in ,

Icip-Icip Es Krim Liquid Nitrogen di Kedai Zara Zara, Jogja

Ngadem.com – Inovasi dalam dunia kuliner terus bermunculan, salah satunya es krim. Siapa sich yang nggak suka es krim? Dari anak-anak sampai orang dewasa pasti menyukainya. Apalagi jika dinikmati saat cuaca panas. Duhh!

Es krim biasanya dibuat dari bahan-bahan dasar berupa susu atau buah-buahan. Semuanya dicampur lalu didinginkan dalam lemari es atau freezer. Butuh waktu lama untuk membuat adonan menjadi es krim. Tapi, seiring berkembangnya jaman kini ada teknik membekukan es krim dengan nitrogen cair. Dengan teknik ini, bisa dibuat hanya dalam hitungan menit. Di Indonesia sendiri, ada banyak kedai es krim yang menggunakan teknik tersebut, salah satunya di Yogyakarta. Adalah Kedai Ice Cream Zara Zara yang bisa kamu kunjungi kalau ingin menikmati es krim nitrogen ini.

Munculnya ide membuat es krim nitrogen ini berawal dari kegemaran sang owner dalam menyantap es krim. Setelah melalui berbagai experimen, akhirnya pada tahun 2013, ia menemukan cara baru untuk membuat es krim.

zarazara-nitrogen-ice-cream
Foto dari @muklas400

Di kedai Zara Zara, es krim disajikan dengan menggunakan nitrogen cair. Walau menggunakan nitrogen, kamu nggak usah takut keracunan, karena menurut pakar kimia dan kuliner kandungan ini aman untuk dijadikan zat pendingin dalam es krim. Nitrogen cair lazim digunakan gastronomi molekuler yaitu teknik memasak yang menggabungkan unsur fisika dan kimia. Nitrogen cair tidak memiliki rasa, tidak memiliki warna, tidak berbau dan tidak beracun, sehingga aman dalam pengolahan makanan. Selain itu, nitrogen cair juga tidak akan memengaruhi kualitas makanan.

Nah, dalam pembuatan es krim, senyawa ini berfungsi membekukan adonan secara instan sekaligus menggantikan fungsi telur dan zat pengental. Nitrogen cair membuat es krim lebih padat dan lembut karena kristal air yang dihasilkan lebih kecil dibandingkan dengan pembuatan biasa. Es krim juga lebih segar karena waktu pembekuan lebih cepat.


Baca Juga:

Ngopi Asyik di Kedai Kopi Menoreh Pak Rohmat, Kulon Progo

7 Tempat Ngopi Sore di Jogja Buat Kamu Pengagum Senja

Hai Pokemon Trainer, Jogja Punya Martabak Pokemon Nih!

5 Dessert Lezat dan Unik Ini Lagi Hits Banget di Jogja. Ayo Tag Teman Kulinermu!

Kamu yang Lagi Traveling ke Jogja, Mampir Deh ke 7 Kafe Unik Ini


Seluruh es krim dibuat tanpa bahan pengawet zat penambah rasa dan warna buatan sehingga aman dikonsumsi. Rasa es krim yang legit,  proses pembuaannya yang atraktif dan menu-menunya yang bervariatif membuat kedai es krim Zara zara ini selalu ramai pengunjung. Kedai Zara Zara sendiri terletak di jln Ringroad Utara dengan jam buka pukul 11 siang sampai 11 malam. Untuk masalah harga cukup terjangkau dan masih aman di kantong anak kos. Selain itu, tempatnya instagramble dan asik banget buat kongkow-kongkow.

Yuk ah ke Zara-Zara!

(Foto featured dari @kautsarintan)

Written by Amie Uliel

Kontributor Ngadem.com - Wanita yang menyukai apa pun saja tentang travel dan buku-buku roman.