Jalan-Jalanmu ke Jogja Nggak Akan Ngeluarin Banyak Biaya Kalau Pake 7 Tips Ini

Ngadem.com – Yogyakarta menjadi lebih menarik karena memiliki sejarah panjang dan beberapa tempat wisata yang beragam, mulai dari wisata sejarah, pantai, goa, sungai, pegunungan, dan masih banyak yang lainnya. Emang sih, kegiatan berlibur ke kota pelajar ini dikenal lebih murah daripada tempat-tempat wisata lainnya yang ada di Indonesia. Tapi, kalau kamu sampai salah perhitungan, maka tak ayal kamu pun bisa keblabasan dan menghabiskan banyak biaya. Nah, kalau kamu pengin berkunjung ke Yogyakarta dengan biaya yang murah dan fasilitas yang oke, maka tak ada salahnya jika kamu mencoba tips-tips berikut ini. Yuk, simak…

1. Pilihlah Sarana Transportasi yang Murah.

Stasiun Lempuyangan via kupoto.com

 

Untuk sampai ke Jogja, kamu bisa memilih moda transportasi yang murah, misalnya saja dengan menggunakan bus ataupun kereta yang harganya relatif terjangkau. Tapi kalau kamu nggak mau ribet dan pengin cepet, kamu pun bisa menggunakan pesawat sebagai alat transportasimu. Tapi ingat, biaya pesawat itu cukup mahal, Sob. Nah, untuk mengantisipasi hal itu, kamu bisa mencari info maskapai yang menyediakan paket promo yang murah. Biasanya, paket-paket promo itu sudah disediakan oleh pihak maskapai di jauh-jauh hari sebelum kamu berangkat. Oleh karena itu, kamu  harus sering-sering mantengin info yang ada dengan mengunjungi website resmi pihak maskapai tersebut. Selain itu, cobalah untuk mencari jadwal keberangkatan pesawat pada jam-jam malam. Karena biasanya lebih murah.

2. Atur Keuanganmu dengan Membuat Daftar Rincian Dana.

Atur Keuanganmu via fajar.co.id

 

Ya, kami sarankan agar kamu memisahkan anggaranmu ke dalam daftar yang sudah kamu buat sebelumnya. Misalnya saja untuk keperluan makan; membayar hotel tempat menginap; membeli tiket masuk ke tempat wisata; membeli oleh-oleh untuk sanak keluarga, dan lain sebagainya. Selain itu, bawalah uang seperlunya dalam dompet dan simpan sisanya di rekening bank yang bisa diambil sewaktu-waktu menggunakan ATM. Hal ini juga bermanfaat untuk menimbulkan rasa aman pada diri sendiri karena tak perlu mengkhawatirkan uang yang harus dibawa ke mana-mana.

3. Manfaatkanlah Temanmu yang Tinggal di Jogja.

Salah Satu Tempat Kos di Kota Jogja via aqilpropertytoday.agenproperti.com

 

Untuk meminimalisir biaya, kamu juga bisa memanfaatkan temanmu yang tinggal di Jogja sebagai tempat bermukim sementara. Ya, biasanya para pelajar Jogja menyewa sebuah pondokan atau tempat kos yang bisa kamu pakai untuk menginap. Kalaupun kamu tak punya teman yang tinggal di Jogja, kamu juga bisa memilih lokasi pondokan yang berada di pinggiran Kota Jogja. Nah, pondokan-pondokan yang ada di pinggiran Kota Jogja itu biasanya lebih murah daripada yang ada di pusat kotanya. Meskipun begitu, kamu juga harus selektif untuk memilihnya. Sebab banyak juga pondokan esek-esek yang ada di kota pelajar ini. Selain itu, kamu juga bisa menyewa sebuah losmen di kawasan obyek wisata Kaliurang. Hal ini patut kamu coba, terlebih lagi jika kamu pergi ke Jogja beserta rombongan. Dijamin deh, biayanya akan lebih murah. Apalagi kalau kamu pintar menawar.

4. Sewalah Sepeda Motor, Agar Kamu Bisa Lebih Leluasa Berpergian.

Rental Moto di Jogja via rentalmotordijogja.wordpress.com

 

Kamu udah sampai di Kota Jogja dan nggak sabar lagi untuk menikmati keindahan lokasi wisata yang ada di sini? Ya, kalau lokasi wisatanya berdekatan sih nggak masalah, karena kamu bisa mencapainya dengan berjalan kaki. Tapi kalau kamu nggak mungkin jalan kaki—misalnya saja tempat yang ingin kamu kunjungi ada di Kulon Progo dan Gunungkidul—maka kamu bisa menyewa sepeda motor agar lebih hemat daripada naik taksi atau kendaraan umum lainnya. Yap, untuk menyewa sepeda motor, kamu harus menggunakan trik tawar-menawar yang luwes, Sob. Karena kamu bisa mendapatkan harga lebih murah jika menyewa sepeda motor selama lebih dari satu hari.

5. Kalau Perutmu Mulai Lapar, Carilah Tempat yang Sudah Mencantumkan Daftar Harganya.

Angkringan Jogja via sp.beritasatu.com

 

Ini sangat penting, Sob. Karena banyak wisatawan dari luar Kota Jogja yang sering tertipu masalah harga. Hal ini dikarenakan para penjaja makanan itu tidak mencantumkan harga makanan di kedainya. Oleh karena itu, carilah warung-warung makan yang mencantumkan harga di kedainya. Selain itu, kami sarankan agar kamu mencari tempat makan yang biasanya menjadi tempat mangkal para backpacker. Karena selain murah, kamu juga bisa mendapatkan teman baru di sini. Ohya, kalau kamu pengin yang lebih murah lagi, kamu bisa menjajal kuliner Angkringan yang banyak tersedia di kota ini. Yap, kalau mau murah, kamu nggak perlu gengsi dan sok elite, Sob.

6. Pengin Cari Oleh-Oleh Buat Keluarga? Belilah di Sumbernya Langsung.

Kota Gode via Google Image

 

Ya, hal ini sangat perlu kamu coba. Selain harganya lebih murah, kamu pun bisa memilih varian oleh-oleh yang lebih beragam. Nah, misalnya saja kalau kamu pengin beli Bakpia, maka kamu bisa berkunjung ke Pathuk yang terletak di Barat Malioboro. Kalau kamu pengin beli perak, maka datanglah ke Kotagede. Dan jika kamu ingin membeli pakaian Dagadu (khas Kota Jogja), kamu bisa datang ke sebelah Baratnya Alun-Alun Utara Kota Jogja. Di sana kamu bisa membeli pernak-pernik lengkap dengan kaos Dagadu khas Kota Jogja. Tapi, kalau kamu terpaksa harus membeli oleh-oleh di Malioboro, maka kamu harus menawar dengan harga seminimal mungkin. Hal ini wajib kamu lakukan kalau kamu ingin mendapatkan harga yang lebih murah.

7. Jangan Berpergian ke Jogja Pada Musim Liburan atau Akhir Pekan.

Tugu Jogja via cantinganggun.wordpress.com

 

Selain akan mendapati kemacetan di sana-sini, kamu pun harus siap menerima kenyataan kalau segalanya menjadi lebih mahal, tak terkecuali biaya transportasi, penginapan, dan juga makanan. Selain itu, kamu mungkin tak akan bisa menikmati apapun di tengah suasana yang penuh sesak. Kunjungi Jogja di hari-hari kerja, maka kamu akan lebih hemat karena penginapan mematok harga yang lebih murah dibandingkan musim liburan. Ya, kamu harus memperhitungkan hari-hari yang tepat untuk berlibur, Sob!

Oke, 7 tips untuk berlibur ke Jogja agar lebih murah sudah kami rangkumkan buat kalian. So, segera siapkan destinasi wisata dengan mengunjungi website kami. Info-infonya bisa kamu cek di Ngadem.com. Oke?

Written by DT. Jatmiko

Kontributor Ngadem.com - Lelaki gembira asal Prambanan. Sempat mempunyai cita-cita jadi Polisi, tapi kandas di tengah jalan.