in ,

Satu Lagi Tempat Jeguran Asik di Malang: Pemandian Kalireco

Ngadem.com – Saat beban masalah yang menindih begitu berat, sampai-sampai untuk melangkahpun tak kuat, sontak kita langsung mengutuk keadaan, menganggap hidup begitu tak adil dan kejam. Masalah demi masalah terus mengantam tanpa ampun. Selain berserah diri pada Tuhan, kita hanya bisa menangis dan lagi-lagi mengutuk keadaan. Kata orang, hidup tanpa masalah itu bagai sayur tanpa garam. Tapi, jika masalah yang menindih kita sudah diambang batas normal, apa masalah tersebut masih bisa disebut bumbu yang bisa membuat sayuran menjadi enak dan lezat? Ah, lupakan. Ini hanya omongan ngelantur, omongan orang yang kurang tidur.

Bicara soal masalah, kadang masalah itu bisa lebih sederhana kalau saja kita bisa lebih ikhlas menerimanya. Ya, meski susah, tapi begitulah kuncinya. Cobalah untuk lebih bisa menikmati hidup. Kalau kata D’Masiv: “Syukuri apa yang ada, hidup adalah anugrah…”.

Jika kamu masih mengalami kesusahan untuk ikhlas, jika kamu masih merasa kesulitan untuk bersyukur, bagaimana kalau kita traveling saja? Traveling tak harus ke tempat-tempat mahal, di Indonesia, ada banyak wisata murah bahkan gratis yang bisa kamu jadikan destinasi untuk kedamaian diri. Malang, salah satunya. Ah, Malang memang mengagumkan

Nama tempatnya adalah Mata Air Kalireco. Mata air ini berada di Sumber Waras, Lawang, Malang. Kalireco sebenarnya bukan merupakan obyek wiasta, karena belum diresmikan oleh Dinas Pariwisata setempat. Kalireco hanya sebuah pemandian dan irigasi yang dimanfaatkan oleh warga setempat. Karena keasrian dan keeksotisan tempatnya, kini para traveler mulai berbondong-bondong berkunjung ke tempat ini. Untuk apa? Ya, tentunya untuk mandi, untuk menyegarkan diri, untuk mendamaikan diri.

Kalireco sumber waras. Foto dari @bendottetapsemangat

Yang menarik di Pemandian Kalireco

Mata air Kalireco menyuguhkan pesona wisata air yang asri nan menyegarkan. Warnanya airnya yang jernih dan rimbunannya pepohonan sekitar seolah menjadi daya tarik tersendiri bagi obyek wisata yang satu ini. Hawanya yang sejuk dipadu sepoy angin yang mengelus pelan seluruh badan menjadi semacam bius keletihan, terlebih untuk kamu yang memang sedang membutuhkan kedamaian.

Malang, memang terkenal memiliki pesona wisata yang keindahannya mampu membuat siapa saja betah untuk berlama-lama tinggal di dalamnya. Meski Pemandian Kalireco ini masih sangat baru dan bahkan belum diresmikan oleh Dinas Pariwisata setempat, namun keindahannya bisa juga disejajarkan dengan wisata-wisata Malang lainnya yang sudah lebih dulu populer.

Harga tiket Pemandian Kalireco

Untuk bisa menikmati kesegaran air di Kalireco, kamu tidak dipungut biaya sepserpun, alias gratis. Namun kamu bisa menyumbang seiklasnya untuk membantu perkembangan obyek wisata ini. Karena masih banyak banget fasilitas yang belum memadai di sini.  Perlu diingat, jangan lupa bawa baju ganti jika kamu ingin mandi. Jangan lupa bawa minuman juga makanan ringan untuk antisipasi jika kamu kelaparan dan kehausan.

Akses dan rute menuju Pemandian Kalireco

Akses menuju lokasi bisa dibilang kurang baik. beberpa kilometer sebelum sampai lokasi, kamu akan dibawa melewati jalanan yang berbatu. Saat musim hujan, jalanan tersebut menjadi mengkhawatirkan karena licin dan becek. Papan penunjuk arah pun masih minim, jadi untuk rutenya, biar nggak kesasar mending sering-seringlah bertanya pada orang. Atau kamu bisa menggunakan Google Map.


Baca Juga:

Hai Food Hunter! Udah Nyoba 7 Kuliner Hits dan Unik di Malang Ini?

Guys, 5 Cafe Ini Lagi Hits Banget di Malang

7 Wisata Air di Malang Ini Siap Memuaskan Hasrat Liburanmu!

6 Tempat Wisata Malang Ini Recommended Banget Buat Jomblo

10 Cemilan Hits dan Yummy di Malang yang Bisa Delivery Order

8 Tempat Wisata Baru di Malang yang Lagi Hits

10 Tempat Wisata Hits Nan Kece di Kota Batu


Pemandian Kalireco, spot wisata air terbaik di Malang untuk kamu yang merindukan kedamaian. Lenyapkan segala beban masalahmu. Bersenang-senanglah. Yang penting tetap jaga kebersihan dan kelestarian alam sekitar. Semoga harimu menyenangkan. Selamat berburu kedamaian.

(Foto featured dari @rofi26)

Written by Amie Uliel

Kontributor Ngadem.com - Wanita yang menyukai apa pun saja tentang travel dan buku-buku roman.