in ,

Karena Free Diving Nggak Segampang Kelihatannya, 5 Hal Ini Wajib Banget Kamu Perhatikan

Freediving via www.infobacan.com

Ngadem.com – Alhamdulillah ya Genks, kami masih diberi kesempatan untuk menyapa kalian. Oke, kali ini kami akan membeberkan tips-tips keren mengenai free diving. Udah pada tahu kan apa itu free diving? Itu lho, kegiatan menyelam yang hanya menggunakan peralatan dasar seperti: masker, kacamata renang, dan kaki katak (fins). Kegiatan ini dilakukan tanpa menggunakan bantuan oksigen lho, Genks! Hebat banget, kan?

Nah, kira-kira kamu mau gak nyobain kegiatan ini? Pasti seru banget, deh. Tapi, perlu diingat kembali, bahwa kegiatan ini cukup berbahaya dan hanya diperuntukkan bagi mereka yang udah paham tentang seluk-beluknya. Saat menyelam dengan cara free diving, penyelam hanya mengandalkan kemampuan bernapas yang mumpuni sebelum akhirnya menceburkan diri ke laut lepas. Oleh karena itu, kamu harus memperhatikan kiat-kiat berikut ini jika ingin melakukan kegiatan free diving! Yuk, simak…

1. Cari Informasi yang Terpercaya Tentang Free Diving

Dalam kegiatan apapun, meriset terlebih dahulu sebelum melakukan kegiatan tersebut adalah hal yang paling penting. Buat kamu yang masih pemula dan belum tahu apa-apa, sebaiknya kamu mencari tahu terlebih dahulu informasi tentang olahraga selam yang tak menggunakan peralatan udara ini. Selain itu, ada berbagai referensi tentang free diving dalam bentuk buku yang bisa dibaca, misalnya saja buku yang berjudul “Manual of Free Dive” karangan Umberto Pelizzari. Lebih baik kamu baca dulu deh sebelum melakukan kegiatan ini.

2. Tetap Tenang Saat Menyelam

Sebelum mencoba kegiatan tersebut, pastikan kalau kamu sudah menguasai teknik-teknik dasar dan terbiasa tenang saat berenang. Soalnya, kegiatan ini sangat tidak disarankan buat kamu yang sering mengalami kram ketika berenang. Apalagi kalau kamu adalah tipe orang yang mudah panik, hal itu akan membahayakan dirimu sendiri. Singkatnya, ketenangan saat berenang akan membuat dirimu rileks saat mencoba free diving. Kepanikan hanya akan menyebabkan hal yang berbahaya. Dan pastinya, hal tersebut tidak akan terjadi jika kamu tetap rileks saat berada di dalam air.

3. Ikuti Program Sertifikasi/ Pelatihan

Selain sertifikasi untuk kegiatan scuba diving (berenang dengan menggunakan tabung oksigen), ternyata ada juga program lain yang ditawarkan oleh sekolah-sekolah menyelam. Salah satunya adalah free diving. Sertifikasi tersebut bisa kamu peroleh di sekolah-sekolah free diving yang ada di Indonesia, seperti halnya di Tulamben – Bali, atau masih banyak yang lainnya—kamu bisa mencarinya sendiri di internet. Ya, saat mengambil sertifikasi tersebut, secara otomatis kamu akan diajarkan teknik-teknik free diving yang baik dan benar.

4. Jangan pernah menyelam sendiri

Seperti halnya scuba diving, untuk melakukan free diving juga ditekankan untuk tidak menyelam sendirian. Mintalah agar ditemani oleh seorang teman penyelam, atau yang dikenal dengan istilah dive buddy saat melakukan free diving. Dan, pastikan kalau dive buddy yang menemanimu saat itu, juga memiliki sertifikasi agar bisa mengantisipasi kejadian yang tak diinginkan. Tentunya kamu juga tak mau kan kalau hal-hal buruk sampai terjadi padamu?

5. Pakailah Perlengkapan yang Memadai

Ketika melakukan kegiatan free diving, kamu harus memastikan terlebih dahulu bahwa tempat yang kamu pilih itu benar-benar aman dan terjamin. Soalnya, ketika kamu melakukan kegiatan tersebut, kamu tidak akan menggunakan peralatan untuk bernapas (tabung oksigen). Salah satu perlengkapan yang harus kamu pakai adalah masker dengan spesikasi low volume. Dengan menggunakan masker tersebut, kamu bisa lebih efisien dalam menyesuaikan tekanan air. Sebab, semakin dalam kamu berenang, maka tekanannya pun akan semakin tinggi. Selain itu, kaki katak dengan spesifikasi long fins juga akan membantumu untuk pergerakan di dalam air. Maka, pakailah perlengkapan tersebut untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan.

Oke Genks, itulah kelima hal yang harus kamu perhatikan jika ingin melakukan kegiatan free diving. Semoga bermanfaat! ;)

Written by DT. Jatmiko

Kontributor Ngadem.com - Lelaki gembira asal Prambanan. Sempat mempunyai cita-cita jadi Polisi, tapi kandas di tengah jalan.