in ,

Mengakrabi Wisata Ekstrim di Jogja buat Para Pecandu Tantangan!

Ngadem.com Bagi para petualang, berwisata tak sekedar melongok dan menikmati tempat-tempat indah. Lebih dari itu, kepuasan justru datang dari ragam atraksi wisata yang dapat memicu adrenalin. Bagi pecinta tantangan, wahana gondola gantung Pantai Timang dan susur gua Jomblang Gunungkidul harus masuk dalam daftar wajib traveling-mu.

Gunungkidul sendiri merupakan salah satu kabupaten di Yogyakarta. Bicara soal wisata Yogyakarta memang seolah tidak pernah ada habisnya. Setiap tahunnya, selalu saja mucul wisata baru dengan beragam konsep menarik nan instagramable. Yogyakarta selalu menarik untuk dikunjungi dan diexplore keindahannya, dua diantaranya ya… wisata ekstrim yang ada di kawasan Gunungkidul ini, yaitu wahana gondola gantung Pantai Timang dan Goa Jomblang. Oke, kita kenalan dulu yuk sama dua wisata ekstrim di Jogja ini.

 

Goa Jomblang: wisata  susur goa dan menikmati pesona “cahaya surga”

foto dari @drentcarjogja

Goa Jomblang terletak di Padukuhan Jetis Wetan, Desa Pacarejo, Kec. Semanu, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta. Perjalanan yang kamu butuhkan untuk sampai lokasi memakan jarak tempuh sekitar 51 kilometer atau memakan waktu tempuh sekitar 1 jam 42 menit dari pusat kota Jogja.

Goa Jomblang menawarkan pesona yang sungguh memanjakan mata. Di sini, kamu akan disuguhi oleh pemandangan epic yang dikenal dengan sebutan “Cahaya Surga”. Gua ini adalah koridor alami yang memautkan antara Goa Jomblang dan Goa Grubug. Pada titik ini pula kamu bisa melihat harmonisasi epic antara warna coklat dari stalagmit dan hijaunya lumut dari sinar matahari yang menembus kegelapan gua, sehingga permukaan lantai gua menjadi begitu indah. Lanskap ini begitu menarik bagi  sejumlah wisatawan, dan kini disebut sebagai “Cahaya Surga.”

Goa Jomblang memiliki karakteristik vertikal yang dikenal dengan sebutan luweng. Menurut hasil penelitian, goa ini terbentuk karena tanah di sekitarnya ambles dan membentuk sebuah lubang. Ekosistem yang ada di atasnya pun ikut terpendam. Tapi uniknya, ekosistem tersebut tidaklah mati. Malah, mereka tumbuh sendiri di dalam goa yang akhirnya kita kenal dengan sebutan hutan purba. Nah, buat kamu yang suka tantangan atau wisata ekstrim, Goa Jomblang harus masuk list travelingmu di Gunungkidul -Yogyakarta.

 

Pantai Timang: Merasakan sensasi naik gondola gantung menembus ombak besar dan suguhan matahari sore yang memukau

foto dari @novy_1783

Pantai Timang terletak di Desa Purwodadi, Kec. Tepus, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta. Perjalanan yang kamu butuhkan untuk sampai lokasi memakan jarak tempuh sekitar 73 kilometer atau memakan waktu tempuh sekitar 2 jam 24 menit dari pusat kota Jogja. Sementara dari kawasan Goa Jomblang, waktu yang kamu butuhkan untuk sampai lokasi sekitar 1 jam perjalanan.

Pantai ini menawarkan suasana yang berbeda dari pantai-pantai lainnya. Jika pantai lain menawarkan seafood dan juga pemandangan yang memukau, maka di sini kamu bisa menikmati sensasi petualangan super seru yang akan membuat jantungmu berdegup lebih kencang. Ya, bayangkan saja kalau kamu berada di sebuah gondola gantung dan diajak menyeberangi lautan berombak besar. Terlebih lagi, gondola gantungnya masih sangat tradisional dan terlihat sangat ekstrim.

Awalnya, gondola gantung ini biasa dimanfaatkan oleh nelayan setempat untuk mencari lobster di laut. Namun, seiring berjalan berjalannya waktu gondola ini pun dimanfaatkan sebagai wahana wisata. Selain gondola gantung, di sini juga terdapat jembatang gantung yang tak kalah memacu adrenalin buat siapapun yang melewatinya. So, gondola  dan jembatan Pantai Timang rekomended untuk kamu yang suka tantangan.

Nah, itulah ulasan mengenai Goa Jomblang dan Gondola Gantung Pantai Timang yang mampu memacu adrenalin. Tertarik menikmati wisata ekstrim yang ada di Jogja ini, tapi nggak mau ribet ngurus ini-itu? Tryveling bisa jadi solusi terbaik.

Jadi, Tryveling merupakan penyedia layanan paket perjalanan (trip) wisata dengan tugas utama untuk memberikan perjalanan yang menyenangkan. 

Alasan kenapa kamu harus memakai jasaTryveling

Pertama, Tryveling mengemas konsep wisata yang berbeda dengan mempertimbangkan kualitas perjalanan, nyaman dan pengalaman berkesan.

Kedua, Menemani kamu jalan-jalan layaknya sahabat.

Ketiga, Terdiri dari tim yang sudah berpengalaman di bidangnya. Kamu tidak perlu khawatir tentang kualitas layanan dari Tryveling.

Keempat, Tryveling membuat konsep trip dengan kreatif dan ramah kantong. Soal harga kamu tidak perlu khawatir lagi, ramah kantong kok.

Kelima, Tryveling partner terbaik buat kamu yang ingin trip tanpa ribet.

Buat kamu yang ingin menggunakan jasa Tryveling atau ingin tahu lebih banyak mengenai paket-paket wisata yang ditawarkan Tryveling, kamu bisa tengok langung di sini.  So, yuk angkat ranselmu dan nikmati destinasi favorite kamu bersama Tryveling. 😉

Written by Amie Uliel

Kontributor Ngadem.com - Wanita yang menyukai apa pun saja tentang travel dan buku-buku roman.