in

Karena Keindahan Laut Mutlak Bukan Milikmu Saja, 5 Hal Ini Wajib Kamu Perhatikan

Tetap hati-hati via www.mongabay.co.id

Ngadem.com – Dari sekian banyak wisata unggulan di Indonesia, rasanya wisata bahari masih menjadi pilihan favorit untuk menghabiskan liburan. Bahkan dari 10 obyek wisata unggulan yang telah ditetapkan Kementerian Pariwisata, pilihan destinasi wisata bahari masih mendominasi. Namun pada kenyataanya, wisatawan sering kali kurang menyadari betapa pentingnya menjaga ekosistem di dalam laut. Karena kurangnya kesadaran ini, kerap dijumpai sejumlah kasus seperti terumbu karang yang terinjak-injak, ubur-ubur yang mati, dll.

Untuk itu, 5 hal ini wajib benget kamu perhatikan saat berada di kawasan wisata bahari, terutama buat kamu yang suka bermain dipinggir pantai, berenang, dan meyelam:

1. Hindari Mengganggu Satwa

Jangan egois ya via via alamendah.org

Hindari mengganggu atau mendekati satwa saat tengah melakukan aktivitas berenang atau menyelam. Perlu diketahui, beberapa satwa laut sensitif sekali terhadap sentuhan. Contohnya, Ubur-ubur. Ubur-ubur yang disentuh keras-keras dan diangkat ke permukaan bisa langsung hancur atau mati. Biarkanlah satwa bergerak dan hidup dengan bebas, terutama bagi satwa yang bernapas menggunakan paru-paru, seperti penyu, yang memang harus ke permukaan air jika bernapas.

2. Hindari Memberi Makan Satwa

Jangan sembarang kasih makan ya via praktikcerdas.bakti.or.id

Memberi makan pada satwa memang aktivitas yang mulia, namun aktivitas tersebut tidaklah tepat jika dilakukan saat sedang berenang atau menyelam. Sebab, aktivitas memberi makan tersebut bisa  menarik perhatian satwa laut lainnya, terutama satwa laut yang tergolong ganas dan tidak menutup kemungkinan kamu akan mendapat serangan mengerikan.

3. Hindari Memotret dengan Flash

Awan silau via via pekanbaru.tribunnews

Beberapa satwa laut sensitif sekali akan flash kamera. Jika memang keadaan memaksa kamu untuk menggunakan flash, usahakan flash tidak diarahkan ke bagian ke kepala -khususnya mata satwa, sebab hal tersebut sangat mengganggu dan bisa membuat satwa stres atau bahkan mati. Pemakaian flash juga sangat dilarang buat siapa saja yang berinteraksi dengan ikan hiu-paus.

4. Hindari Bergerak Tiba-tiba

Perhatikan karang di sekitar kamu via menatapaceh

Buat para penyelem, sadari bahwa saat menyelam pastinya menggunakan tabung oksigen dan peralatan selam lainnya. Berhati-hatilah dalam bergerak, pastikan peralatan menyelam yang kamu gunakan tidak menyentuh karang. Beberapa terumbu karang sangat sensitif, sehingga tersentuh sedikit yang bisa mengakibatkan kehancuran.

5. Hindari Menginjak Karang

Tetap hati-hati via www.mongabay.co.id

Mengabadikan moment-moment saat traveling tentunya suatu hal yang penting. Namun bukan berarti harus mengabaikan lingkungan sekitar. Beberapa kasus dijumpai, demi mendapatkan gambar dengan engel yang pas, wisatawan menginjak-injak terumbu karang hingga mengakibarkan kerusakan. Rusaknya terumbu karang ini menjadi suatu hal yang sangat fatal, sebab butuh waktu lama untuk kembali memulihkannya.

Demikian informasi mengenai 5 hal yang harus dipatuhi bagi para pencinta wisata bahari. Tetaplah jaga ekosistem laut ya. Jangan egois. Btw, semoga bermanfaat.

Written by Amie Uliel

Kontributor Ngadem.com - Wanita yang menyukai apa pun saja tentang travel dan buku-buku roman.