Weekend Tapi Bokek? So What? Selamatkan Weekend-mu Dengan Tips Berikut!

Ngadem.com Weekend menjadi waktu yang ditunggu-tunggu bagi banyak orang. Terlebih lagi bagi anak kost yang tengah dihadapkan pada segudang pekerjaan atau diburu tugas-tugas sekolah yang memusingkan. Bagi sejumlah orang, weekend menjadi kesempatan untuk melepas penat, menumpahkan segala kejenuhan, meregangkan otot-otot yang tegang, dan menyegarkan kembali badan maupun pikiran yang ditindih kepenatan.

Nah, apa jadinya bila di saat weekend atau akhir pekan, kondisi keuangan sedang dilanda krisis parah dan mengkhawatirkan alias bokek? Sementara kiriman bulanan atau gajian belum juga turun. Kamu yang sedang ingin terlepas dari stress malah seolah semakin dibuat stress karena kondisi keuangan yang mengenaskan.

Kemudian kamu merasa seolah menjadi manusia yang paling menyedihkan di muka bumi dan rasanya ingin segera pergi dari dunia yang fana ini.  Pliissss, jangan sok merasa menjadi manusia paling menderita hanya karena keuangan lagi tipis-tipisnya.  Hei, ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk menghabiskan akhir pekan dengan penuh kegembiraan tanpa harus mengelurakan banyak uang.

Percaya deh. Mau tau caranya? Nih, Ngadem.com kasih tips buat kamu yang ingin weekend-an tanpa harus mengeluarkan banyak uang.

Pertama, Main Ke Rumah Temen Yang Lokasinya Dekat Spot-spot Menarik.

Ajak keluar temanmu via kdkels01.wordpress.com
Ajak keluar temanmu via kdkels01.wordpress.com

Tips pertama buat kamu yang tengah merasa menderita karena tak ada uang diakhir pekan padahal ingin liburan, yaitu dengan mengunjungi salah satu rumah teman kamu yang lokasinya dekat dengan spot-spot menarik, misalnya pantai, taman kota, atau daerah pesawahan. Jika kamu tak ada kendaraan atau tak memiliki uang untuk membeli bensin meski hanya seliter, rayulah temanmu dengan rayuan paling manis agar mau menjemputmu di kost. Jangan gengsi dan jangan malu! Disaat-saat krisis, singkirkan jauh-jauh rasa gengsi, anggaplah gengsi tersebut sebagai musuh yang wajib sekali dibasmi. Bukan maksud untuk tak tahu diri, tapi hal tersebut adalah upaya agar kamu bisa mempertahankan hidup kamu dari serangan strees yang mungkin saja bisa membuatmu mati. Toh, cuma sesekali. Hihi…

Setelah temanmu termakan rayuan manismu dan mau menjemputmu, itu tandanya kamu terselamatkan dari akhir pekan yang mengkhawatirkan.  Selamat liburan gratisan.

Kedua, Membaca Buku, Menonton Film, Mendengarkan Musik Dan Stalkingin Mantan.

Cobalah untuk membaca buku via www.huffingtonpost.com
Cobalah untuk membaca buku via www.huffingtonpost.com

Tips Kedua adalah: (1) Membaca buku, dengan membaca buku kamu bisa sedikit melupakan sejenak ke-ngenes-an kamu yang lagi nggak punya uang. Membaca buku-buku mampu meningkatkan moodbaster  yang lagi enggak banget. Membaca buku juga bisa mengajakmu jalan-jalan tanpa harus pusing memikirkan biaya tetek bengek yang segudang itu. (2) Menonton Film. Buka leptopmu, dan mulailah menonton Film,  tak beda jauh dengan membaca buku, menonton film-film juga mampu membuat mood-mu membaik dan melupakan sejenak kegundahanmu yang sedang tak ada dana. Tontonlah film-film yang memiliki lokasi-lokasi eksotis di dunia, dengan begitu keinginanmu untuk belibur bisa sedikit terobati. (3) Mendengarkan musik. Tak bisa dipungkiri, bahwa mendengarkan musik merupakan aktifitas menggembirakan dan tentu saja mampu memberi energi positif buat kamu yang tengah kehilangan gairah karena tak punya uang. Musik menjadi semacam magic yang dapat menarik kamu dari hal-hal yang menggelisahkan. (4) Stalking-in mantan. Beberapa orang menyebut aktivitas stalking-in mantan ini adalah kegiatan mengasikan selain membaca buku,  menonton film, dan mendengarkan musik. Ada hal-hal yang bisa membuatmu tertawa tanpa tahu apa alasannya. Btw, buat yang udah pacaran, stalking-in mantan pacar dari pacar kita juga aktifitas mengasikan lho, kayak ada seru-serunya gitu. Hehe..

Nah, dari keempat aktifitas yang udah diterangin diatas, hal termenariknya adalah kamu bisa menikmatinya secara cuma-cuma alias gratis!

Ketiga, Menikmati Sore di Lantai Atas Gedung-gedung Bertingkat.

Sensai Menikmati Sore di Atas Gedung via ngm.nationalgeographic.com
Sensai Menikmati Sore di Atas Gedung via ngm.nationalgeographic.com

Kamu strees dan kamu diem aja di kost pas akhir pekan cuma gara-gara gak punya uang? Aduhh, kasian. Jangan jadi stuck gitu dong. Ayok move on! Caranya adalah: kamu bisa pergi ke lantai atas gedung-gedung tinggi pas sore hari, bisa gedung sekolah atau  gedung-gedung yang dekat dengan area kostmu. Tak harus menggunakan motor atau kendaraan lainnya yang mengharuskan mengeluarkan uang, kamu cukup bejalan kaki atau bersepeda untuk bisa sampai lokasi, itung-itung olahraga. Hehe..

Untuk apa  sore-sore ke lantai atas? Bunuh diri? Ya ampun, jelas bukan lah, ngawur.  Dengan kamu pergi ke lantai atas gedung pas sore-sore, setidaknya kamu bisa menikmati sunset eksotis gratis. Sensasi  saat sang surya pelan-pelan tenggelam itu mampu membius stress kamu, terlebih kamu tak perlu mengeluarkan banyak uang untuk menikmati keindahan tersebut. So, apa salahnya mencoba, kan? Inget! Jangan sampai khilaf terus bunuh diri lho ya. Bunuh diri itu dosa!

Keemapat, Mengikuti berbagai Macam Perlombaan.

Tips Weekend Tapi Bokek 3
Jangan galau terus deh via www.alarabiya.net

Untuk menyelamatkan akhir pekanmu dari situasi tak punya uang karena gajian atau uang bulanan belum juga nempel di tangan, kamu bisa antisipasi dari jauh-jauh hari dengan mengikuti berbagai macam perlombaan, seperti lomba jalan sehat, bernyanyi. main musik, memasak. menulis, potography, dan lomba-lomba lainnya yang sekiranya kamu kuasi. Hadiah dari lomba-lomba yang demikian itu bisa kamu alokasikan untuk kehidupan kamu dimasa mendatang saat kamu benar-benar sedang kepepet tak punya uang. Boleh sekali ini dicoba.

Kelima, Pinjam Uang Temen Yang Sekira Dompetnya Masih Terlihat Tebal.

Jangan malu pinjem uang temen via www.dpforwhatsapp.xyz
Jangan malu pinjem uang temen via www.dpforwhatsapp.xyz

Tips terkahir adalah; cobalah untuk meminjam uang teman yang sekira dompetnya masih terlihat tebal. Untuk hal yang satu ini, kamu benar-benar harus menutup urat malu kamu. Untuk mensejahterakan hidup kamu, ya mau tak mau kamu harus melakukan itu untuk sementara waktu. Sebagai orang yang sedang mencari pinjaman, tentunya kamu tak boleh berkata sembarangan ataupun bersikap arogan. Jadilah anak manis nan lembut agar mendapat simpati teman yang uangnya akan kamu pinjam. Berilah keyakinan padanya bahwa uang yang kamu pinjam akan lekas dikembalikan. Bila kamu sudah mendapat pinjaman, itu tandanya weekend kamu terselamatkan dari serangan kejenuhan weekend tak punya uang. Hehe..

Demikianlah tips-tips dari Ngadem.com buat kamu yang lagi stress dan ngebet ingin liburan tapi nggak punya uang. Gimana? Tertarik untu mencoba? Atau kamu punya tips lain? Yuk, share di kolom komentar.

NB:

Uang tak selamanya menjadi hambatan, kawan. Buat kamu yang lagi stress, banyak hal yang bisa kamu lakukan meski kamu tak ada uang di akhir pekan. Jangan pernah merasa paling menderita hanya karena akhir pekanmu dilalui dengan tak memegang uang.  Seperti yang sudah disebutkan di atas, liburan tanpa perlu mengeluarkan banyak uang toh bisa tetap kamu lakukan. Hapuslah air mata. Tetaplah gembira. Tetaplah bahagia. Salam cinta.

Written by Amie Uliel

CEO Ngadem.com – Wanita asal Brebes yang menyukai apa pun saja tentang travel dan buku-buku roman. Kini sedang kurang khusyuk kuliah di Fakultas Bahasa dan Seni UNY 2011.