in ,

9 Tempat Wisata di Pacitan yang Siap Menenangkan Hatimu

Ngadem.com – Pacitan merupakan sebuah kabupaten yang terletak di ujung barat daya provinsi Jawa Timur. Atau berjarak sekiranya 270 km dari pusat Kota Surabaya dan 100 km dari Pusat Kota Solo. Ya, kalau kamu kebetulan lagi singgah di Kota Jogja, kamu pun bisa menuju ke Pacitan hanya dengan menempuh 5-6 jam perjalanan melewati Wonosari, Gunungkidul. Secara geografis,

Pacitan berbatasan langsung dengan Samudera Hindia dan dikelilingi oleh pegunungan kapur (karst). Oleh karena itu, Kabupaten Pacitan cukup terkenal dengan wisata pantainya. Oke, kalau kamu pengin tahu lebih lanjut tentang destinasi wisata di Pacitan, yuk langsung aja kita telusuri bareng-bareng.

1. Menelisik Lebih Dekat dan Ketahuilah Indahnya Pantai Klayar

Pantai Klayar foto dari @devievelynn

 

Pantai Klayar merupakan sebuah pantai berpasir putih yang dikelilingi dengan batu-batuan karang yang menyerupai Sphinx. Pantai ini terletak di Desa Kalak, Kecamatan Donorejo, Pacitan, Jawa Timur. Berbatasan langsung dengan Kabupaten Wonogiri yang ada di Jawa Tengah. Untuk menuju lokasi, kamu bisa menempuhnya dengan jarak 50 km dari pusat Kota Pacitan, atau setara dengan 60 menit perjalanan dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Istimewanya lagi, di sini kamu bisa menemukan sebuah air mancur alami yang tingginya mencapai 10 meter di atas permukaan laut. Kalau kamu masih bingung buat mencari lokasinya, ini kami kasih koordinat GPS-nya: -8.223808,110.947473. Nah, untuk masuk ke pantai ini kamu akan dikenai tarif masuk sebesar Rp. 6000,00. Sedangkan biaya parkirnya berkisar antara Rp. 2000,00 sampai Rp. 5000,00 tergantung kendaraan yang kamu pakai.

2. Pantai Teleng Ria Ini Akan Mengajakmu Bersuka-ria

Pantai Teleng Ria foto dari @gengbank_fun

 

Lokasi Pantai Teleng Ria berdekatan dengan pusat pemerintahan Kota Pacitan. Saking dekatnya, kamu hanya memerlukan waktu 5 menit perjalanan untuk menempuhnya. Saat ini, Pantai Teleng Ria merupakan salah satu tempat wisata di Pacitan yang paling ramai dikunjungi wisatawan. Hamparan pasirnya yang indah, serta ombak laut yang relatif tenang membuat pantai ini begitu digemari wisatawan yang ingin menghabiskan waktu liburannya.

Ya, kamu bisa bermain di tepi pantai ini tanpa takut gosong, karena banyak tempat yang bisa kamu manfaatkan untuk berteduh. Selain itu, kamu pun bisa berenang enjoy, dan melakukan banyak kegiatan menarik lainnya. Yap, untuk masuk ke kawasan obyek wisata ini, kamu akan dikenai tarif sebesar Rp. 5000,00/ orang. Sedangkan untuk biaya parkirnya sebesar Rp. 2000,00/ motor dan Rp. 5000,00/ mobil. Yup, buruan dateng ke sini ya, Genks!

3. Pengin Surfing? Pantai Watu Karung Ini Sangat Cocok untuk Melakukan Kegiatan Tersebut

Pantai Watu Karung foto dari @gilangpepe

 

Pantai Watu Karung menjadi terkenal karena memiliki ombaknya yang cukup dahsyat. Maka tak heran kalau banyak wisatawan mancanegara yang rela datang ke lokasi ini hanya untuk menjajal keganasan ombak tersebut. Ya, memang, Pantai Watu Karung ini menjadi tempat surfing berkelas dunia yang sangat diidolakan para pecinta surfing. Bahkan, di tahun 2009 silam, peselancar top Indonesia yang bernama Rizal Tanjung, mengajak Bruce Irons yang menjadi juara Rip Curl Pro Search 2008. Mereka sama-sama beradu kepiawaian untuk menjajal ombak Pantai Watu Karung.

Nah, untuk masuk ke Pantai Watu Karung ini, kamu akan dikenai biaya restribusi sebesar Rp. 7.000,00 lengkap dengan biaya parkir kendaraan roda dua. Akan tetapi, kalau kamu mau ke sini dengan menggunakan mobil, maka kamu akan dikenai biaya tambahan sebesar Rp. 5000,00 untuk parkir. So, kamu tertarik untuk surfing di pantai ini?

4. Nikmati Pesona Pantai Pidakan yang Menghanyutkan

Pantai Pidakan foto dari @gilangpepe

 

Lokasi Pantai Pidakan terletak di Dusun Godeg Kulon, Desa Jetak, Kecamatan Tulakan, Kabupaten Pacitan. Untuk mencapainya, kamu bisa menempuhnya dengan jarak 30 km dari pusat Kota Pacitan, atau setara dengan 40 menit perjalanan dengan menggunakan kendaraan bermotor. Nah, setibanya di lokasi, kamu akan dikenai biaya retribusi sebesar Rp. 5000,00/ orang dan biaya parkir sebesar Rp. 2000,00/ motor dan Rp. 5000,00/ mobil.

Selain indah, pantai ini juga cocok buat kamu yang mempunyai hobi fotografi. Lokasinya pun sangat ideal, karena memiliki banyak four ground dan poi yang bertebaran di sekitar pantai. Selain itu, kamu juga bisa melihat bintang laut dan beragam biota laut lainnya seperti bulu babi, landak laut, hingga kepiting bakau. Untuk fasilitas yang disediakan memang belum begitu lengkap, hanya berupa kamar mandi dan beberapa spot camping yang recommended banget.

5. Yuk, Nyoba Naik Flying Fox di Pantai Taman

Pantai Taman Ngadirojo foto dari @radja_ampat

 

Pantai Taman terletak di Desa Hadiwarno, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan. Di sini kamu bisa menemukan sebuah pantai berpasir coklat yang memiliki ombak yang cukup besar. Karena memang, pantai ini berhadapan langsung dengan laut lepas Samudra Hindia. Untuk menuju lokasi, kamu bisa menjadikan pusat Kota Pacitan sebagai patokan. Nah, dari pusat kotanya, kamu bisa meneruskan perjalanan menuju Lorok, teruuus saja hingga melewati jalanan yang berliku dengan kombinasi tanjakan tajam. Kendati begitu, akses jalannya sudah cukup baik dan beraspal halus.

Setibanya di lokasi, kamu akan dikenai biaya masuk sebesar Rp. 6000,00/ orang dan biaya parkir sebesar Rp. 2000,00 – Rp. 5000,00 tergantung kendaraan yang kamu pakai. Untuk fasilitasnya pun sudah cukup memadai, karena pantai ini telah dikelola oleh pemda setempat, mulai dari ketersediaan toilet umum, warung makan, area outbound, hingga penangkaran penyu. Kamu berminat?

6. Spot Kece Ini Cuma Ada di Pantai Soge

Pantai Soge foto dari @elviningrum

 

Tak jauh dari Pantai Taman, kamu juga bisa mlipir sejenak ke Pantai Soge yang terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan. Di kawasan pantai ini kamu juga bisa menemukan sebuah danau kecil yang terbentuk secara alami karena gerusan air laut yang tidak sepenuhnya tertarik kembali ke laut. Danau ini terpisah oleh gundukan pasir putih yang membentang di tengahnya. Sungguh-sungguh mengagumkan jika kamu memandangnya dari dekat.

Istimewanya lagi, hanya dengan biaya Rp 15.000,00/ orang, kamu bisa menyewa jasa perahu wisata atau speed boat kecil untuk mengitari danau tersebut hingga beberapa kali putaran. Nah, untuk biaya masuk ke lokasi pantai ini, kamu akan dikenai biaya sebesar Rp. 6000,00/ orang. Sedangkan biaya parkirnya berkisar antara Rp. 2000,00 sampai Rp. 5000,00 tergantung dari kendaraan yang kamu pakai. Yap, kamu siap menjelajah keindahan Pantai Soge?

7. Keelokkan Pantai Srau Juga Tak Kalah dengan Kelima Pantai di Atas

Pantai Srau foto dari @gilangpepe

 

Yap, lokasi Pantai Srau terletak di Desa Candi, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan. Pantai ini memiliki tiga spot yang bisa kamu eksplor keindahannya. Di bagian timur untuk melihat matahari terbit, di bagian barat untuk melihat matahari terbenam, sedangkan yang tengah untuk menikmati pemandangan ke laut lepas. Selain itu, kamu juga bisa melihat batu-batu besar yang berdiri gagah di tengah laut.

Tak sampai di situ saja, Genks. Di sini kamu juga bisa melihat tebing-tebing tinggi dan beragam bentuk rupa tanaman liar khas pantai yang terlihat lebat dan alami. Ohya, di sini juga banyak terdapat pulau-pulau kecil yang tak berpenghuni. Nah, untuk biaya masuknya, kamu bisa membayarnya dengan harga Rp. 7000,00 lengkap dengan biaya parkir kendaraan roda dua. So, jangan buang-buang waktu, Gaes. Segera sambangi tempat ini!

8. Telusuri Keindahan Obyek Wisata Goa Gong. Salah Satu Goa Terindah di Asia Tenggara

Goa Gong foto dari @tri.mega.w

 

Goa Gong terletak di Desa Bomo, Kecamatan Purung Donorejo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Hal menarik yang bisa kamu dapatkan di goa ini adalah, kamu bisa menemukan sebuah batu besar yang bisa dipukul dan akan menimbulkan bunyi seperti suara gong. Oleh karenanya, goa ini disebut sebagai Goa Gong. Ya, akses menuju tempat ini relatif mudah, karena jalan setapaknya sudah dibentuk sedemikian rupa hingga memudahkan para pejalan kaki untuk masuk ke dalam goa.

Yap, kalau kamu masih bingung untuk menemukan lokasinya, nih kami kasih letak koordinat GPS-nya: -8.16484,110.97984. Nah, kalau kamu sudah sampai di lokasi, kamu akan dikenai tarif masuk sebesar Rp. 8000,00. Sedangkan biaya parkir kendaraannya sebesar Rp. 2000,00 untuk sepeda motor, dan Rp. 5000,00 untuk kendaraan roda empat. Udah deh, buruan kemasi barang-barangmu dan segera meluncur ke sini. Kami jamin, kamu nggak akan nyesel, kok.

9. Selain Goa Gong, Goa Tabuhan Ini Juga Bisa Berbunyi, Lho.

Goa Tabuhan foto dari @aprilia_azela

 

Goa Tabuhan ini masih satu wilayah dengan obyek wisata Goa Gong. Cukup dekat kok, jaraknya hanya sekitar 1 km saja. Nah, kalau kamu dari pusat Kota Pacitan, kamu harus melajukan kendaraanmu ke arah barat hingga menempuh jarak sekitar 30 km, atau setara dengan 40 menit perjalanan dengan menggunakan kendaraan bermotor. Yap, kalau kamu berminat, kamu bisa menuju Desa Wareng, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan. Gimana, Genks? Cukup menarik, kan?

Oke, 9 tempat wisata di Kota Pacitan sudah kami rangkumkan buat kamu-kamu semua. So, tetap buang sampah pada tempatnya, ya. Biar keindahan alam kita tetap terjaga dan tetap lestari. Cemungut, Kakak!

Written by DT. Jatmiko

Kontributor Ngadem.com - Lelaki gembira asal Prambanan. Sempat mempunyai cita-cita jadi Polisi, tapi kandas di tengah jalan.