in ,

10 Wisata Gratis Di Jogja Dengan View Yang Sungguh Memanjakan Mata

Ngadem.com Siapa pun tahu, bahwa Jogja merupakan salah satu surga wisata di Indonesia. Saat akhir pekan atau musim liburan, banyak wisatawan daerah maupun luar daerah berlomba-lomba mengunjungi deretan objek wisata Jogja, mulai dari wisata zaman old seperti Malioboro dan Keraton sampai wisata zaman now seperti Hutan Pinus, Kalibiru dan Pantai Wediombo. Dari sekian banyak objek wisata yang ada di Jogja, kadang ada saja wisatawan yang geleng-geleng kepala karena tiket masuknya yang cenderung mahal.

Nah, ini buat para wisatawan yang kebetulan lagi minim budget tapi pingin jalan-jalan, Jogja punya sejumlah objek wisata dengan tiket masuk gratis nih. Penasaran? Simak nih ulasannya.

1. Candi Abang

arkeologi candi abang

Candi Abang berada di Jogotirto, Kecamatan Berbah, Kab. Sleman,Yogyakarta. Perjalanan yang ditempuh untuk sampai di lokasi Candi Abang kurang lebih 48 menit  atau sekitar 15 kilometer dari pusat kota Jogja. Panorama Candi Abang ini mengingtkan kita akan keindahan bebukitan hijau di serial Teletubbies. Candi Abang ini salah satu spot terbaik untuk kamu yang suka dengan pesona sunset. Meski tiket masuknya gratis, kamu tetap harus membayar biaya pakir sebesar  Rp5.000/mobil dan Rp2.000/motor.

2. Spot Riyadi

foto dari @septea_chan

Spot Riyadi berada di Sambirejo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman,Yogyakarta. Perjalanan yang ditempuh untuk sampai lokasi Spot Riyadi kurang lebih memakan waktu 49 menit atau memakan jarak tempuh kurang lebih 20 km dari pusat kota Jogja. Berada di sini, kamu akan dimanjakan oleh pemandangan perkotaan dari ketinggian. Saat malam hari, kawasan ini pun seperti berada di permukaan samudara kunang-kunang. Jika kamu beruntung, kamu bisa menikmati Gunung Merapi yang begitu megah. Tiket masuk memang gratis, tapi kamu tetap harus membayar biaya parkir untuk motor Rp2.000 dan Rp5.000 untuk mobil.

3. Puncak Becici

foto dari @ferindats_

Puncak Becici berada di kasawan Gunungcilik, Dsa. Muntuk, Dlingo, Kab. Bantul, Yogyakarta. Perjalanan yang ditempuh untuk sampai Puncak Becici kurang lebih memakan waktu  52 menit dari pusat kota. Puncak Becici menawarkan panorama alam hijau khas bebukitan yang sungguh instagramable dan sejumlah spot selfie kekinian yang akan membuat koleksi foto instagrammu makin berbinar. Buat kamu yang lagi minim buget, tenang saja karena tiket masuk ke puncak Becici gratis. Meski begitu, kamu tetap akan dikenakan biaya parkir Rp2.000/motor dan Rp10.000/mobil.

4. Hutan Pinus Asri

foto dari @jogjatourorganize

Hutan Pinus Asri berada di jl. Hutan Pinus Nganjir, Dsa. Mangunan, Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Perjalanan yang ditempuh untuk sampai Hutan Pinus Asri kurang lebih memakan jarak 22 km atau memakan waktu kurang lebih 52 menit dari pusat kota. Hutan Pinus Asri akan memanjakan kamu dengan pemandangan hutan pinus yang eksotis dan berbagai spot selfie instageni. Tiket masuk Hutan Pinus Asri gratis. Namun, kamu akan dikenakan biaya parkir Rp2.000/motor dan Rp10.000/mobil.

5. Bukit Mojo Gumelan

foto @dwiriyantoo

Bukit Mojo Gumelan berada di Dsa. Mangunan, Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Perjalanan yang ditempuh untuk sampai di Bukit Mojo Gumelan kurang lebih memakan waktu 57 menit atau memakan jarak tempuh kurang lebih 24 km dari pusat kota. Berada di Bukit Mojo Gumelan, para wsiatawan akan dijamu oleh pesona khas bebukitan yang begitu mendamaikan dan sejumlah spot selfie yang aduhai. Tidak ada tiket masuk menuju kawasan ini. Namun, buat wisatawan yang ingin foto di spot selfie akan dikenakan biaya Rp3.000/orang. Selain itu, kamu juga harus membayar biaya parkir Rp2.000/motor dan Rp5.000/mobil.

6. Embung Banjaroya Kalibawang

foto dari @damianusandrian

Objek wisata gratis berikutnya yaitu Embung Banjaroya Kalibawang. Embung kece ini berada  di Jalan Kalibawang-Sendang Sono, Ds. Banjaroyo, Kalibawang, Kab. Kulon Progo, Yogyakarta. Pastikan kalau ke Kulon Progo, kamu tidak melewatkan objek wsiata satu ini. Selain karena free tiket masuk, kamu juga akan dimanjakan oleh pemandangan embung dan alam sekitar yang sunggun menawan. Untuk parkir, kamu akan dikenakan baiya Rp5.000/mobil  dan Rp2.000/motor.

7. Embung Kleco

foto dari @asep_java

Objek wsiata gratis selanjutnya yaitu Embung Kleco. Embung cantik ini berada satu Kabupaten dengan Embung Banjaroya Kalibawang, tepatnya di Dsa. Giripurwo, Girimulyo, Kab. Kulonprogo, Yogyakarta. Perjalanan yang ditempuh untuk sampai Embung Kleco kurang lebih memakan waktu  57 menit atau memakan jarak tempuh kurang lebih 30 km dari pusat kota. Yup, tiket masuk menuju objek wisata satu ini gratis. Sedangkan biaya parkir Rp5.000/mobil dan Rp2.000/motor.

8. Taman Sungai Mudal

foto dari @tamansungaimudal

Taman Sungai Mudal berada di Dsn. Banyunganti, Dsa. Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kab. Kulon Progo, Yogyakarta. Perjalanan yang ditempuh untuk sampai objek wisata Taman Sungai Mudal kurang lebih memakan waktu 1 jam 12 dari pusat kota. Salah satu spot hits di Jogja ini harus kamu masukan dalam list destinasi tripmu ke Jogja. Selain karena bisa jejeguran, tiket masuk gratis, kamu juga akan dimanjakan oleh pemandangan sekitar yang sungguh eksotis. Untuk biaya parkir Rp5.000/mobil dan Rp2.000/motor.

9. Watu Payung

foto dari @agusnihsan

Watu Payung berada di Dsn. Turunan, Dsa. Girisuko, Panggang, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta. Perjalanan yang ditempuh untuk sampai Watu Payung kurang lebih memakan waktu 1 jam 49 menit atau memakan jarak tempuh kurang lebih 64 km dari pusat. Watu Payung ini juga memiliki pesona alam yang indah. Tiket masuknya juga masih gratis. Namun, kamu akan dikenakan biaya pakrir Rp2.000/motor.

10. Batur Hill

foto dari @pratiwisun_

Batur Hill berada di Dsn. Batur, Dsa. Putat Kec. Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Perjalanan yang ditempuh untuk sampai Batur Hill kurang lebih memakan jarak 40 km atau memakan waktu kurang lebih 1,5 jam dari pusat Kota. Batur Hill merupakan resost dan resto yang menawarkan spot selfie instagenic dan keikinan. Selain itu, di sini juga terdapat kolam renang. Tidak ada tiket masuk menuju Batur Hill ini, wisatawan cukup membyar parkir Rp5.000/mobil dan Rp2.000/motor. Namun, buat wisatawan yang ingin foto di spot gardu pandang dikenakan biaya Rp10.000/orang.

Nah, itulah rekomendasi 10 destinasi wisata gratis di Jogja dengan pemandangan eksotis dan pastinya memanjakan mata . Yuk agendakan bersama orang terkasihmu. Selamat jalan-jalan. Semoga harimu selalu menyenangkan. Tetap jaga kebersihan dan kelestarian alam sekitar.

Written by Amie Uliel

Kontributor Ngadem.com - Wanita yang menyukai apa pun saja tentang travel dan buku-buku roman.