in ,

Nyari Tempat Ngadem yang Kongkowable di Jawa Tengah? Coba Cek Waduk Kedung Ombo

Ngadem.com – Waduk Kedung Ombo, tempat wisata yang lagi hits banget di kalangan anak muda Jawa Tengah, khususnya bagi mereka yang sedang dihujani bunga-bunga asmara. Waduk yang memiliki luas 6.576 ini menempati 3 kabupaten sekaligus, yaitu: Kabupaten Boyolali, Kabupaten Sragen dan Kabupaten Grobogan.  Lokasinya yang asik membuat Waduk Kedung Ombo kerap dijadikan spot nyunset atau menikmati senja.

Waduk Kedung Ombo dibangun di titik pertemuan Sungai Serang dan Sungai Uter, tepatnya di di Dukuh Kedungombo, Dsa. Ngrambat, Kec. Geyer, Kab. Grobogan. Dulu, saat akan dibangunnya Waduk Kedung Ombo pada 1989 terjadi perseteruan antara pemerintah dan masyarakat setempat karena dianggap biaya ganti ruginya sangat kecil.

Pada 14 Januari 1989 Waduk mulai dialiri yang akhirya menenggelamkan 37 desa, 7 kecamatan di 3 kabupaten, yaitu Sragen, Boyolali, Grobogan. Sebanyak 5268 keluarga kehilangan tanahnya akibat pembangunan waduk ini. Dan, diresmikan oleh Presiden Soeharto, tanggal 18 Mei 1991. – wikipedia

Namun, di luar kasus tersebut, waduk ini bermanfaat sekali untuk irigasi ladang persawahan masyarakat setempat. Selain sebagai sarana irigasi, waduk Kedung Ombo juga bermanfaat sebagai penyedia air baku, peredam banjir, pembangkit listrik tenaga air, budidaya ikan, pemancingan dan tentunya sebagai objek pariwisata yang kongkowable abis. Dari 3 kabupaten yang mengelilingi waduk ini, spot Waduk Kedung Ombo yang paling sering disinggahi yaitu spot yang berada di Dsa. Kedung Ombo, Kec. Geyer, Kab. Grobogan.


Baca Juga

Kenapa Kamu Harus ke Boyolali? 10 Tempat Wisata Hits Ini Akan Menjawabnya

Yuk Main Air di Kedung Goro, Boyolali

Yuk Intip 8 Tempat Wisata Andalan di Sukoharjo


Hal menarik di Waduk Kedung Ombo

Waduk Kedung Ombo menawarkan panorama alam yang hijau nan mengasikan. Tempatnya yang dipenuhi pepohonan rindang membuat waduk Kedung Ombo sangat mendamaikan. Saat senja tiba, tempat ini akan berubah menjadi tempat yang sungguh romantis. Selain kongkowable, waduk Kedung Ombo saat sore hari juga instagramable abis. Bisalah untuk menambah koleksi foto selfiemu di media sosial.

Harga tiket masuk Waduk Kedung Ombo

Harga tiket untuk memasuki kawasan  Waduk Kedung Ombo ini sebesar Rp5.000/orang. Harga yang cukup ekonomis bila dibandingkan dengan landscape-nya yang menawan dan fasilitas yang didapatkan.

Fasilitas yang ada di Obyek Wisata Kedung Ombo

Fsilitas di sini cukup lengkap, beberapa diantaranya seperti:  Spot untuk memancing buat kamu yang suka memancing, perahu motor bagi pengunjung yang ingin mengeliling waduk, warung-warung yang menjajajkan cemilan ringan, tempat duduk untuk bersantai, toliet dan area parkir yang luas.

Rute menuju Waduk Kedung Ombo

Jika kamu start dari Solo, kamu bisa melalui jalur yang menunjukan ke arah Kalioso, lanjutkan perjalananmu sampai tiba di daerah Gemolong, lalu lanjut ke daerah Sumberlawang sampai akhirnya tiba di daerah Geyer, sesampainya di Gayer dalam hitungan menit kamu sudah bisa memasuki kawasan Waduk Kedung Ombo. Buat kamu yang start dari Boyolali, ambilan rute menuju  Kalioso, lalu Gemolong, setelah itu Sumberlawang sampai kemudian tiba di daerah Geyer. Sesampainya di Gayer, itu tandanya kamu sudah dekat dengan Waduk Kedung Ombo.

Nah, buat kamu start dari Yogyakarta, ambilah rute menuju Solo, kemudian Kalioso, dari Kalioso ke Gemolong, selanjutnya  Sumberlawang  dan Geyer. Setelah itu, tibalah kamu di Waduk Kedung Ombo.

sunset di kedung ombo foto dari @ulan_wdr

Alam yang indah adalah alam yang tidak dikotori dengan sampah-sampah. Maka, yang semstinya kamu lakukan adalah tetap menjaga kebersihan dan jangan buang sampah sembarangan. Dengan tempat yang bersih tentunya akan memberikan kenyamanan. Pemandangan yang bersih dari sampah-sampah yang berserakan tentu juga akan memberikan kindahan pada hasil jepretan fotomu -yang nantinya akan kamu share di media sosial.

Meski  tempat ini kongkowable abis, tapi bukan berarti kamu bisa bertingkah semena-mena di tempat ini, seperti merusak atau mencoret-coret tembok yang ada di Waduk Kedung Ombo. Duduk cantiklah menikmati senja. Refreshkan tubuh dan jiwamu yang dipenuhi banyak kegalauan itu. jika ingin foto-foto, lakukanlah dengan wajar. Jika membawa cemilan, jangan buang sampah di tempat sembarangan. Jadilah wisatawan yang bijak dan mengagumkan.

(Foto featured dari  @febriyan_8)

Written by Amie Uliel

Kontributor Ngadem.com - Wanita yang menyukai apa pun saja tentang travel dan buku-buku roman.