in

Pasar Kangen 2019 Digelar, Yuk Agendakan Berburu Kuliner Tradisional. Lokasi & Jadwal Terlampir!

Ngadem.com Sajian beragam kuliner tradisional di atas deretan meja stand yang beratapkan daun tebu kering menghiasai pelataran TBY (Taman Budaya Yogyakarta). Beragam kudapan khas zaman dulu mulai dari yang berat hingga ringan bisa kamu jumpai dengan mudahnya. Dipadu dengan dresscode surjan dan kebaya para penjajanya, membuat nunasa kekunoan makin terasa.  Ya, itulah Pasar Kangen.

Pasar Kangen dan Hal-hal Menarik yang Ada di dalamnya

Pasar Kangen merupakan sebuah event tahunan yang mengusung konsep kekunoan atau tradisional dengan menyajikan beragam kuliner yang akan membuatmu seolah kembali ke tempo dulu. Beragam kuliner tradisional yang dijajakan di Pasar kangen seperti: klepon, cenil, clorot, thiwul, lopis, geblek, grontol, bajingan telo, kipo, hawuk-hawuk, wedang uwuh, dan beberapa sajian kuliner tradisional lainnya.

pasar kangen

Bagi yang pernah merasakan masa muda di Jogja, Pasar Kangen semacam mesin waktu untuk kembali ke tempo dulu.

Untuk memeriahkan event Pasar Kangen ini, selain sajian kuliner tradisional, ada barang-barang antic juga yang dijajakan disini, seperti: cicin akik, mejalah edisi lama, topeng kayu, wayang kardus, piringan hitam, kaset lawasan, buku-buku kuno, poster zaman dulu, kaos motif zaman dulu, dan barang-barang antic lainnya. Bagi yang suka dengan barang-barang antic, pastikan kesini untuk menambah koleksi barang antik di rumahmu.

Baca juga:

Sudut-sudut Epik di Malioboro dan 20 Obyek Wisata di Dekatnya. Lokasi Tertera!
Lokasi dan Tiket Romantic Garden: Wisata Baru di Jogja yang Cocok untuk Para Pecandu Selfie
40 Tempat Wisata Baru di Jogja. Biar Tripmu ke Jogja Anti Mainstream!
(Update 2018) 20 Hotel Murah di Jogja Kota: di Bawah 100 Ribu/Malam

Meski Pasar Kangen ini lebih mengangkat hal-hal yang berbau tradisional, tapi ada beberapa juga yang menjajakan kuliner kekinian. Namun, tetap kuliner tradisional yang lebih banyak dijajakan. Jadi, disini, kita bisa melihat kuliner tradisional dan kuliner kekinian beriringan. Yang membuat kita sadar, betapa cepatnya perubahan.

Hal menarik lainnya yang bisa pengjunjung jumpai di Pasar Kangen yaitu setiap harinya pengunjung akan dimanjakan oleh beragam pentas seni tradisional yang akan dimeriahkan oleh 32 pelaku seni.

Tahun ini, terhitung sudah tahun ke-12 event Pasar Kangen diselenggarakan. Tema yang diusung Pasar Kangen 2019 ini yaitu “Ketahanan Pangan dan Kemandirian”. Event ini diikuti oleh sekitar 117 stand kuliner tempo dulu dan 93 stand kerajinan.

pasarkangen
foto dari @pasarkangen

Lokasi dan Jadwal Pasar Kangen

Bagi yang ingin menikmati beragam sajian kuliner tradisional khas tempo dulu, berabagai kerajianan dan barang antik serta beragam pentas seni tradisional, bisa langsung meluncur ke Kawasan Taman Budaya Yogyakarta, Jl. Sriwedani No.1, Ds. Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta Yogyakarta. Lokasinya berdekatan dengan Malioboro, Pasar Bringharjo dan Taman Pintar. Buka dari pukul 12 siang hingga 10 malam.

Pasar Kangen tahun ini akan resmi dibuka hari jum’at pukul 3 sore, tepatnya tanggal 12 Juli 2019 di Kawasan TBY (Taman Budaya Yogyalarta). Event ini akan berlangsung kurang lebih 8 hari yaitu dari tanggal 12–20 Juli 2019.

So, buat yang lagi di Jogja, yuk sempatkan untuk mampir ke Pasar Kangen dan icip-icip beragam sajian kuliner khas tempo dulu. Selamat ber-kuliner ria.

 

 

Written by Amie Uliel

Kontributor Ngadem.com - Wanita yang menyukai apa pun saja tentang travel dan buku-buku roman.