dari sejumlah pengguna Instagram yang membagikan hal-hal menarik di Parangtritis. Simak.

Pertama, Pantai Parangtritis dengan pesona senjanya yang bikin hati meleleh

senja di pantai parangtritis
foto dari @reshiefastriadi

Kedua, asiknya naik Andong sembari menikmati hamparan laut pantai Parangtritis. tarif sewa andong Rp 20.000 untuk sekali putaran

naik andong
foto dari @edwinaja

Ketiga, seru banget lho naik ATV di pantai apalagi kalua bareng yang tersayang. Tarif sewa ATV Rp50.000 – Rp100.000 per setengah jam

naik ATV
foto dari @eriezamurni

Keempat, Berenang. Ingat! Berenangnya JANGAN ke tengah laut ya, gengs. BAHAYA!

berenang
foto dari @reshiefastriadi

Kelima, Foto frewedding dengan latar belakang pantai emang selalu bikin gagal fokus

foto prewedding
foto dari @fandiryan

Keenam, Foto-foto di spot Kece

spot foto kece di pantai parangtritis
foto dari @tripindonesia_arthenistravel

Ada banyak hal menarik lainnya yang bisa kamu lakukan dan bisa kamu temukan di pantai Parangtritis. Bagi wisatawan luar daerah dan butuh penginapan untuk beristirahat selepas seru-seruan di Pantai Parangtritis, di sini tersedia banyak sekali penginapan dengan harga per malam yang relative ekonomis. Buat yang isi dompetnya turah-turah, bisa banget nih menginap di Queen of The South Resort yang memiliki Kolam Renang dengan background hamparan lautan.

Pantai Parangtritis memang pantai legendaris, meksi dibilang pantai mainstream di Jogja, namun yang tetap mampu menjadi yang favorit di hati wisatawan.

Baca juga:

9 Tempat Wisata di Jogja yang Bikin Kamu Serasa di Luar Negeri. Pecah Banget Nih!
40 Tempat Wisata Baru di Jogja. Biar Tripmu ke Jogja Anti Mainstream!
5 Cafe Outdoor di Jogja Biar Wisata Kulinermu Gak Itu-Itu Aja

Nah, berkunjung ke Pantai Parangtritis kurang lengkap rasanya kalau belum mampir ke deretan obyek wisata yang ada di dekatnya. Berikut ini daftar deretan  obyek wisata dekat Pantai Parangtritis yang harus masuk list trip kamu. Lest check this out.

  1. Pantai Parangkusumo

Puas menikmati keindahan pantai Parangtritis, jangan lupa mampir ke Pantai Parangkusumo. Pantai ini masih satu garis lurus dengan pantai Parangtritis. Untuk sampai Pantai Parangkusumo, kamu cukup berjalan sekitar 550m dari Kawasan pantai Parangtritis. Baca Selengkapnya disini.

  1. Gumuk Pasir Parangkusumo

Sudah mampir foto-foto di pantai Parangkusumo? Lanjut yuk ke Gumuk Pasir Parangkusumo. Lokasinya sekitar 900m dari Kawasan Pantai Parangkusumo dan 1,4 km dari Kawasan pantai Parangtritis.

  1. Pemandian Air Panas Parang Wedang

Buat wisatawan yang ingin berendam air hangat, bisa langsung meluncur ke Pemandian Air Panas Parang Wedang. Lokasinya berada sekitar 1,5 meter dari Kawasan pantai Parangtritis, berada di jalur utama  Jln. Parangtritis.

  1. Pantai Paranggendog

Pantai ini tidak terlalu jauh dari kawasan pantai Parangtritis, lokasinya sekitar 3,2 kilo meter atau memakan waktu sekitar 11 menit menggunakan kendaaran dari Kawasan pantai Parangtritis.

  1. Bukit Paralayang

Sedikit menanjak ke atas, kamu akan menemukan lagi wisata kece dengan panorama sunset yang sungguh epic. Namanya Bukit Paralayang, lokasinya sekitar 450m dari Kawasan pantai Paranggendog dan 2,7km dari Kawasan pantai Parangtritis.

  1. Pantai Depok

Pantai Depok ini terletak sekitar 4,4 kilo meter dari Kawasan pantai Parangtritis. Tak jauh dari lokasi pantai terdapat area landasan pacu yang sering dimanfaatkan untuk spot olahraga, foto shoot dan juga foto prewedding.

  1. Pantai Cemara Sewu

Geser sedikit, kamu bisa langsung menemukan pantai Kece yang dikenal dengan pohon Cemaranya, yaitu Pantai Cemara Sewu. Lokasinya sekitar 650m dari Kawasan pantai Depok dan 4,7 dari Kawasan pantai Parangtritis, tepatnya di Jl. Pantai Parangkusumo, Pantai, Parangtritis, Kretek, Bantul, Yogyakarta.

  1. Watu Lumbung

Wisata Watu Lumbung berada sekitar 6 kilo meter dari Kawasan Pantai Parangtritis, tepatnya di Jln. Panglima Sudirman, Duwuran, Parangtritis, Kec. Kretek, Bantul, Yogyakarta.

  1. Goa Jepang

Goa Jepang berada sekitar 2,2 kilo meter dari Kawasan Watu Lumbung dan 7,2 kilo meter dari Kawasan Pantai Parangtritis, tepatnya di Desa Seloharjo, Kec. Pundong, Bantul, Yogyakarta. Disini terdapat spot foto bunga sepatu dan spot foto bulan sabit. Selengkapnya baca disini.

  1. Pantai Baros

Pantai Baros berada sekitar 10 kilo meter dari Kawasan panta Depok dan sekitar 11 kilo meter dari Kawasan pantai Parangtritis, tepatnya di Desa Tirtohargo, Kec. Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Di Kawasan ini juga ada wisata mangrove-nya juga, lho.

  1. Pengklik Pantai Samas

Pengklik Pantai Samas berada di sekitar 12,9 kilo meter dari Kawasan pantai Parangtritis, tepatnya di Pantai Samas, Sogo Sanden, Desa Srigading, Kec. Sanden, Bantul, Yogyakarta.

  1. Taman Bunga Matahari Samas

Tak jauh dari Kawasan Pengklik Pantai Samaas, ada juga obyek wisata Taman Bunga Matahari. Obyek wisata satu ini berada sekitar 1,5 kilo meter dari Kawasan Pengklik Pantai Samas dan sekitar 18 kilo meter dari Kawasan pantai Parangtritis.

  1. Taman Bunga Asri

Buat kamu yang suka bunga-bunga nih, kamu bisa langsung meluncur ke Taman Bunga Asri. Lokasinya sekitar 1,4 kilo meter dari Kawasan Pengklik Pantai Samas dan 11,7 kilo meter dari Kawasan pantai Parangtritis.

  1. Resoinangun Garden

Obyek wisata dengan latar belakang hamparan bunga-bunga cantik juga bisa kamu temui di obyek wisata Resoinangun Garden. Nah, lokasinya berada sekitar 11,8 kilo meter dari Kawasan Pantai Parangtritis. Obyek wisata ini berdekatan dengan Taman Bunga Asri, Taman Bunga Matahari Samas dan Pengklik Pantai Samas. Selengkapanya baca disini.

  1. Perengan Park

Perengan Park menyuguhkan pemandangan taman bunga, hamparan persawan dan jembatan bamboo. Lokasinya berada sekitar 11 kilo meter dari Kawasan pantai Parangtritis. Obyek wisata ini juga berdekatan dengan Taman Bunga Asri, Taman Bunga Matahari Samas, Pengklik Pantai Samas dan tentunya dekat juga dengan Resoinangun Garden.

  1. Pantai Pandansari

Pantai Pandansari terletak sekitar sekitar 14km atau memakan waktu tempuh sekitar 25 menit perjalanan dari Kawasan pantai Parangtritis, tepatnya di Dusun Wonoroto, Ds. Gadingsari, Sanden, Bantul, Yogyakarta. Selengkapnya baca disini.

  1. Pantai Goa Cemara

Pantai Goa Cemara terletak sekitar 14, 8 kilo meter dari Kawasan pantai Parangtritis, tepatnya di di Jl. Lintas Sel., Dusun Patihan, Ds. Gadingsari, Kec. Sanden, Bantul, Yogyakarta. Pantai ini dihiasi pepohonan rindang yang kerap dimanfaatkan untuk spot foto shoot dan foto prewedding.

  1. Pantai Kuwaru

Pantai Kuwaru berada sekitar 3,3 kilometer dari Kawasan pantai Goa Cemara dan sekitar 17 kilo meter dari Kawasan pantai Parangtritis, tepatnya di Kawaru, Ds. Poncosari, Kec. Srandakan, Bantul, Yogyakarta. Baca selengkapnya disini.

  1. Pantai Pandansimo

Pantai Pandansimo berada sekitar 4,9 kilo meter dari Kawasan pantai Pandansari atau sekitar 18,7 kilo meter dari Kawasan pantai Parangtritis, tepatnya di Dusun Ngentak, Ds. Poncosari, Kec. Srandakan, Bantul, Yogyakarta.

  1. Goa Cerme

Goa Cerme berada sekitar 11 kilo meter dari Kawasan Pantai Parangtritis, tepatnya di Jl. Srunggo, Srunggo 2, Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Kab. Bantul, Yogyakarta.

Nah, itulah deretan obyek wisata dekat pantai parangtritis yang bisa kamu masukan dalam list liburan kamu di Jogja.

Ya, pesona pantai Parangtritis memang tiada duanya. Meski cenderung mainstream, namun tetap selalu mampu jadi destinasi wisata utama bagi wisatawan yang berlibur ke Jogja. Jangan lupa juga mampir ke derertan obyek wisata yang ada di dekatnya ya. Ingat, tetap jaga kebersihan dan kelestarian alam sekitar. Selamat berlibur.

Baca juga

25 Wisata Baru di Jogja yang Harus Dikunjungi Tahun 2018. Lokasi dan Tiket Tertera!
(Update 2018) 20 Hotel Murah di Jogja Kota: di Bawah 100 Ribu/Malam

(foto featured dari @edwinaja)

Written by Amie Uliel

Kontributor Ngadem.com - Wanita yang menyukai apa pun saja tentang travel dan buku-buku roman.