in ,

6 Tempat Wisata Hits di Ngawi Ini Bisa Membuat Hatimu Adem Ayem

Ngadem.com – Kabupaten Ngawi merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang kaya akan pemandangan alam. Kabupaten ini juga terkenal dengan museum kuno bernama Museum Trinil, yang telah dikenal oleh banyak orang di dunia sebagai salah satu museum yang berisi prasejarah manusia fosil (Pitecanthropus Erectus). Museum ini didedikasikan untuk salah seorang berkebangsaan Belanda bernama Eugene Dubois yang memiliki inspirasi untuk membangun sebuah museum kuno di Ngawi, tempat di mana fosil pertama ditemukan.

Selain Museum Trinil, Ngawi juga memiliki beberapa wisata menarik seperti; Taman Rekreasi Tawun, Air Terjun Srampang, Perkebunan Teh Jamus, dan masih banyak lainnya. Nah, agar tak mainstream, dalam artikel ini Ngadem.com akan merangkum beberapa wisata di Ngawi yang lagi hits di kalangan anak muda:

1. Ngadem asik di Selondo Jogorogo

Foto by @bagus_saniatus
Foto by @bagus_saniatus

Destinasi wisata ini terletak di Desa Ngrayudan, Kecamatan Jogorogo. Ngawi. Sering digunakan sebagai tempat kemah oleh para Pecinta Alam atau pun anak-anak sekolah. Di tempat ini kamu akan disuguhkan dengan pemandangan berlatar hutan pinus yang sungguh menyejukkan mata. Inilah alasan yang menjadikan Selondo Jogorogo sering digunakan untuk background foto-foto, dan tentu saja Ngadem asik.

2. Melihat hamparan pohon pinus di Watu Jonggol

Foto by @bendottetapsemangat
Foto by @bendottetapsemangat

Destinasi wisata yang baru dibangun 3 tahun lalu ini menyuguhkan pemandangan eksotis dan udara yang sungguh sejuk. Letaknya berada di kaki Gunung Lawu dan dipenuhi dengan hamparan perkebunan tembakau. Yang menarik di tempat ini adalah; kamu bisa melihat batu besar di lereng tanah dan timbul ke permukaan. Selain itu kamu juga bisa menikmati Watu Jonggol dari ketinggian, dimana bersemayam patung naga yang bisa kamu ajak selfie.

3. Air Terjung Pengantin

Foto by @fymmadew
Foto by @fymmadew

Ketika mendegar tempat wisata di Ngawi ini, kamu pasti langsung ingat dengan sebuah film thriller yang dibintangi oleh artis Tamara Bleszynski. Letaknya berada di Dusun Besek, Desa Hargomulyo, Kecamatan Ngrambe, Ngawi. Di tempat ini kamu akan melihat sepasang air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 12 meter. Letaknya yang lumayan tersembunyi, membuat Air Terjun Pengantin jarang dikunjungi wisatawan. Untuk sampai ke tempat ini kamu akan membutuhkan waktu tempuh sekitar 3 jam dari Kota Ngawi.

4. Nyantai di Embung Kuniran

Foto by @ferryhedra
Foto by @ferryhedra

Destinasi wisata ini berada di Dusun Krajan, Desa Kuniran, Kecamatan Sine, Ngawi. Di tempat ini kamu akan disuguhkan pemandangan alam khas kota Ngawi. Rerimbun pohon, kicauan burung dan nyanyian angin di Embung Kuniran akan membuatmu betah berlama-lama di sini. Oh, ya kamu juga bisa mengajak kekasih sambil foto-foto. Asal jangan merusak dan nyampah ya…

5. Eksotisnya Air Terjun Suwono

Foto by @vemzku
Foto by @vemzku

Terletak di desa Hargomulyo, Kecamatan Ngrambe, Ngawi. Memiliki ketinggian 30 meter dan pemandangan alam yang sungguh menyejukan mata. Yang menarik dari tempat ini adalah air terjunnya bercabang dua. Selain itu, suasananya yang mendamaikan membuatmu betah beralama-lama di tempat ini. Oh ya, sebagai bonus kamu juga bisa melihat hijaunya perkebunan teh jamus.

6. Monumen Suryo; tempat adem paling asik di Ngawi

Foto via humaspolres.wordpress.com
Foto via humaspolres.wordpress.com

Monumen ini berdiri di sebuah hutan jati dan dibangun untuk menghormati Gubernur pertama Jawa Timur, Mr. Soerjo. Ia tewas dalam kerusuhan komunis pada tahun 1948. Pada saat itu, pada bulan November 1948, Presiden Soekarno telah memanggil semua gubernur untuk bertemu di Yogyakarta (pada waktu itu Yogyakarta adalah ibukota Indonesia). Pada perjalanan kembali ke Surabaya, di Dukuh Bago Kedungalar, ia diseret ke hutan dan dibunuh. Tapi tenang saja, di Monumen Suryo sekarang sangat rimbun dan banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini.

Gimana? Tertarik untuk berkunjung ke Ngawi? Atau ada yang kurang? Yuk, share :)

Written by Reshie Fastriadi

Kontributor Ngadem.com - Pemuda beruntung yang lahir dan besar di lingkungan berbeda. Telanjur jatuh cinta pada dunia otak kanan dan Nasi Pecel khas Nganjuk. Sedang sibuk mengerjakan tugas kuliah dan menata hati dari bisikan setan yang terkutuk.