in ,

Keren Nih! Lokasi dan Tiket Candi Prambanan + 15 Obyek Wisata di Dekatnya

foto dari @ferdiantiojs

Ngadem.com Libur telah tiba. Apa yang akan kamu rencanakan? Explore obyek wisata atau istirahat seharian di kamar tercinta? Namun, bagi sejumlah orang saat hari libur tiba, mereka lebih memilih untuk traveling; explore obyek wisata menarik nan fotoable. Menghabiskan hari libur dengan traveling diyakini mampu membuat pikiran kembali segar dan tubuh kembali bersemangat menghadapi perkerjaan yang bertumpuk-tumpuk.

Oke, mengingat sekarang ini destinasi wisata makin beragam, maka destinasi wisata jenis apa yang ingin kamu kunjungi dari hari yang selow? Masih bingung? Baik, kita bantu kasih solusinya. Ini bagi kamu yang ingin travelingnya bukan sekedang senang-senang saja tapi juga ingin menambah wawasan pengetahuan, maka wisata sejarah bisa jadli pilihan. Nah, Wisata sejarah yang rekomen untuk kamu masukan dalam list destinasi liburan kamu yaitu Candi Prambanan.

Candi Prambanan ini merupakan candi hindu terbesar di Indonesia yang berada di kawasan Yogyakarta. Bukan Cuma kental akan sejarah, tapi juga kental akan religi dan budaya. Bonusnya, disini terdapat spot-spot instagramable.

Lokasi dan Tiket Candi Prambanan

Candi Prambanan terletak diperbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah (Klaten), tepatnya Jln. Raya Solo – Yogyakarta No.16, Dusun Kranggan, Ds. Bokoharjo, Prambanan.  Perjalanan yang kamu tempuh untuk sampai Candi Prambanan memakan waktu  kurang lebih 18 kilo meter atau memakan jarak tempuh sekitar 41 menit dari pusat Kota Jogja. Untuk lebih jelasnya bisa tengok google maps. Klik saja, disini.

Nah, buat kamu yang ingin berkunjung dan menikmati kemegahan candi Hindu ini serta ingin tau lebih jauh sejarahnya seperti apa, kamu dikenakan biaya retribusi Rp40.000/orang.

Baca juga:

9 Tempat Wisata di Jogja yang Bikin Kamu Serasa di Luar Negeri. Pecah Banget Nih!
40 Tempat Wisata Baru di Jogja. Biar Tripmu ke Jogja Anti Mainstream!
Sudut-sudut Epik di Malioboro dan 20 Obyek Wisata di Dekatnya. Lokasi Tertera!
Senja di Pantai Parangtritis dan 20 Obyek Wisata di Dekatnya. Lokasi & Tiket Tertera!

Sejarah Candi Prambanan dan hal-hal memukau yang menyertainya

candi prambanan
foto dari @addienesia

Candi Prambanan salah satu candi Hindu terbesar di Indonesia dan menjadi salah satu candi Hindu tercantik di Asia Tenggara. Tahun 1991, Candi ini ditetapkan UNESCO sebagai warisan dunia yang patut untuk dijaga dan dilestarikan. Dibalik kecantikan dan kemegahan Candi Prambanan terdapat cerita sejarah yang menarik untuk kita tahu.

Candi Prambanan yang juga dikenal dengan nama candi Roro Jonggrang ini dibangun tahun 850 M oleh Rakai Pikatan yang kemudian disempurnakan dan diperluas oleh Raja Lokapala dan raja Balitung Maha Sambu. Dibangunnya candi ini yaitu sebagai bentuk persembahan kepada Trimurti (tiga dewa utama Hindu) yaitu;  Brahma sang dewa pencipta, Wishnu sang dewa pemelihara, dan Siwa sang dewa pemusnah. Kompleks bangunan ini pun pada kala itu sempat mendapat perhatian lebih dari raja-raja Medang Mataram yakni raja Daksa dan Tulodong dengan membangun ratusan candi tambahan di area candi utama.

Namun, pada tahun 930-an, candi Prambanan mulai telantar dan tak terawat, perlahan-lahan candi ini pun mulai usang, rusak dan runtuh. Meski tak lagi jadi pusat keagamaan umat Hindu, keberadaan candi ini masih mampu dikenali dan diketahui warga Jawa yang menetap di desa sekitar. Akan tetapi, karena warga sekitar belum tahu pasti latar belakang dari candi Prambanan ini, maka diciptakanlah cerita khayalan yang kini dikenal dengan dongeng leganeda Roro Jonggrang.

Tahun 1733, candi ini ditemukan seorang berkebangsaan Belanda bernama CA. Lons, yang kemudian dilakukan penyelidikan lebih dalam tentang candi ini. Sayangnya, pada tahun 1880-an sempat terjadi aksi penjarahan batu ukiran dan candi. Singkat cerita, pada tahun 1918-1942 candi ini mulai mengalami pemugaran oleh warga kebangsaan Belanda dan pemugaran dilanjutkan oleh putra Indonesia hingga tahun 1993. Tahun 1953 Presiden Sukarno meresmikan candi megah ini. Oh iya, nama candi Prambanan sendiri diambil dari nama tempat candi tersebut berdiri yaitu Prambanan.

Kini, candi Prambanan jadi salah satu obyek wisata populer di Jogja yang kental akan sejarah, budaya dan religi. Bahkan, disini juga kerap diadakan event besar, dua diantaranya seperti Sendratari Ramayana Ballet dan Prambanan Jazz. Banyak wisatawan dari berbagai daerah yang berkunjung kesini. Kamu sudah pernah kesini belum? Yuk agendakan bersama orang-orang tersayang. Nah, berikut ini foto-foto dari pengguna Instagram yang menggambarkan betapa Candi Prambanan begitu cantik nan memukau.

Foto kemegahan candi Prambanan

candi prambanan
foto dari @maleostory

Foto background Candi Utama

candi prambanan
foto dari @saltinourhair

Foto di sisa-sisa reruntuhan Candi

candi prambanan
foto dari @verawaty_

Foto di sepeda melayang background Candi

candi prambanan
foto dari @fianardi20

Foto di ayunan background candi

candi prambanan
foto dari @dvarviana

Spot Seflie Instagenik background Candi

candi prambanan
foto dari @rismaminoz

Foto pertunjukan prambanan Jazz background Candi

prambanan jazz
foto dari @mokstimofeevic

 

Foto Pertunjukan Ramayana Ballet Prambanan background Candi

ramayana ballet prambanan
foto dari @ramayanaballetprambanan

Nah, puas menikmati kemegahan Candi Prambanan dan mengakrabi sejarah yang menyertainya. Yuk lanjutkan jalan-jalanmu dengan berkunjung ke deretan obyek wisata di dekatnya. Penasaran ada wisata apa saja? Simak ulasannya di bawah ini.

  1. Candi Sojiwan

Candi Sojiwan merupakan candi Budha yang berada berada sekiar 1,7 kilo meter dari Kawasan Candi Prambanan, tepatnya di Jl. Banjarsari, Kwaron, Kb. Dalem Kidul, Kec. Prambanan.

  1. Candi Sewu

Candi Sewu merupakan candi Budha yang berada sekitar 1,8 kilo meter dari Kawasan Candi Prambanan, tepatnya Jl. Raya Solo – Yogyakarta No.KM.16, Ds. Bugisan, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, Yogyakarta.

  1. Candi Lumbung

Candi Lumbung merupakan candi Budha yang berada sekitar 2,5 kilo meter dari Kawasan Candi Prambanan, tepatnya di Candi, Dusun Nngangrukbaru, Ds. Tlogo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, Yogyakarta.

  1. Candi Bubrah

Candi Bubrah merupakan candi Budha yang berada sekitar 2,2 kilo meter dari Kawasan candi Prambanan, tepatnya di daerah perbatasan Ds. Taman Martani, Kec. Kalasan, Kab. Sleman, Yogyakarta, dan Dusun Klurakbaru, Desa Tlogo, Kec. Prambanan, Klaten, Jawa Tengah.

  1. Candi Barong

Candi Barong merupakan candi Hindu yang berada sekitar 3,8 kilo meter dari Kawasan Candi Prambanan, tepatnya di Dusun Candisari, Ds. Sambirejo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta.

  1. Candi Banyunibo

Candi Banyunibo merupakan candi Budha yang berada sekitar 5,3 kilo meter dari Kawasan candi Prambanan, tepatnya di Dusun Cepit, Ds. Bokoharjo, Kec. Prambanan, Sleman, Yogyakarta.

  1. Candi Plaosan

Candi Plaosan berada sekitar 2,6 kilo meter dari Kawasan Candi Prambanan, tepatnya di Lor, Jl. Candi Plaosan, Dusun Plaosan Lor, Ds. Bugisan, Kec. Prambanan, Klaten.

  1. Candi Kalasan

Candi Kalasan merupakan komplek candi Budha yang berada sekitar 3,4 kilo meter dari Kawasan Candi Prambanan, tepatnya di Jl. Raya Yogya – Solo, Desa Kalasan, Suryatmajan, Danurejan, Sleman, Yogyakarta.

  1. Spot Riyadi

Spot Riyadi berada sekitar 3,5 kilo meter dari Kawasan Candi Prambanan, tepatnya di Jl. Candi Miri, Dusun Dawangsari, Ds. Sambirejo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, Yogyakarta.

  1. Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko merupakan situs purbakala yang berada sekitar 5,6 kilo meter dari Kawasan Candi Prambanan, tepatnya di Jl. Raya Piyungan – Prambanan No.KM.2, Dusun Gatak, Ds. Bokoharjo, Kec. Prambanan, Sleman, Yogyakarta.

  1. Watu Tapak Camp Hill

Watu Tapak Camp Hill berada sekitar 6 kilo meter dari Kawasan Candi Prambanan, tepatnya di Kompleks Taman Tebing Breksi, Gn. Sari, Ds. Sambirejo, Kec. Prambanan, Sleman, Yogyakarta.

  1. Candi Sambisari

Candi Sambisari merupakan candi Hindu yang berada sekita 7,8 kilo meter dari Kawasan Candi Prambanan, tepatnya di Jln. Candi Sambisari, Dusun Sambisari, Ds. Purwomartani, Kec. Kalasan, Sleman, Yogyakarta.

  1. Taman Tebing Breksi

Taman Tebing Breksi berada sekitar 7 kilo meter dari Kawasan Candi Prambanan, tepatnya di Gn. Sari, Desa Sambirejo, Kec. Prambanan, Sleman, Yogyakarta.

  1. Candi Ijo

Candi Ijo berada sekitar 7,8 kilo meter dari Kawasan Candi Prambanan, tepatnya di Dusun Kikis, Ds. Sambirejo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, Yogyakarta.

  1. Candi Abang

Candi Abang berada sekitar 8,3 kilo meter dari kawsan Candi Prambanan, tepatnya di Dusun Blambangan, Ds. Jogotirto, Kec. Berbah, Kab. Sleman, Yogyakarta.

Nah, itulah ulasan singkat mengenai Candi Prambanan dan 15 obyek wisata di dekatnya yang bisa kamu masukan dalam list liburan kamu di Jogja. Yuk agendakan bersama orang-orang tercinta. Ingat! Tetap Jaga kebersihan dan kelestarian sekitar.

Baca juga

25 Wisata Baru di Jogja yang Harus Dikunjungi Tahun 2018. Lokasi dan Tiket Tertera!

(Update 2018) 20 Hotel Murah di Jogja Kota: di Bawah 100 Ribu/Malam

5 Cafe Outdoor di Jogja Biar Wisata Kulinermu Gak Itu-Itu Aja

11 Tempat Wisata di Jogja Paling Rekomended Pilihan Ngadem.com

(foto featured dari @ferdiantiojs)

Written by Amie Uliel

Kontributor Ngadem.com - Wanita yang menyukai apa pun saja tentang travel dan buku-buku roman.