in ,

25 Wisata Baru di Jogja yang Harus Dikunjungi Tahun 2018. Lokasi dan Tiket Tertera!

foto dari @agunglilikprasetyo

Ngadem.com Tidak terasa tahun 2018 sudah masuk bulan ke enam dan hampir memasuki bulan ke tujuh. Bagaimana dengan resolusi kamu ditahun 2018? Sudah adakah yang terlaksana? Diantara sekian banyak resolusi yang sudah kamu catat dalam kepala, apa resolusi “traveling ke Jogja” salah satu diantaranya? Nah, jika benar, kebetulan. Sebab, kali ini ngadem.com akan kembali mengulas 25 destinasi wisata baru di Jogja yang hadir di tahun 2018 dengan view yang sungguh fotoable. Pastikan 25 wisata baru tersebut masuk dalam list liburanmu. Oke, sekarang silahkan duduk manis dulu, dan tahan jangan sampai baper ya. Sudah siap? Yuk simak ulasannya.

1. Persawahan Sukorame: menawarkan spot foto dengan view persawahan hijau

foto dari @itaratna28

Persawahan Sukorame terletak di Sukorame, Ds. Mangunan, Kec. Dlingo, Yogyakarta. Perjalanan yang kamu tempuh untuk sampai lokasi membutuhkan waktu sekitar 55 menit atau memakan jarak tempuh sekitar 25 kilometer dari pusat kota Jogja. Untuk tiket masuknya sejauh ini belum dikenakan biaya retribusi alias gratis. Destinasi wisata di Jogja yang satu ini muncul awal tahun 2018 dan langsung viral di media sosial.

2. Perengan Park: wisata kekinian dengan background taman bunga dan hamparan persawahan

Perengan Park terletak tak jauh dari kawasan pantai Samas, tepatnya di Dsn. Soge, Kec. Sanden, Kab. Bantul, Yogyakarta. Perjalanan yang kamu tempuh untuk sampai lokasi memakan waktu sekitar  50 menit atau memakan jarak tempuh sekitar 26 kilometer dari pusat kota Jogja. Tiket masuk Rp5.000/orang, sementara untuk biaya parkir Rp2.000/motor dan Rp5.000/mobil. Destinasi wisata yang masih sangat baru ini berdekatan dengan wisata baru lainnya yang berada di kawasan Pantai Samas, yaitu: Resoinangun Garden, Taman Bunga Asri dan Kebun Bunga Matahari.

3. Resoinangun Garden: wisata Instagenik dengan view taman bunga warna-warni

foto dari @gunawanjir

Resoinangun Garden terletak 600 meter dari obyek wisata Perengan Park, tepatnya di jln. lintas pantai Samas, Ds. Srigading, Kecamatan Sanden, Kab. Bantul, Yogyakarta. Untuk sampai lokasi, perjalanan yang kamu tempuh membutuhkan waktu sekitar 9 menit atau 2,3 kilometer dari pantai Samas, 23 menit atau 11 kilometer dari kawasan pantai Parangtritis, dan 49 menit atau 25 kilometer dari pusat kota Jogja. Resoinangun Garden merupakan destinasi wisata baru di Jogja, tepatnya di Bantul, yang menawarkan keindahan taman bunga berwarna-warni dan spot selfie instagenik. Tiket masuk Rp5.000/orang.

4. View Taman Bunga Asri yang begitu indah

foto dari @gunawanjir

Taman Bunga Asri terletak bersebelahan dengan obyek wisata Resoinangun Garden, tepatnya di Jl. Lintas Selatan, Desa Srigading, Kec. Sanden, Bantul, Yogyakarta. Perjalanan yang kamu butuhkan untuk sampai lokasi memakan waktu sekitar 49 menit atau sekitar 25,2 KM dari pusat kota Jogja. Destinasi wisata ini resmi dibuka untuk umum 1 Januari 2018 lalu dengan biaya retribusi sebesar Rp5.000/orang. Obyek wisata satu ini menawarkan keindahan pemandangan taman bunga yang rekomen banget untuk kamu ajak selfie.

5. Kebun Bunga Matahari Samas: Wisata taman Bunga di Bantul yang begitu memesona

foto dari @adipati

Taman Bunga Matahari Samas terletak dikawasan pantai Samas. Obyek wisata instagenik ini juga berdekatan dengan obyek wisata Perengan Park, Resoinangun Garden dan Taman Bunga Asri, tepatnya di Jalan Lintas Selatan, Ds. Srigading, Kec. Sanden, Kab. Bantul, Yogyakarta. Perjalanan yang kamu tempuh untuk sampai lokasi membutuhkan waktu 24 menit atau memakan jarak tempuh sekitar 13, 2 kilometer dari kawasan pantai parangtritis. Sementara dari pusat kota Jogja memakan waktu sekitar 52 menit atau memakan jarak tempuh sekitar 26,9 kilometer. Tiket masuk Rp5.000/orang.

6. Meriahkan feeds instagram kamu dengan foto di Taman Tumpah

foto dari @nindy_dwipratiwi

Taman Tumpah merupakan spot foto baru di kawasan wisata Seribu Batu Songgo Langit, tepatnya di Jl. Hutan Pinus Nganjir, Desa Mangunan, Kec. Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Untuk sampai lokasi, perjalanan yang kamu tempuh memakan waktu sekitar 55 menit atau sekitar 22,4 KM dari pusat kota Jogja. Akses menuju lokasi terbilang mudah ditemukan karena memang lokasinya berdekatan dengan hutan Pinus Asri. Spot foto yang terbilang masih sangat baru di tahun 2018 ini langsung viral di kalangan wisatawan.

7. Yuk tambah koleksi foto instagram kamu dengan foto di Bukit Panguk

foto dari @rini.rin.rini

Bukit Panguk terletak di Dsn. Kediwung, Mangunan, Kec. Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Perjalanan yang kamu tempuh untuk sampai lokasi memakan jarak tempuh sekitar 24 KM atau sekitar 54 menit dari pusat kota Jogja. Bukit Panguk ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 2016, hanya saja di tahun 2018 ini, Bukit Panguk kembali menghadirkan spot foto baru yang sungguh instagramable. Spot foto ini rekomen banget untuk kamu ajak foto. Untuk tiket masuknya Rp2.500/orang, biaya parkir Rp2.500/motor dan Rp5.000/mobil. Nah, buat kamu yang ingin foto-foto di spot selfie, kamu dikenakan biaya lagi Rp5.000 untuk masing-masing spot selfie.

8. Jejeguran dulu di Kedung Watu biar seger

foto dari @gunawanwicaksana

Kedung Watu  atau yang juga dikenal dengan nama “Tumpuk Watu” ini berada di Dsn. Brongkol, Ds. Argodadi, Kecamatan Sedayu, Kab. Bantul, Yogyakarta. Untuk sampai lokasi, perjalanan yang kamu tempuh membutuhkan waktu sekitar 32 menit sekitar 14,8 KM dari pusat kota Jogja. Tiket masuknya sejauh ini masih gratis.

9. Masih di Bantul? Jangan lupa mampir ke Tebing Watu Mabur

foto dari @trisnoarybudi

Tebing Watu Mabur terletak di Ds. Mangunan, Kec. Dlingo, Kab. Bantul, Yogyakarta . Untuk sampai lokasi, waktu yang kamu tempuh sekitar 59 menit atau memakan jarak tempuh sekitar 25,4 kilometer dari pusat kota Jogja. Sama seperti Bukit Panguk, Tebing Watu Mabur juga sudah ada sejak tahun 2016. Namun, di tahun 2018 ini, Tebing Watu Mabur kembali menghadirkan spot foto baru yang sungguh fotoable. Tiket masuk Rp2.500/orang, parkir Rp2.000/motor dan Rp5.000/mobil. Selain menawarkan sejumlah spot foto instagramable, di sini juga tersedia spot untuk camping.

10. Gunung Mungker punya spot foto yang oke punya

foto dari @fathurohman7

Gunung Mungker terletak di Desa Terong, Kec. Dlingo, Bantul, D. I. Yogyakarta. Perjalanan yang kamu tempuh untuk sampa lokasi memakan waktu tempuh sekitar 50 menit atau sekitar 22,3 KM dari pusat kota Jogja. Untuk tiket masuknya dikenakan biaya retribusi Rp3.000/orang, parkir Rp10.000/mobil dan Rp2.000/motor. Selain menawarkan sejumlah spot foto instagenik, di sini juga tersedia wahana flaying fox.

11. Menikmati sore di Goa Jepang pasti menyenangkan

foto dari @ronaldoaviadiii

Goa Jepang terletak  di Ds. Seloharjo, Kec. Pundong, Kab. Bantul, Yogyakarta. Perjalanan yang kamu tempuh untuk sampai lokasi membutuhkan waktu sekitar 17 menit atau memakan jarak tempuh sekitar 7,3 kilometer dari kawasan pantai Parangtritis.  Sementara  dari pusat kota Jogja, perjalanan yang kamu untuk sampai lokasi memakan waktu sekitar 43 menit atau memakan jarak tempuh sekitar 24 kilometer. Goa Jepang menawarkan spot foto baru berupa spot bulan sabit dan spot bunga dengan latar belakang hamparan laut lepas dan panorama alam hijau. Untuk tiket masuknya sejauh ini masih gratis, hanya saja buat kamu yang ingin foto di spot selfie, kamu akan dikenakan biaya retribusi.

12. Spot foto baru di Gumuk Pasir Parangkusumo keren banget

Gumuk Pasir Parangkusumo terletak di Kawasan Pantai Parangkusumo, tak jauh dari area Pantai Parangtritis, tepatnya di jln. Pantai Parangkusumo RT. 1, Grogol 10, Parangtritis, Kec. Kretek,  Bantul, Yogyakarta. Perjalanan yang kamu tempuh untuk sampai lokasi memakan waktu sekitar 52 menit atau sekitar 28, 9 KM dari pusat kota Jogja.  Sama seperti Bukit Panguk dan Tebing Watu Mabur, Gumuk Pasir Parangkusumo juga terbilang bukan wisata baru. Namun, di tahun 2018 ini, Gumuk Pasir Parangkusumo menghadirkan spot foto baru yang sungguh fotogenik. Tiket masuk Rp5.000/orang dan sudah sepaket dengan tiket masuk ke kawasan Pantai Parangtritis. Buat kamu yang ingin menikmati selancar pasir atau sandboarding, kamu dikenakan biaya lagi Rp100ribu per orang.

13. Epicnya View Teras Kaca pantai Nguluran

foto dari @ericvirgiawan

Teras Kaca merupakan spot foto kece yang berada di kawasan Pantai Nguluran, tapatnya di Ds. Girikarto, Kec. Panggang, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta. Perjalanan yang kamu tempuh untuk sampai lokasi memakan waktu sekitar 1 jam 18 menit atau sekitar 43,8 KM dari pusat kota Jogja. Teras Kaca ini salah satu spot wisata baru di kawasan Gunungkidul, tepatnya di kawasan Pantai Nguluran yang rekomen banget untuk kamu ajak foto. Tiket masuk pantai Nguluran Rp5.000/orang. Nah, buat kamu yang ingin foto di spot Teras Kaca, kamu akan dikenakan biaya lagi Rp15ribu.

14. Masih di pantai Nguluran? Jangan lupa foto di spot Giant Chair

foto dari @dasrony_

Giant Chair merupakan spot foto baru lainnya selain Teras Kaca yang ada di kawasan pantai Nguluran, tepatnya di di Ds. Girikarto, Kec. Panggang, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta. Perjalanan yang kamu tempuh untuk sampai lokasi memakan waktu sekitar 1 jam 18 menit atau sekitar 43, 8 KM dari pusat kota Jogja. Teras Kaca ini salah satu spot wisata baru di kawasan Gunungkidul, tepatnya di kawasan Pantai Nguluran yang rekomen banget untuk kamu ajak foto. Tiket masuk pantai Nguluran Rp5.000/orang, Parkir 3000/motor dan Rp5.000/mobil. Buat kamu yang ingin foto di spot Giant Chair, kamu akan dikenakan biaya lagi Rp10ribu.

15. Gunungkidul juga punya wisata bunga bernama Kebun Bunga Celosia

foto dari @dasrony_

Kebun Bunga Celosia merupakan wisata baru di Gunungkidul dengan konsep taman. Lokasinyah berada tak jauh dari pantai Baron, tepatnya berada di Dsn. Nglaos, Desa Kemadang, Kec. Tanjungsari, Gunungkidul, Yogyakarta. Perjalanan yang kamu butuhkan untuk sampai lokasi memakan waktu sekitar 1 jam 32 menit atau sekitar 56 KM dari pusat kota Jogja. Tiket masuk Rp10.000/orang dan sudah termasuk tiket masuk menuju pantai Baron dan beberapa pantai sekitarnya.

16. Taman Nawari: wisata baru di Gunungkidul yang masih anget banget

foto dari @silvia7villa

Taman Nawari terletak di Grogol 1, Desa Bejiharjo, Kec. Karangmojo, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta. Perjalanan yang kamu butuhkan untuk sampai lokasi sekitar 1 jam 6 menit atau 41 KM dari pusat kota Jogja. Taman Nawari ini terbilang wisata yang masih sangat baru di tahun 2018. Menawarkan pemandangan taman bunga matahari dan panorama alam hijau, Taman Nawari dijamin akan membuat feeds instagram kamu makin memukau. Tiket masuk Rp6.000/orang.

17. Syahdunya panorama kabut tipis di Watu Payung

foto dari @agunglilikprasetyo

Watu Payung berada di Dsn.  Turunan, Desa Girisuko, Kec. Panggang, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Perjalanan yang kamu butuhkan untuk sampai lokasi sekitar 55 menit atau sekitar 26,6 KM dari pusat kota Jogja. Di tahun 2018 ini, Watu Payung menghadirkan beberapa spot foto baru yang sungguh indah dan instagenik. Untuk tiket masuknya sejauh ini masih gratis, kamu hanya dikenakan biaya parkir saja.

18. Keindahan Bukit Pethuk Tekek jangan sampai lepas dari bidikan kameramu!

foto dari @anto_hariyanto

Bukit Pethuk Tekek atau yang juga dikenal dengan nama Menthuk Tekek terletak satu kawasan dengan obyek wisata Watu Payung, tepatnya berada di Dsn.  Turunan, Desa Girisuko, Kec. Panggang, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Perjalanan yang kamu butuhkan untuk sampai lokasi sekitar 55 menit atau sekitar 26,6 KM dari pusat kota Jogja. Untuk tiket masuknya, kamu cukup bayar seikhlasnya.

19. Laguna Pantai Trisik Kulon Progo  yang sungguh mendamaikan

foto dari @derapertiwi

Laguna Pantai Trisik terletak di Pantai Trisik, Kec. Galur, Kab. Kulon Progo, Yogyakarta. Perjalanan yang kamu tempuh untuk sampai lokasi membutuhkan waktu sekitar 1 jam 1 menit atau sekitar 31,2 kilometer dari pusat kota Jogja. Wisata baru di Kulon Progo ini menawarkan keindahan yang sayang sekali bila kamu lewatkan. Untuk tiket masuknya Rp5.000/orang, biaya parkir Rp2.000/motor dan Rp5.000/mobil.

20. Jangan salah, Kulon Progo juga punya wisata taman Bunga namanya Pesisir Bunga Matahari

foto dari @nafi.avi

Bukan hanya dikawasan Bantul dan Gunungkidul, Kulon Progo pun memiliki obyek wisata yang menawarkan keindahan taman bunga matahari, namanya yaitu Pesisir Bunga Matahari. Lokasinya berada di kawasan pantai Glagah, tepatnya di Jln. Pantai Glagah, Glagah, Kecamatan Temon, Kab. Kulon Progo, Yogyakarta. Untuk sampai lokasi, perjalanan yang kamu tempuh memakan waktu sekitar  60 menit atau sekitar 42,2 KM dari pusat kota Jogja. Untuk tiket masuknya Rp5.000/orang.

21. Mainan air dulu di Kedung Gender

foto dari @ids_ids

Kedung Gender Josutan berada di Desa Karangsari, Kec. Pengasih, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Untuk sampai lokasi, perjalanan yang kamu tempuh membutuhkan waktu sekitar 54 menit atau sekitar 32 KM dari pusat kota Jogja. Untuk tiket masuknya Rp4.000/orang dan biaya parkir Rp2.000/motor. Kedung Gender resmi dibuka bulan Maret 2018 lalu.

22. Hijaunya pemandangan di Kedung Banteng

foto dari @sigit.pam

Kedung Banteng terletak di Dusun Pringtali, Ds. Jatimulyo, Kec Girimulyo, Kulon Progo, Yogyakarta. Untuk sampai lokasi, perjalanan yang kamu tempuh memakan waktu sektiar 1 jam 8 menit atau sekitar 40,2 kilometer dari pusat kota Jogja. Untuk tiket masuknya sejauh ini masih gratis, kamu hanya dikenakan biaya parkir Rp2.000/motor dan Rp5.000/mobil.

23. Tambah lagi yuk koleksi foto instagram kamu dengan foto di Kebun Tebu Gendu

foto dari @fransiscats

Kebun Tebu Gendu Ds. Sibolong, Ds. Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kab. Kulonprogo, Yogyakarta. Untuk sampai lokasi, perjalanan yang kamu tempuh membutuhkan waktu sekitar 58 menit atau sekitar 28 KM dari pusat kota Jogja. Kebun Tebu Gendu ini merupakan spot wisata selfie di kawasan Kulon Progo yang rekomen untuk kamu ajak foto. Untuk tiket masuknya gratis.

24. Tebing Gunung Gajah: menikmati keindahan alam dari ketinggian

foto dari @dzulfikaraziz_w

Tebing Gunung Gajah terletak di kawasan pegunungan Menoreh, tepatnya di Jl. Sermo-Girimulyo,  Ds. Donorejo, Kec. Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Untuk sampai lokasi, perjalanan yang kamu tempuh memakan waktu sekitar 1 jam 19 menit atau memakan jarak tempuh sekitar 40,9 KM dari pusat kota Jogja. Untuk tiket masuknya Rp5.000/orang, buat yang ingin foto di spot selfie akan dikenakan biaya lagi Rp10ribu.

25. Masih di Jogja? Jangan lupa mampir juga ke Sleman, ada Tebing Breksi yang sudah menanti

foto dari @yyanuar_2197

Tebing Breksi berada di Ds. Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kab. Sleman, Yogyakarta. Untuk sampai lokasi, perjalanan yang kamu tempuh memakan waktu sekitar 60 menit atau sekitar 25,4 KM dari pusat kota Jogja. Tebing Breksi salah satu wisata di Sleman yang sebenarnya sudah ada sejak tahun 2016. Namun, di tahun 2018 ini, Tebing Breksi menghadirkan kembali spot foto baru yang sungguh fotoable. Rekomen banget untuk kamu ajak foto. Untuk tiket masuknya, kamu cukup bayar seikhlasnya. Sedangkan untuk biaya parkir Rp2.000/motor dan Rp5.000/mobil.

Nah, itulah daftar destinasi 25 wisata baru di Jogja yang rekomen banget untuk kamu masukan dalam daftar traveling-mu di tahun 2018. Semoga bermanfaat. Dan, jadilah wisatawan yang bijak dengan tetap menjaga kebersihan, kelestarian dan keindahan alam sekitar. Selamat jalan-jalan. Selamat liburan. Semoga harimu selalu membahagiakan.

(foto featured dari @agunglilikprasetyo)

 

 

 

 

 

Written by Amie Uliel

Kontributor Ngadem.com - Wanita yang menyukai apa pun saja tentang travel dan buku-buku roman.