in

Imlek Emang Udah Lewat, Tapi Euforianya Masih Bisa Kamu Nikmati di Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta, Guys!

Ngadem.com – Untuk memperingati Tahun Baru Imlek 2567, Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta (PBTY) XI akan kembali digelar di Yogyakarta.

Buat kamu-kamu yang kemarin belum sempat merayakan Imlek, mungkin kamu bisa memuaskan dirimu di acara ini. PBTY kali ini, sama halnya dengan PBTY tahun-tahun sebelumnya, juga akan digelar di kawasan Kampung Ketandan Yogyakarta. Acara ini akan mengusung maskot monyet api dengan tema ‘Meningkatkan Budaya Kebersamaan’.

PBTY udah dibuka secara resmi pada Kamis malam (18/2) kemarin oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X dan akan berlangsung hingga 22 Februari 2016.

Ayo guys kamu tinggal pilih aja waktu yang cocok untuk merasakan kembali euforia Imlek yang kemarin mungkin kamu lewatkan.

Selama PBTY diselenggarakan, aktivitas di lingkungan pecinan akan dimulai pada pukul 5 sore hingga pukul 10 malam. Kamu bisa menikmati suasana jalan yang penuh dengan pernak-pernik perayaan Imlek. Wow, yang ini jangan sampai kamu lewatkan. Siapkan kameramu ya guys. Mungkin kamu juga bisa mengenakan baju Cheongsam kesayanganmu, biar kamu makin kece.

Gak cuma foto-foto dengan pemandangan kawasan Kampung Ketandan yang sudah dihiasi ratusan lampion, kamu bisa mencoba peruntungan di acara ini dengan mengikuti lomba lomba loh. Ada lomba mendongeng dan lomba baca puisi dalam bahasa Mandarin untuk memperebutkan Piala Gubernur DIY dan Piala Wali Kota Yogyakarta loh. Gak cuma itu, buat kamu yang punya suara ciamik bisa juga ikutan lomba karaoke dalam bahasa Mandarin.

Buat pecinta fotografi jangan baper dulu, kamu juga bisa unjuk keahlianmu dalam lomba fotografi. Untuk lomba fotografi akan mengusung ‘Rekam Jejak Budaya Tionghoa Yogyakarta’. Kamu bisa mengabadikan bangunan pusaka, aktivitas perayaan Tahun Baru Imlek, maupun rangkaian acara PBTY XI nanti. Buruan ke kawasan Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta aja deh untuk nanyain infonya.

Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta gak akan lengkap kalau sampai gak ada stand-stand kulinernya. Iyakan? Nah buat kamu yang hoby nyicip-nyicip kuliner, kamu bisa memuaskan hobymu di sekitar kawasan Kampung Ketandan. Di sana juga akan disiapkan stand-stand yang menjual kuliner khas Imlek seperti lontong cap go meh, dim sum, dan wedang kacang. Heeem.

Gimana? Tertarik? Atau masih ragu-ragu? Kalau masih ragu-ragu, kami kasih tahu biar ragumu hilang. Acara ini juga menyiapkan panggung hiburan yang akan menampilkan musik, tari, sulap, atraksi naga dan barongsai, nyanyian khas perayaan Imlek bahkan juga disiapkan pertunjukan Wayang Poo Tay Hee. Tuuuuuh lengkap bangetkan.

Penting buat kamu catat guys, di acara puncak PBTY XI ini bakalan ada karnaval naga dan barongsai yang digelar pada tanggal 21 Februari 2016. Karnaval juga bagian dari atraksi perlombaan barongsai yang memperebutkan Piala Raja Hamengku Buwono X loh. Heeeeem, kayanya gak usah ragu-ragu deh, kamu jelas wajib banget ikutan merasakan kemeriahan PBTY XI ini.

Sumber: Travel.kompas.com

Written by Dj Wonga

Kontributor Ngadem.com - Bukan siapa-siapa tapi dari keluarga baik-baik.