in

Event Sekaten Kembali Hadir di Tahun 2018! Yuk Agendakan yang Lagi di Jogja

foto dari @maseesigit

Ngadem.com Kamu lagi di Jogja? Nice. Jadi, hari ini tepat tanggal 2 November 2018, event tahunan Sekaten Jogja 2018 resmi dibuka. Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) atau yang lebih popular dengan sebutan Sekaten, tahun ini diselenggarakan lebih singkat dari tahun-tahun sebelumnya yaitu dari tanggal 2 hingga 20 November 2018.

Sekaten sendiri merupakan event tahunan di Yogyakarta dan Solo yang diselenggarakan untuk memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW setiap tanggal 5 bulan Jawa Mulud (Rabiul Awal tahun Hijriah).

Grebeg Maulud atau Grebeg Sekaten yang bertepatan dengan hari lahir Nabi Muhammad tanggal 12 Rabiul Awal Hijriyah merupakan puncak dari serangkaian acara sekaten.

Sudah tau lokasi Sekaten Jogja dimana, kan?

Jadi, lokasi Sekaten Jogja berada di kawasan Alun-alun Utara (Altar) Yogyakarta, tepatnya di Jln. Alun-Alun Utara No.1, Ngupasan, Kraton, Kota Jogja, Yogyakarta. Jarakanya sekitar 1 kilometer atau memakan waktu tempuh sekitar 5 menit dari kawasan 0 km atau dari kawasan Malioboro.

Nah, ini lho yang selalu dirindukan dari Sekaten

Selain Grebeg Maulid, yang selalu dirindukan dari Sekaten yaitu adanya beragam wahana permanian menarik, seperti: ombak cinta, kora-kora, kursi putar, komedi putar, kincir angin atau bianglala, bom bom car, trampolin, rumah hantu, dan lain-lain. Masing-masing wahana dikenakan tarif mulai dari Rp8.000/orang.

foto dari @nur.mustaqim

Puas menikmati wahana bermain, para pengunjung pun akan kembali dimanjakan dengan berbagai sajian kuliner yeng sungguh menggoda lidah, mulai dari kuliner tradisional sampai kuliner modern, mulai dari kuliner legendaris sampai kuliner kekinian. Masing-masing menu memiliki harga yang relatif ekonimis.

Selepas dimanjakan dengan beragam kuliner, kamu bisa menuju ke stand-stand yang menjajakan beraneka macam kerajinan dan aksesoris. Bagi kaum hawa, stand-stand ini tentu  merupakan surga dunia. Selain menjajakan barang-barang yang ciamik, pun harganya cukup ekonomis.

 

Baca Juga:

Sekaten Udah Dimulai Kengkawan! Ini Beberapa Hal yang Harus Kamu Tahu
Wedang Kopi Prambanan: Ngopi Asik dengan Suasana Klasik
Mengakrabi Wisata Ekstrim di Jogja buat Para Pecandu Tantangan!
25 Wisata Baru di Jogja yang Harus Dikunjungi Tahun 2018. Lokasi dan Tiket Tertera!
(Update 2018) 20 Hotel Murah di Jogja Kota: di Bawah 100 Ribu/Malam

 

Masih mau belanja? Yuk meluncur ke deretan stand awul-awul. Stand awul-awul ini merupakan stand yang menjajakan beraneka macam pakaian wanita dan pria, mulai dari pakaian orang dewasa hingga anak-anak. Belanja di sini jangan takut dompetmu menipis, karena harga yang ditawarkan di sini sangat ekonomis. Pakain-pakaian dibandrol dengan harga yang sangat murah karena memang pakaian-pakaian yang diperjualkan di sini merupakan pakaian bekas. Meski demikian, kualitas dari pakaian-pakaian yang diperjualkan di sini tak beda jauh dari yang ada di toko-toko maupun distro. So, ingin belanja pakaian tapi kondisi keuangan sedang cukup mengkhawatirkan? Coba deh mampir ke stand awul-awul, kali aja kamu nemuin pakaian yang sudah sedari lama kamu idam-idamkan dan tentunya dengan harga terjangkau.

Jadi, kapan nih kamu ajak orang-orang terkasihmu kesini? Yuk.. yuk.. rapatkan barisan dan meriahkan Pasar Malam Perayaan Sekaten tahun 2018 ini dengan penuh kebagahaiaan. Ingat! Jangan Buang sampah sembarangan. Tetaplah jaga kebersihan sekitar.

(foto featured dari @maseesigit)

Written by Amie Uliel

Kontributor Ngadem.com - Wanita yang menyukai apa pun saja tentang travel dan buku-buku roman.