in ,

Untuk Kamu yang UAS, Biar Nyontekmu Elegan dan Sukses Coba Ikuti 5 Tips Ini

Ngadem.com – Yang udah ngelewatin ujian nasional (UN) udah pada lega. Baju seragamnya udah gak tahu nasibnya gimana. Eeeeeh, mungkin ada juga yang museumin seragamnya karena ada tanda tangan cowok paling ganteng atau cewek paling cantik sesekolah di seragamnnya. Biarkan anak-anak yang baru  terbebas dari cengkraman UN itu berbahagia, asal gak ngaku-ngaku anak jenderal aja.

Duh, udah deh. Di balik semua euforia anak SMA yang baru selesai UN, kita lupa bahwa ada anak kelas 1-5 SD, 1-2 SMP dan SMA yang lagi ketar-ketir nunggu ujian akhir semester (UAS). Kasihan loh. Mungkin lagi gemes-gemesnya sama buku mata pelajaran. Belajar ini-itu. Pinjem catatan teman buat nyalin semua materi pelajaran selama ini, dan gak ada media sosial yang memein penderitaan mereka.

Udahlah ya gpp deh. Nah berhubung Ngadem.com baik dan pengertian banget sama kamu yang bentar lagi mau UAS, nih kita ajarin cara menyontek yang baik dan benar. Diingat baik-baik ya adik-adik.

1. Punya Rencana Nyontek Sih Gak Apa-Apa Tapi Kamu Harus Tetap Belajar

Mumet ya? via google image

Sudah mempersiapkan contekan, bukan berarti kamu gak perlu belajar sama sekali loh. Ingat, meskipun rencana menyontekmu sudah dipersiapkan dengan matang bahkan sudah kamu barengi dengan puasa senin-kamis agar conteknya berhasil, kamu sebaiknya harus tetap belajar. Why? Soalnya kamu gak mungkin langsung nyontek-nyontek aja semenjak menit pertama ujian dimulai.

Meskipun kamu udah simulasi menyontek ribuan kali, saat ujian yang sesungguhnya, kamu bakalan tetap grogi. Kamu gak mungkin bisa menyontek dengan percaya dirinya. Apalagi perhatian pengawas ujian yang masih terisi penuh. Kamu gak mungkin menyontekkan? Jadi sembari menunggu waktu untuk menyontek yang tepat, kamu bisa baca dulu soal-soalnya kali aja ada yang kamu tahu. Soalnya kamu udah belajar.

2. Apa Yang Diperlukan oleh Seorang yang Akan Menyontek? Ya Betul, Buku Nikah! Kok Buku Nikah? Maksudnya Contekan. Jadi, Langkah Berikutnya Adalah Siapin Contekan!

Siapkan Contekan via boombastis.com

Kamu udah belajar dan merasa belum maksimal. Ok, inilah saatnya yang tepat buat kamu untuk menyiapkan contekan. Caranya banyak banget. Kamu pasti udah pada tahu dong? Apa, belum tahu? Ok deh, kamu bisa nyoba cara yang paling gampang. Catat semua materi yang belum kamu kuasai ke nota-nota kecil yang kamu sebar di berbagai tempat. Saku celana, saku baju, saku celana dalam, di bawah pantat, di bawah laci meja, di lem di bawah meja. Sampai yang paling kece, tulis semua materinya di tanganmu, di pahamu, di wajahmu. Eeeh yang wajah jangan. Nanti yang ada kamu diusir bahkan sebelum kamu menginjakan kakimu di pintu gerbang sekolah.

3. Pastikan Aksi Menyontekmu Tidak Ketahuan!

Kalau Dilihatin Kaya Gini Kamu Gak Akan Mungkin Bisa Nyontek via www.enersi.com

Penting nih. Kamu harus sepuluh kali lebih waspada dari siapa pun yang ada dalam kelasmu termasuk pengawas ujian. Kamu harus mempersiapkan stamina yang prima, dan mental yang tangguh. Sarapan lebih banyak dari biasanya. Minum air putih lebih banyak dari biasanya. Jangan sampai otakmu kekurangann suplai oksigen dan kamu gagal fokus. Belajarlah dari Tante Dian Sastro yang gencar jualan air mineral.

Ok, sarapan yang cukup dan stok oksigen yang cukup sepertinya akan membuat tubuhmu jauh lebih prima. Nah, mentalmu gimana nih? Udah siap belum? Kalau kamu mau intip contekan di paha aja gugupnya minta ampun, kayanya potensi ketahuan pengawas ujian akan semakin besar dan itu disaster. Jadi, cara agar memastikan tidak ketahuan saat menyontek adalah mempersiapkan stamina yang fit dan mental yang tangguh.

4. Menyonteklah Pada Menit-Menit Terakhir

Ragu-Ragu Ya via findspicture.com

Kamu mesti menganggap ini jebakan ya? Gak! Ini bukan jebakan. Pada menit-menit terakhir apalagi saat setengah dari teman kelasmu sudah pada mengumpulkan lembar jawaban ke meja pengawas ujian, saat itu daya fokus dan kewaspadaan pengawas ujian sudah mula menurun. Nah, saatnya kamu beraksi. Tapi kalau kamu masih sangat gugup untuk melakukannya, sebaiknya tahan dulu dalam beberapa menit. Baca lagi soal-soal yang belum kamu jawab. Pikirkan lagi jawaban yang mungkin dari apa yang telah kamu pelajari atau dari materi yang sekilas kamu dengar saat pelajaran di kelas.

Alasan kedua, kenapa kamu harus menyontek di menit-menit terakhir adalah, biasanya anak-anak yang tersisa di dalam ruang kelas saat menit-menit terakhir adalah anak-anak yang sama seperti kamu, belum tersisi semua lembar jawabannya. So, ada kemungkinan kalian bisa bekerja sama untuk menyontek.

Alasan ketiga menyontek di menit-menit terakhir adalah teman-teman kelasmu yang sok, belagu, dan tukang ngadu ke guru biasanya udah keluar tuh. Jadi, aksi menyontekmu terjamin aman terjaga.

5. Menyonteklah Saat Moment Darurat Tiba!

Harus Lebih Waspada dari Pengawas Ujian via rezadys97.blogspot.com

Ya, mulailah menyontek dan belum sempat menemukan catatan materi yang kamu butuhkan bel tanda ujian selesai sudah berbunyi. Ok, mau tidak mau kamu harus mengumpulkannya. Kalau gak segera kamu kumpulkan yang ada kamu akan semakin dicurigai pengawas ujian. Masih kebelet pengen nyontek? Yang lain udah pada keluar loh, dan mata pengawas ujian hanya tertuju pada kamu. Hayolah, ngintip catatan di paha aja kamu gak berani.

Ya udahlah, lagian kayanya kamu udah ngisi semua lembar jawabanmu. Kan kamu udah belajar. Soal-soal yang mudah sudah kamu selesaikan bahkan beberapa soal yang sulit juga sudah kamu kerjakan ok.

Selamat kamu berhasil tidak menyontek! Trik ini gak kece banget.

Written by Dj Wonga

Kontributor Ngadem.com - Bukan siapa-siapa tapi dari keluarga baik-baik.