in , ,

Yuk Ke Bukit Kapur Tinggi Raja, Dataran Eropanya Warga Sumatera Utara!

Ngadem.com – Salju. Ya, apa yang ada di pikiranmu saat mendengar kata salju? Eropa? Dingin? Natal? Atau boneka salju dengan wortel yang menjadi hidungnya? Buih putih yang sering turun pada suhu 0° Celsius, 32° Fahrenheit dan pada iklim subtropis ini, ternyata juga bisa kamu nikmati di Medan! Ya, di Medan ada sebuah obyek wisata dimana kamu bisa melihat pesona salju yang terhampar luas di sepanjang tebing serta bukit-bukit yang kokoh. Tempat wisata itu bernama Bukit Kapur Tinggi Raja. Namun jika yang kamu bayangkan adalah tempat tersebut dingin seperti di Eropa, kamu salah besar. Justru tempat wisata ini beriklim tropis dan panas sesuai namanya. Terletak di Ds. Dolok Merawan, Kec. Tapian Dolok, Kab. Simalungun, Sumatera Utara.  Obyek wisata ini memiliki luas sekitar 167 hektar, dan masuk ke dalam kawasan hutan lindung.

Lalu, bagimana bisa salju yang seharusnya dingin malah terasa panas?

Kok bisa ya? via sodtravel.wordpress.com
Kok bisa ya? via sodtravel.wordpress.com

Salju yang menyelimuti sungai, batu-batuan, serta tebing di kawasan Bukit Kapur Tinggi Raja sebenarnya merupakan proses alami dalam bumi yang membentuk buih-buih kapur menjadi serupa salju. Nah, kandungan kapur ini begitu banyak sehingga menutupi hampir seluruh tebing-tebing, sungai serta kawahnya. Sedangkan di bagian bawah atau kawah, terdapat sumber air panas yang dapat digunakan untuk merebus telur. Air panas ini berasal dari bukit-bukit kecil di sekitaran tempat tersebut yang mengendap hingga membentuk sebuah aliran sungai bernama Bah Blakbak.

Baca Juga: Air Terjun Srambang, Eksotisme Wisata Alam Ala The Hobbit di Ngawi, Jawa Timur

Baca Juga: Kenalkan! Pulau Bawean di Gresik, Jawa Timur: Destinasi Wisata Unggulan Pesaing Pulau Bali

Yang bisa kamu temui di Bukit Kapur Tinggi Raja?

Ajak temanmu ke Bukit Kapur Tinggi via m.thecrowdvoice.com
Ajak temanmu ke Bukit Kapur Tinggi via m.thecrowdvoice.com

Terdapat berbagai jenis flora dan fauna di kawasan Bukit Kapur Tinggi Raja. Tercatat 45 jenis satwa liar dapat hidup di kawasan ini. Mulai dari harimau sumatera, monyet, kijang, babi hutan, berbagai jenis raptil, bahkan beruang madu. Untuk jenis flora, di kawasan tersebut sering tumbuh bunga meranti, pohon kenari , tumbuhan malu tua, serta bunga anggerek. Hal ini semakin membuat obyek wisata Bukit Kapur Tinggi Raja menjadi primadona bagi wisatawan asing maupun lokal.

Baca Juga: Perjalanan Ke Puncak Sikunir: Upaya Menjaring Golden Sunrise di Wonosobo, Jawa Tengah

Baca Juga: Taman Ismail Marzuki (TIM): Wisata Seni dan Budaya di Jakarta

Apa sih yang istimewa dari Bukit Kapur Tinggi Raja?

Istimewanya Bukit Kapur Tinggi Raja via twicsy.com
Istimewanya Bukit Kapur Tinggi Raja via twicsy.com

Saat berada di kawasan Salju Panas Tinggi Raja, bisa di pastikan kamu akan berdecak kagum. Sebab banyak hal-hal ajaib yang bisa ditemui, salah satunya adalah sungai Bah Blakbak. Di sini kamu bisa merendamkan diri sambil di kelilingi pemandangan salju yang membuat lelah terhapus. Jangan takut, air sungai ini tidak begitu panas, sebab sungai ini adalah pertemuan dari rembesan air panas dengan air sungai di puncak gunung. Sumber air panas dari rembesan tebing sebenarnya bisa berpindah-pindah. Ini dikarenakan kondisi panas bumi serta bukit-bukit di kawasan Bukit Kapur Tinggi Raja tidak stabil.

Bagaimana akses dan trasportasi menuju Bukit Kapur Tinggi Raja?

Akses jalan ke Bukit Kapur Tinggi Raja via lifestyle.autada.com
Akses jalan ke Bukit Kapur Tinggi Raja via lifestyle.autada.com

Akses untuk mencapai ke obyek wisata Bukit Kapur Tinggi Raja, terbilang lumayan mudah. Namun di sarankan untuk menggunakan kendaraan bermotor. Mengingat beberapa titik jalan masih bolong-bolong dan sangat kecil. Jika dari arah Kota Medan, kamu memerlukan waktu sekitar 3 jam perjalanan. Ada dua rute yaitu; dengan jarak 110 km, dari Medan menuju ke Lubuk Pakam, kamu akan melewati Tebing Tinggi terlebih dahulu, baru kemudian masuk ke kawasan Dolok Tinggi Raja.

Dan rute kedua adalah dengan jarak 97 km, dari Medan langsung menuju Lubuk Pakam, lalu Galang, serta melewati Dolok Masihul, baru kemudian masuk kawasan Dolok Tinggi Raja.  Untuk tiket masuknya, kamu hanya di kenakan biaya sebesar RP. 5.000 saja per orang. Murah bukan?

Baca Juga: Ngadem di Air Terjun Silo Leter dan Watu Lumbung

Baca Juga: Tempat Wisata Keren di Makassar ini Harus Masuk List Destinasimu!

Baca Juga: 10 Wisata Gunung Ikonik Yang Bisa Kamu Daki di Indonesia

Fasilitas apa saja yang ada di Bukit Kapur Tinggi Raja?

Fasilitas yang ada via www.metrosiantar.com
Fasilitas yang ada via www.metrosiantar.com

Sementara untuk fasilitas yang di sediakan di Salju Panas Tinggi Raja memang masih minim. Hanya terdapat area parkir, warung-warung makanan dan minuman, serta bangku-bangku kecil untuk melepas lelah. Ya, kawasan ini memang kurang di perhatikan oleh Pemerintah Daerah, khusunya warga sekitaran Bukit Kapur Tinggi Raja. Ini terlihat dengan kurangnya kesadaran untuk tak membuang sampah di sembarang tempat. Memang banyak sampah yang bertebaran di kawasan ini yang membuat Bukit Kapur Tinggi Raja menjadi tak sedap di pandang mata. Jadi sepertinya upaya untuk terus melestarikan obyek wisata yang sangat potensial ini, harus terus di galakkan. Tentu saja peran Pemerintah Daerah dan warga sekitar sangat di butuhkan di sini.

Nah, jadi gimana menurutmu? Layak untuk dimasukkan dalam list destinasi wisatamu kah?

Written by Reshie Fastriadi

Kontributor Ngadem.com - Pemuda beruntung yang lahir dan besar di lingkungan berbeda. Telanjur jatuh cinta pada dunia otak kanan dan Nasi Pecel khas Nganjuk. Sedang sibuk mengerjakan tugas kuliah dan menata hati dari bisikan setan yang terkutuk.