in

Rilis 15 Agustus 2019! Berikut 6 Fakta Film Bumi Manusia Lengkap dengan Trailernya

foto dari @falconfictures

Ngadem.com Pramudya Ananta Tour, seorang sastrawan dan juga novelis legendaris yang melahirkan banyak karya fenomenal. Salah satunya yaitu novel Bumi Manusia. Sejak dua tahun lalu, novel ini ramai diperbincangkan, pasalnya novel Bumi Manusia ini diangkat ke layar lebar yang akan tanyang 15 Agustus 2019 mendatang. Ada banyak fakta menarik mengenai film Bumi Manusia ini.

Nah, buat kamu yang sudah tidak sebar ingin menyaksikan fim Bumi Manusia di bioskop bulan Agustus mendatang, sebaiknya kamu baca nih dulu 6 fakta film Bumi Manusia berikut ini.

1. Tokoh Minke Diperankan oleh Si Ganteng Iqbaal Ramadhan

fakta film bumi manusia
foto dari @falconfictures

Bagi yang sudah khatam membaca novel Bumi Manusia, tentunya sudah tak asing lagi dengan tokoh Minke. Tokoh ini menjadi tokoh utama dalam novel tersebut yang menuai decak kagum bagi para pembacanya. Nan, yang dipercaya untuk memerankan tokoh Minke dalam film Bumi Manusia ini yaitu si ganteng Iqbaal Ramadhan yang sebelumnnya sukses memerankan tokoh Dilan.

Dipilihnya Iqbaal Ramadhan sebagai tokoh Minke sempat menuai protes nitizen yang mengatakan: Iqbaal terlalu muda untuk memerankan tokoh Minke, dan katanya kualitas acting Iqbaal juga masih diragukan untuk tokoh Minke.

Menurut kamu, apakah Iqbaal akan berhasil memerankan tokoh Minke dalam film Bumi Manusia? Kita tunggu saja tanggal 15 Agustus 2019 nanti ya.

2. Diproduseri oleh Falcon dan Disutradari Hanung Bramantyo

bumi manusia
foto dari @falconfictures

Falcon dan keluarga Pramudya Ananta Toer mempercayakan Hanung Bramantyo sebagai sutradara untuk film Bumi Manusia. Beberapa tahun lalu, Hanung sempat ditolak oleh keluarga Pram saat mengajukan ingin mengangkat novel tersebut ke layar lebar. Hingga tahun 2018 lalu, dia pun dipercaya untuk menjadi menyutradarai film yang diadaptasi dari novel fenomenal tersebut.

3. 60% Pemainnya orang Belanda

fakta film bumi manusia
foto dari @faclonfictures

Bumi Manusia ini mengisahkan kehidupan Indonesia di masa dulu saat menjamurnya warga Belanda yang tinggal di Indonesia. Maka, tak heran bila film ini, 60% pemainnya merupakan warga Belanda agar lebih mendalami karakter dan tentunya agar lebih totalitas. Bahkan, Hanung dan tim langsung meluncur ke negeri Kincir Angin tersebut untuk melakukan casting tokoh orang-orang Belanda tersebut

Selain warga Belanda, tokohnya dalam film Bumi Mansuia juga dibintangi oleh sejumlah artis Indonesia, Iqbaal sebagai Minke, Sha Ine Febriyanti sebagai Nyi Ontosoroh, Eva De Jhong sebagai Annelies, Ayu Laksmi sebagai ibunda Minke, Doni Damara sebagai ayahnda Minke, dan beberapa artis Indonsia lainnya.

Baca juga: 

Hai FilmMaker, 5 Cerpen Sastra Ini #Ntap! Juga Lho Kalau Kamu Angkat ke Film
Cuma Duduk Sambil Ngemil Doank, Kamu Udah Bisa Jalan-Jalan Guys. Tonton Aja 12 Film Travel Ini
4 Strategi Kencan Paling Ciamik Ala Tom & Summer di Film 500 Days Of Summer

4. Berdurasi 3 Jam

bumi manusia
foto dari @falconfictures

Kabarnya, film Bumi Manusia ini berdurasi 3 jam. Hal tersebut sangat wajar mengingat ketebalan novel Bumi Manusia sendiri mencapai 500 halaman. Meski berdurasi 3 jam, namun Hanung menyebutkan bahwa ada 5 adegan dalam novel yang di-cut.

Semakin penasaran banget ya dengan filmnya, semoga saja tidak mengecewakan, mengingat novelnya begitu legendaris dan fenomenal.

5. Sempat ditawar oleh Sutradara Luar Negeri

film bumi manusia
foto dari @falconfictures

Kabarnya, novel Bumi Manusia sempat ditawar oleh sutradara asal Amerika untuk difilmkan dengan harga yang lumayan fantastis. Namun, keluarga Pramudya Ananta Toer menolak karena ingin ada orang Indonesia yang turut serta untuk menggarap novel tersebut ke layar lebar.

Sebelumnya, sempat tersiar kabar juga bahwa yang akan menyutradari film Bumi Manusia adalah Riri Riza dan Garin Nugroho, hingga akhirnya Hanung Bramatyo yang dipercaya untuk menyutradari film tersebut.

6. Tayang 15 Agustus 2019

film bumi manusia
foto dari @falconfictures

Sebelumnya sudah disebutkan, bahwa film Bumi Manusia ini akan tayang pada tanggal 15 Agustus 2019 mendatang di bioskop. Perilisan film ini berbarengan dengan film yang juga diadaptasi dari novel karya Pramudya Anantra Toer yang berjudul “Perburuan”.

Penasaran dengan film keduanya apakah sama dengan novelnya atau tidak? Makanya, pastikan kamu beli tiket film Bumi Manusia dan tiket film Perburuan ya. Untuk bisa mendapatkan tiketnya, kamu bisa membelinya secara online maupun offline.

Yuk kita dukung terus industry perfilam-an Indonesia. Selamat menonton tanggal 15 Agustus 2019 mendatang ya…

(Foto featured dari @falconfictures)

Written by Amie Uliel

Kontributor Ngadem.com - Wanita yang menyukai apa pun saja tentang travel dan buku-buku roman.