in ,

Yuk, Mlipir Ke Majalengka, Ada Destinasi Wisata Yang Oke Punya Lho…

Pelangi di atas bukit paralayag Majalengka via www.satyawinnie.com

Ngadem.com – Majalengka merupakan salah satu provinsi di Jawa Barat yang berbatasan dengan kabupaten Indramayu di sebelah utara, sementara sebelah selatan berbatasan dengan Ciamis dan Tasikmalaya, sebelah barat berbatasan dengan Sumedang, dan sebelah timur berbatasan dengan Cirebon serta Kuningan. Dilihat dari klarifikasi kemiringan tanah, Majalengka berada di wilayah dataran rendah, wilayah berbukit gelombang, dan wilayah pegunungan.

Nah, kalau kamu memiliki rencana untuk mengunjungi Majalengka, ada baiknya 7 destinasi wisata ini juga turut kamu kunjungi:

1. Obyek Wisata Prabu Siliwangi, tempat yang akan memberimu ketenangan sekaligus pengetahuan sejarah

Petunjuk arah di kawasan wisata Prabu Siliwangi via www.fotolokasi.com
Petunjuk arah di kawasan wisata Prabu Siliwangi via www.fotolokasi.com

Obyek wisata alam yang memiliki luas wilayah kurang lebih 3 hektar ini terletak di kelurahan Pajajar, kecamatan Rajagaluh. Dulunya, Obyek Wisata Prabu Siliwangi ini merupakan tempat peristirahatan Prabu Siliwangi. Dan menurut masyarakat sekitar, tempat ini merupakan tempat menghilangnhya Parbu Siliwangi. Berada di tempat ini, kamu akan melihat kera-kera liar dan berbagai jenis ikan langka yang terdapat di balong Cikahuripan. Selian itu, di kawasan ini juga kamu bisa melakukan berbagai macam hal menyenangkan, seperti: outbond, camping, berenang di kolam renang, dan kamu juga bisa melihat kecantikan dari sebuah danau atau situ bernama Situ Cipadu.

Baca Juga: Air Terjun Srambang, Eksotisme Wisata Alam Ala The Hobbit di Ngawi, Jawa Timur

Baca Juga: Kenalkan! Pulau Bawean di Gresik, Jawa Timur: Destinasi Wisata Unggulan Pesaing Pulau Bali

2. Bila kamu suka berkemah, cobalah ke Bukit Alam Hejo yang penuh nuansa alam pegunungan

Pintu masuk Bukit Alam Hejo via infomajalengka.wordpress.com
Pintu masuk Bukit Alam Hejo via infomajalengka.wordpress.com

Bukit Alam Hejo yang memiliki luas kurang lebih 3,5 hektar ini berlokasi di desa Pasor Ayu, Kecamatan Sindang. Obyek wisata yang lebih dikenal dengan nama Bahe ini memiliki pesona yang tak kalah dengan obyek wisata lainnya di Majalengka. Selain bisa berkemah, kamu juga bisa  melakukan aktivitas outbond atau foto prewedd. Selain itu, agro wisata yang dikelola oleh bukit alam hejo ini sudah dibuka untuk umum sejak tahun 2010.

Baca Juga: Perjalanan Ke Puncak Sikunir: Upaya Menjaring Golden Sunrise di Wonosobo, Jawa Tengah

Baca Juga: Taman Ismail Marzuki (TIM): Wisata Seni dan Budaya di Jakarta

3. Suka dengan olahraga paralayang? Coba ke Gunung Panten Cipadu

Pelangi di atas bukit paralayag Majalengka via www.satyawinnie.com
Pelangi di atas bukit paralayag Majalengka via www.satyawinnie.com

Gunung Panten Cipadu tidak jauh dari pusat kota Majalengka. Obyek wisata ini merupakan obyek wisata buatan untuk mengembangkan minat masyarakat yang mencintai bidang olahraga. Event yang pernah diadakan di sini yaitu Kejurnas Paralayang Indonesia Terbuka pada bulan November 2012 yang diikuti dari berbagai provinsi di Indonesia. Untuk mencapai puncak area paralayang, memang melewati jalanan terjal dan harus menggunakan kendaraan khusus. Meski jalurnya menantang, semua akan terbayar saat kamu sudah sampai di tempat tujuan. Keindahan Majalengka bisa kamu nikmati dari atas bukit Paralayang, so wonderfull!!

Baca Juga: Tempat Wisata Keren di Makassar ini Harus Masuk List Destinasimu!

Baca Juga: 10 Wisata Gunung Ikonik Yang Bisa Kamu Daki di Indonesia

4. Sekarang main air dulu deh di Curug Muara Jaya

Ngadem dulu di Curug Muara Jaya via travelleramatir.blogspot.com1
Ngadem dulu di Curug Muara Jaya via travelleramatir.blogspot.com1

Obyek wisata ini menawarkan keindahan alam dengan panorama keindahan air terjun setinggi 73 M yang terdiri dari 3 umpak. Udara yang sejuk dengan sayur mayur dan pohon kesemek menjadi daya tarik bagi peminat wisata alam yang satu ini. Curug Muara Jaya memiliki luas kurang lebih 2 hektar dan terletak di desa Argapura, kecamatan Argamukti. Sudah berdiri sejak tahun 1999 yang difungsikan sebagai jalur pendakian menuju puncak Gunung Cermai.

5. Tak jauh dari Curug Muara Jaya, kamu akan melihat Situ Sangiang yang sungguh pas buat ngadem

Pesona alam Situ Sangiang via wisataindonesia.co.id
Pesona alam Situ Sangiang via wisataindonesia.co.id

Obyek wisata yang dikelola oleh taman nasional gunung Cermai ini memiliki panorama indah nan mendamaikan. Di dalamnya hidup ikan mas dan lele yang menurut masyarakat setempat merupakan jelmaan prajurit Telaga Manggung. Berziarah adalah alasan para pengunjung datang ke Situ Sangiang. Kamu juga bisa berkeliling melewati jalan setapak melihat pepohonan berumur ratusan tahun dan satwa liar seperti kera dan lutung. Situ Sangiang berjarak kurang lebih 27 KM dari pusat kota dan berlokasi di desa Sangiang,  kecamatan Banjaran.

Baca Juga: Ngadem di Air Terjun Silo Leter dan Watu Lumbung

6. Eittt… jangan salah kira, Majalengka juga punya waterboom, Tirta Indah Waterboom namanya

Pemandagan asik di Tirta Indah Waterboom via bandung.panduanwisata.id
Pemandagan asik di Tirta Indah Waterboom via bandung.panduanwisata.id

Obyek wisata yang berjarak 18 KM dari pusat kota ini berlokasi di desa Berung, kecamatan Sindangwangi.  Tirta Indah Waterboom memiliki  luas area kurang lebih 1,2 hektar  dengan fasilitas terapi ikan, kolam renang, gedung pertemuan, dan area parkit yang luas. Dengan konsep waterboom, diharap para pengunjung terhibur dan tak perlu pergi ke kota besar. Nah, buat kamu yang lagi di Majalengka dan pingin mainan air atau berenang, kamu bisa deh datang ke sini.

Gimana? Masih ragu sama destinasi wisata yang ada di Majalengka? Duh…. acian…. hehe….

Written by Amie Uliel

Kontributor Ngadem.com - Wanita yang menyukai apa pun saja tentang travel dan buku-buku roman.