in

Pantai Nglambor: Tempat Mengintip Ikan-ikan Lucu di Gungungkidul

Ngadem,com – Bagi sejumlah orang, weekend adalah waktu yang tepat untuk melakukan perjalanan atau berwisata ke tempat-tempat tertentu guna menyegarkan badan, hati dan tentu saja pikiran. Padatnya jadwal pekerjaan ataupun perkuliahan kerap menjadikan badan dan pikiran terasa sangat lelah. Kemudian; weekend seolah menjadi dewa bagi mereka yang dihimpit sejuta kesibukan. Tak jauh beda dengan orang kebanyakan, saya dan partner perjuangan saya pun salah satu orang yang mendewakan weekend. Nah, akhirnya weekend kali ini, kami memilih pantai Nglambor sebagai destinasi wisata yang akan kami tempuh.

Alasan kami memilih pantai Ngelambor sebagai destinasi wisata adalah, tersebab dari beberapa sumber yang kami dapat, pantai Nglambor ini memiliki panorma serta nuansa alam yang begitu menawan. Dan yang membuat kami berdua sangat tertarik pada Pantai Nglambor ini juga karena adanya fasilitas untuk melakukan snorkeling!!!

Tentu saja sebelum menuju ke Pantai Ngalmbor, kami melakukan browsing. Dari sumber yang kami dapat, Pantai Nglambor  ini merupakan salah satu dari sekumpulan pantai di daerah Gunung Kidul yang belum begitu ter-expose. Lokasinya yang cukup tersembunyi membuat pantai Nglambor ini jarang dikunjungi wisatawan. Untuk mencapai bibir pantai saja, kami harus berjalan kaki terlebih dahulu beberapa menit dari tempat parkir kendaraan.

Pantai yang terletak di antara Pantai Siung dan Pantai Jogan ini memiliki ombak yang cukup besar.  Meski begitu, ada bagian tempat di Pantai Nglambor dimana karakter ombaknya cenderung tenang  dan airnya pun cenderung dangkal. Nah, di bagian tersebutlah yang kerap dijadikan sejumlah orang untuk melakukan aktivitas berenang juga snorkeling tanpa perlu was-was atau khawatir tergulung oleh ombak besar.

Berlokasi di desa Purwodadi, tepatnya di kecamatan Tepus, berjarak  kurang lebih 70 km dari Yogyakarta. Perjalanan Jogja ke Gunung Kidul memakan waktu sekitar 1 jam 45 menit. Bagi kami, ini perjalanan yang sangat mengasikan. Meski beberapa puluh meter sebelum sampai tujuan, perjalanan kami penuh goncangan karena jalanannya yang dipenuh bebatuan, bagi kami tidak masalah, bagi kami ini tetap menyenangkan. Terlebih lagi setelah melihat panorama pantai Nglambor yang begitu mempesona.

Sekedar informasi, bagi kamu yang ingin melakukan aktifitas berenang atau snorkeling jangan lupa membawa perlengkapan untuk berenang. Nah, khusus bagi kamu yang tak memiliki peralatan snorkeling, tenang saja, di Pantai Nglambor sudah tersedia tempat penyewaan untuk aktifitas snorkeling. Harganya bervariasi, dari Rp 50.000 sampai Rp. 300.000 tergantung berapa orang yang akan ikut menyelam. Selain itu, jangan lupa untuk membawa kamera lengkap dengan waterproffnya bagi kamu yang ingin mengabadikan moment di bawah air. Atau, agar lebih praktis kamu bisa langsung menggunakan kamera underwater.  Dijamin,  rasa sesal tak akan kamu rasakan!

Apa yang istimewa dari Pantai Nglambor?

Pantai Ngalmbor

Kondisi air di Pantai Nglambor yang sangat jernih dan dangkal ini menjadikan sekumpulan ikan berwarna-warni, rumput laut, serta beraneka ragam biota laut maupun karang-karang yang ada di dalamnya bisa terlihat hanya dengan mata telanjang. Ditambah  dengan udaranya yang segar dan tampilannya masih sangat alami, seolah menambah keistimewaan dari pantai Nglambor ini. Di Pantai Nglambor, terdapat dua pulau karang yang bentuknya hampir menyerupai kura-kura. Hewan pemakan tumbuhan ini tampak berkejaran-kejaran dengan sautan ombak Pantai Ngalmbor. Menurut sumber yang kami dapat, dua pulau karang yang menyerupai kura-kura tersebut berfungsi untuk penahan ombak. Hal inilah yang kemudian menjadikan perairan di tepi pantai Nglambor cenderung dangkal dan berombak tenang, hingga banyak ditumbuhi karang-karang dan dihuni ikan-ikan kecil.

Akses dan tiket masuk

Untuk bisa menacapai ke Pantai Ngalmbor, kamu bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat, baik kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum, dengan mengikuti jalur yang menuju Pantai Siung. Anda akan diarahhkan ke Pantai Nglambor dengan banyaknya papan informasi bertulisakan pantai-pantai yang ada, terutaman Pantai Nglambor.  Tiket dihargai Rp 5.000/orang.

Fasilitas

Terdapat sejumlah fasilitas di pantai Nglambor yang bisa dinikmati, diantaranya: warung makan, toilet umum, tempat penyewaan snorkeling dan tempat untuk beristirahat.

Tips dari Ngadem.com

Karena hanya terdapat satu warung di tempat tersebut,  Anda bisa membawa bekal sendiri dari rumah, sebab warung di tempat tersebut hanya menjual nasi rames dan beberapa makanan dan minuman ringan saja. Untuk kondisi toiletnya cukup bersih meski belum menggunakan keramik. Oh iya, hal yang kurang dari tempat ini, yang juga membuat kami sedikit merasa gundah gulana adalah jaringan internetnya yang sangat minim sekali. Jadi, sepertinya adalah hal yang cerdas jika kamu matikan Data Internet agar bisa menghemat baterai ponsel untuk keperluan yang lain, seperti selfie atau apa pun yang membuat kamu bahagia. Hehe…

Written by Amie Uliel

Kontributor Ngadem.com - Wanita yang menyukai apa pun saja tentang travel dan buku-buku roman.