in ,

Harmonisasi Epic Antara Hijaunya Hutan dan Birunya Langit di Kalibiru, Kulonprogo

Ngadem.com – Kalibiru adalah sebuah resor hutan yang terletak di Perbukitan Menoreh, Kulon Progo dan pada ketinggian 450 meter di atas permukaan laut. Kawasan hutan yang menjadi hutan milik negara ini terancam akibat pembalakan liar. Untungnya, orang-orang lokal keluar dengan inisiatif untuk melestarikan hutan agar tetap hijau, sejuk, dan indah dengan membuat sebuah resor hutan yang disebut Kalibiru.

Reboisasi Kalibiru dilakukan oleh Lingkar Community. Beberapa mata air telah muncul di kawasan Kalibiru. Pada 14 Februari 2008, mengetahui bahwa pekerjaan itu berjalan sangat baik, pemerintah mengeluarkan 35 tahun izin sementara baru untuk penggunaan hutan. Selama perjalanan waktu, Kalibiru telah dilengkapi dengan fasilitas untuk kenyamanan wisatawan. Keindahan alam menggabungkan secara harmonis dengan hangat dan budaya masyarakat desa.

Kalibiru sendiri terletak di lokasi yang lebih tinggi dari Waduk Sermo bahwa wisatawan akan memiliki pandangan yang baik dari bendungan yang indah dari atas. Memang, daya tarik utama dari tempat ini adalah lingkungan alam yang menawan. Di sini, Anda dapat menemukan perpaduan harmonis dari nuansa forestal atas lahan berbukit dan langit biru. Pemandangan alam ini akan semakin cantik dengan desa-desa dan orang-orang yang hangat, baik, dan sangat ramah.

Di Kalibiru, wisatawan dapat melakukan berbagai hal. Jika Anda ingin berekreasi, untuk belajar budaya lokal, melakukan perjalanan melalui hutan dan desa-desa, atau ingin memacu adrenalin dengan menjajal flaying fox, Kalibiru adalah pilihan yang sempurna. Untuk sekedar menikmati pemandangan, Anda dapat berjalan kaki ke gardu pandang terdekat. Di pos tertinggi, Anda dapat melihat pemandangan yang luas di mana terdapat Waduk Sermo, hutan, rumah, lahan pertanian, dan bukit-bukit. Pada ketinggian ini, Anda akan merasakan kebesaran Sang Pencipta.

Kalibiru juga merupakan tempat yang baik untuk arisan atau workshop karena memiliki fasilitas, seperti cottage dan ruang pertemuan. Selain itu, ada wilayah yang luas untuk kegiatan di luar ruangan. Ada tiga rute trekking jika Anda ingin memiliki waktu luang.

Terletak 40 km sebelah barat dari pusat kota Yogyakarta atau 10 km dari Wates, tempat ini cukup mudah dijangkau. Dari Kota Yogyakarta, Anda akan perlu 60-90 menit untuk sampai ke sana. Dan dari Wates (ibukota Kabupaten Kulon Progo), Anda dapat mengambil jalan yang mengarah ke Waduk Sermo, di mana Anda akan menemukan sebuah rambu Kalibiru nantinya. Selain fasilitas seperti warung makan, tempat parkir, masjid, dan kamar mandi umum.

Written by Amie Uliel

Kontributor Ngadem.com - Wanita yang menyukai apa pun saja tentang travel dan buku-buku roman.