in

Dear Pemburu Takjil, Berikut Rekomendasi 5 Tempat Berburu Takjil Gratis di Jakarta

Ngadem.com Berburu takjil gratis di Jakarta di bulan ramadhan. Ya, menyantap menu takjil saat berbuka puasa menjadi semacam tradisi warga muslim Indonesia selama bulan Ramadhan. Takjil sendiri merupakan istilah dari Bahasa Arab yang artinya santapan ringan untuk membatalkan puasa. Takjil umumnya identik dengan yang manis-manis, kurma misalnya. Di bulan Ramadhan ini, kita akan dengan mudah menemukan para pedagang takjil, bahkan ada pasar khusus yang memang menjajakan menu takjil selama bulan Ramadhan, salah satunya di Jakarta.

Ya, ditengah keramaian kendaraan yang lalu Lalang memadati jalanan Jakarta, di sejumlah titik bisa kita temukan para pedagang yang menjajakan beragam menu takjil untuk berbuka puasa. Harganya pun yang dibandrol tergolong murah, bahkan beberapa ada yang menawarkannya secara Cuma-Cuma alias gratis. Nah, buat kamu yang sedang mencari tempat berburu takjil gratis di Jakarta, coba deh ke 5 tempat berikut ini.

1. Masjid Istiqlal

masjid istiqlal
foto dari @arizki_kunae

Masjid Istiqlal berada di Jl. Taman Wijaya Kusuma, Pasar Baru, Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, DI. Jakarta. Masjid Istiqlal ini salah satu rekomendasi tempat beburu takjil gratis di Jakarta. Sekitar 3000 ribu porsi takjil disediakan di masjid ini, bahkan di akhir pekan jumlah takjil ditambah hingga 500o porsi. Buat kamu yang berada di Jakarta Pusat dan sedang mencari tempat berbuka puasa gratis, bisa langsung meluncur ke masjid Istiqlal.

2. Masjid Agung Sunda Kelapa

masjid agung sunda kelapa
foto dari @lalamotret

Masih di kawasn Jakarta Pusat, selain masjid Istiqlal, ada Masjid Agung Sunda Kelapa yang juga menawarkan menu takjil gratis untuk berbuka puasa. Masjid ini berada sekitar 6 kilo meter dari Kawasan masjid Istiqlal, tepatnya di Jl. Taman Sunda Kelapa, Menteng, Kota Jakarta Pusat, DI. Jakarta. Masjib Sunda Kelapa menyediakan sekitar 1000 takjil gratis berupa nasi box.

Baca juga:

Taman Ismail Marzuki (TIM): Wisata Seni dan Budaya di Jakarta
Pesona Kepulauan Seribu dan Hal-hal Menarik yang ada di Dalamnya. Wow dan Epik Banget!
6 Roof Top Bar Asik yang Harus Kamu Kunjungi Saat Ada di Jakarta

3. Masjid Cut Meutia

masjid cut meutia
foto dari @ernasunariyah

Tempat berburu takjil gratis di Jakarta berikutnya yaitu di masjid Cut Mutia. MasjID ini merupakan masih tertua di Jakarta yang setiap tahunnya di bulan Ramadhan selalu menyediakan takjil gratis. Lokasi masjid ini berada di Jln. Taman Cut Mutiah, Kebon Sirih, Menteng, Kota Jakarta Pusat, DI. Jakarta.

4. Masjid At-Tin

masjid at-tin
foto dari @yuriparinduri

Di Jakarta Timur, ada juga masjid At-Tin yang menawarkan takjil gratis untuk jamaahnya. Masjid At- Tin ini berada di Kawasan TMII, tepatnya di Jl. Taman Mini I, Pinang Ranti, Makasar, Kota Jakarta Timur, DI. Jakarta. Selepas solat maghrib, para jamaah akan diberi nasi box gratis yang tersedia sekitar 1000 box lebih. Selain itu, para jamaah juga akan mendapatkan kurma dan minuman manis sebagai menu pembuka saat berbuka puasa.

5. Masjid Raya KH Hasyim Asy’ari

masjid raya kh hasyim ashari
foto dari @aldi.rasman

Masjid Raya KH Hasyim Asy’ari ini selama bulan Ramadhan biasanya menyediakan takjil gratis sekitar 500 porsi untuk orang-orang yang ingin buka puasa disini. Lokasi masjid ini berada di jalan Daan Mogot KM 14,5 Pesakih, Duri Kosambi, Cengkareng, Kota Jakarta Barat, DI. Jakarta. Masjid ini setidaknya menyiapkan sekitar 500 porsi takjil gratis bagi umat muslim yang ingin berbuka puasa di masjid ini.

Nah… itulah rekomendasi 5 tempat berburu takjil gratis di Jakarta yang bisa kamu nikmati secara suka-suka. Di bulan Ramadhan ini yuk tingkatkan ibadah kita kepada Tuhan Yang Maha Esa. Jangan hanya semangat nyari takjil gratis saja, semangat juga meningkatkan ibadah sebanyak-banyak. Selamat berpuasa dan selamat berburu takjil ya.

Written by Amie Uliel

Kontributor Ngadem.com - Wanita yang menyukai apa pun saja tentang travel dan buku-buku roman.