in

Lokasi dan Tiket Wisata Alam Kalibiru dan 13 Obyek Wisata di Dekatanya. Aihh, Bikin Meleleh!

foto dari @thesolotravel3r

Ngadem.com Alam kau adalah muara dari rinduku yang begitu meradang. Tentang mendamaikan hati dan pikiran, pecayalah, alam tak pernah ingkar.

Alam. Bagaimana bisa keberadaannya selalu mampu mendamaikan? Pepohonan hijau dan udara yang segar seolah jadi magnet tersediri untuk menarik hati sejumlah orang, khususnya wisatawan yang kerap dipusingkan oleh bisingnya kota dan pekerjaanya yang membuat stress. Kini, hampir semua daerah di Indonesia terdapat obyek wisata alam. Ya, barangkali alam memang menjadi semacam tempat untuk pulang.

Bicara soal obyek wisata alam, menurut kamu daerah mana yang paling rekomended untuk dikunjungi? Banyak, tentu saja. Nah, dari banyaknya obyek wisata alam, Kalibiru di Yogyakarta salah satu destinasi utamanya.

Kalibiru ini merupakan wisata alam di Jogja, tepatnya di Kawasan Kulon Progo. Kalibiru menyuguhkan pemandangan epic antara alam hijau, bebukitan dan danau (Waduk Sermo). Resmi dibuka tahun 2010, Wisata Alam Kalibiru  sukses mendapat tempat special di hati wisatawan. Dari waktu ke waktu, pengelola setempat terus mengembangkan wisata alam Kalibiru mulai dari membangun deretan spot selfie instagenik sampai spot outbound. Karena keindahannya ini, tempat ini kerap dimanfaatkan untuk spot prewedding.

Lokasi dan Tiket Wisata Alam Kalibiru

Wisata Alam Kalibiru berada Kawasan perbukitan Menoreh, Ds. Hagrowilis, Kec. Kokap, Kab. Kulon Progo, Yogyakarta. Lokasinya cukup jauh sekitar 36 kilo meter atau memakan waktu sekitar 1 jam lebih dari pusat kota Yogyakarta. Akses menuju lokasi terbilang bagus dan bisa dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat. Beberapa kilo meter sebelum tiba di lokasi, kamu akan disambut oleh panorama bebukitan, alam hijau dan kota Kulon Progo dari ketinggian.

  • Tiket masuk Wisata Alam Kalibiru

Weekend: Rp10.000/orang

Weekdays: Rp5.000/orang

  • Parkir

Motor: Rp2.000

Mobil: Rp5.000

Elf: Rp10.000

Bus: Rp15.000

  • Tiket Spot Selfie 

High Rope Games: Rp35.000

Spot Foto Panggung: Rp15.000

Spot Tampir: Rp15.000

Spot-spot lainnya: Rp10.000-Rp15.000

Kalibiru, wisata alam di Kulon Progo ini menyuguhkan pemandangan segar nan mendamaikan, cocok jadi obat alami buat kamu yang sedang ditindih penat dan stress oleh pekerjaan, tugas kuliah maupun polah menyebalkan sang mantan yang masih sering gangguin kehidupan kamu. Kini, obyek wisata ini jadi salah satu destinasi wisata populer di Jogja, Kulon Progo tepatnya. Maka, jangan heran kalau tempat ini selalu ramai. Dan, kamu juga harus bersabar kalau ingin foto di spot selfie, karena biasanya antriannya lumayan Panjang.

Berikut ini foto-foto yang menggambarkan betapa epic-nya Wisata Alam Kalibiru

Baca juga: 

Keren Nih! Lokasi dan Tiket Candi Prambanan + 15 Obyek Wisata di Dekatnya
Sudut-sudut Epik di Malioboro dan 20 Obyek Wisata di Dekatnya. Lokasi Tertera!
Senja di Pantai Parangtritis dan 20 Obyek Wisata di Dekatnya. Lokasi & Tiket Tertera!
40 Tempat Wisata Baru di Jogja. Biar Tripmu ke Jogja Anti Mainstream!

Pesona Wisata Kalibiru seolah tak pernah pudar. Kalau ke Yogyakarta, tepatnya ke Kulon Progo pastikan kesini ya. Ajak juga orang-orang terdekatmu.

Oke, puas menikmati keindahan Kalibiru dan foto-foto, yuk lanjut lagi perjalanan kamu ke destinasi wisata selanjutnya, selanjutnya. Nih ngadem.com kasih rekomendasi deretan wisata  dekat Kalibiru yang bisa kamu kunjgungi. Lest chek this out.

1. Lembah Kali Taji

Lembah Kali Taji berada sekitar 950m dari Kawasan Wisata Alam Kalibiru, tepatnya di Soka, Ds. Hargowilis, Kec. Kokap, Kulon Progo, Yogyakarta.

2. Pule Payung

Pule Payung berada sekitar 1 kilo meter dari Kawasan Wisata Alam Kalibiru, tepatnya di Dusun Soropati, Ds. Hargotirto, Kec. Kokap, Kab. Kulonprogo, Yogyakarta. Tiket Rp5.000/orang.

3. Canting Mas Puncak Dipowono

Canting Mas Puncak Dipowono berada sekitar 1,8 kilo meter dari Kawasan Wisata Alam Kalibiru, teparnya di Jl. Clereng Tamanan KM. 6, Clapar 2, Ds. Hargowilis, Kec. Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Tiket Rp12.000/orang.

4. Waduk Sermo

Waduk Sermo berada sekitar 2,3 kilo meter dari Kawasan Kalibiru, tepatnya di Sremo Lor, Hargowilis, Kec. Kokap, Kab. Kulon Progo, Yogyakarta

5. Wisata Alam Watu Gembel

Wisata Alam HKm Watu Gembel berada sekitar 3 kilo meter dari Kawasan Wisata Alam Kalibiru, tepatnya di Jln. Clereng-Tamanan, Dusun Girinyono, Ds. Sendangsari, Kec. Pengasih, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

6. Suaka Margasatwa Sermo

Suaka Margasatwa Sermo, berada sekitar 3,5 kilo meter dari Kawasan Wisata Alam Kalibiru, tepatnya di Jl. Sermo – Kokap, Dsn. Klebu, Ds. Hargowilis, Kec. Kokap, Kulon Progo, Yogyakarta.

7. Curug Sekrasak

Curug Sekrasak berada sekitar 4,4 kilo meter dari Kawasan Wisata Alam Kalibiru, tepatnya di DusunTeganing 1, Ds. Hargotirto, Kec. Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

8. Gunung Pening

Gunung Pening berada sekitar 5,6 kilo meter dari Kawasan Wisata Alam Kalibiru, tepatnya di Dusun Gegunung, Ds. Sendangsari, Kec. Pengasih, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

9. Bukit Cendana

Pesona Bukit Cendana berada sekitar 7,8 kilo meter dari Kawasan Wisata Alam Kalibiru, tepatnya Gn. Kukusan, Ds. Hargowilis, Kec. Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Baca Selengkapnya, disini.

10. Taman Wana Winulang

Taman Wana Winulang berada sekitar 10 kilo meter dair Kawasan Wisata Alam Kalibiu, tepatnya di Kemiri, Ds. Margosari, Kec. Pengasih, Kulon Progo, Yogyakarta

11. Tebing Gunung Gajah

Tebing Gunung Gajah berada sekitar 11 kilo meter dari Kawasan Wisata Alam Kalibiru, tepatnya di Jl. Sermo – Girimulyo, Katerban, Ds. Donorejo, Kec. Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

12. Embung Kleco

Embung Kleco berada sekitar 13 kilo meter dari Kawasan Wisata Alam Kalibiru, tepatnya di Dsn. Ngesong, Ds. Giripurwo, Kec. Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

13. Air Terjun Kedung Pedut

Kedung Pedut berada sekitar 14,2 kilo meter dari Kawasan Wisat Alam Kalibiru, tepatnya di Dsn. Banyunganti, Ds. Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

14. Curug Kuncung Mas

Curug Kuncung Mas berada sekitar 450m dari Air Terjun Kedung Pedut dan sekitar 14,7 kilo meter dari Kawasan Wisata Alam Kalibiru, tepatnya di Jl. Sermo – Girimulyo, Dsn. Banyunganti, Ds. Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

Itulah pesona Wisata Alam Kalibiru dan Waduk Sermo serta 14 obyek wisata dekat di dekatnya yang bisa kamu kunjungi saat liburan ke Jogja. Semoga bermanfaat. Ingat, tetap jaga kebersihan dan kelestarian alam sekitar. Selamat berlibur.

(foto featured dari @thesolotravel3)

Baca juga:

9 Tempat Wisata di Jogja yang Bikin Kamu Serasa di Luar Negeri. Pecah Banget Nih!

25 Wisata Baru di Jogja yang Harus Dikunjungi Tahun 2018. Lokasi dan Tiket Tertera!

10 Tempat Wisata Kulon Progo Yang Meski Sederhana Tapi Tak Mudah Dilupa

Taman Sungai Mudal: Wisata Baru di Kulon Progo yang Lagi Cantik-Cantiknya

Ngopi Asyik di Kedai Kopi Menoreh Pak Rohmat, Kulon Progo

Written by Amie Uliel

Kontributor Ngadem.com - Wanita yang menyukai apa pun saja tentang travel dan buku-buku roman.