in

5 Destinasi untuk Berinteraksi Langsung dengan Satwa Liar

Ngadem.com Konsep kebun binatang apabila dilihat secara sempit memang baik, yaitu memberikan edukasi kepada masyarakat umum soal kehidupan fauna. Namun, bila dilihat dari sisi lain, kebun binatang ada layaknya penjara yang menghalangi para hewan untuk hidup di habitat aslinya. Apalagi atraksi sirkus hewan yang mulai menginjak ranah animal cruelty. Oleh karena itu, lebih baik Anda pergi ke 5 tempat ini untuk menikmati interaksi dengan satwa di habitat aslinya.

1. Nusa Penida

Nusa Penida terletak di Bali dan jadi tempat diving yang tepat kalau Anda adalah pencinta hewan laut. Di sini Anda bisa menyelam melihat keindahan bawah laut sambil memandangi Ikan Pari Manta yang besar dan anggun. Namun, tetap hati-hati karena buntut ikan pari terdapat duri yang beracun.

2. Pulau Rinca

Hewan yang tinggal di Pulau Rinca ini sedikit ekstrim jadi Anda perlu berhati-hati. Betul sekali, Pulau Rinca yang berada di Nusa Tenggara Timur ini jadi habitat dari komodo, kerbau, dan babi liar. Sungguh tepat bagi Anda yang suka adrenaline. Namun, ingat untuk tidak memisahkan diri dari pemandu.

3. Puru Kambera

Sumbawa memang salah satu tempat paling magis di Indonesia. Pesona alam liarnya yang masih asli dan jauh dari campur tangan manusia membuatnya jadi salah destinasi terindah di dunia. Selain bisa menikmati pemandangan savana, Anda juga bisa melihat kuda-kuda Sumbawa yang berlari bebas. Ini adalah pemandangan yang tidak bisa Anda temukan di kebun binatang manapun.

4. Taman Nasional Alas Purwo

Taman Nasional Alas Purwo ini menjadi habitat dari berbagai satwa liar. Panorama indah khas savana Afrika pun jadi pelengkap bagi pengalaman bertemu kawanan rusa, merak hijau, banteng, babi hutan, dan masih banyak lagi. Wajar saja karena memang Alas Purwo merupakan tempat konservasi satwa-satwa tersebut.

5. Kangaroo Island

Berbeda dengan keempat destinasi di atas, Kangaroo Island terletak di benua Australia. Pulau satu ini adalah rumah bagi satwa-satwa liar yang lucu dan menggemaskan, yaitu kanguru dan singa laut. Jangan tertipu dengan namanya, karena singa laut sejatinya cukup ramah asalkan Anda tidak membuatnya waspada. Mereka tidak akan ragu untuk mendatangi para penyelam dan wisatawan yang berkunjung ke Kangaroo Island. Untuk mencapai Kangaroo Island Anda hanya perlu menggunakan Singapore Airlines dengan tujuan Adelaide, lalu melanjutkan perjalanan dengan menggunakan speed boat.

Itulah lima tempat yang paling tepat untuk bisa bertemu dengan satwa liar. Jadi, kalau Anda memang peduli dengan kode etik hewan, pasti akan memilih destinasi di atas ketimbang kebun binatang.