in ,

5 Tempat Wisata di Temanggung (Bersenyum) Ini Bisa Banget Buat Kamu Tersenyum

Ngadem.com – Sebagian besar wilayah Temanggung adalah dataran tinggi dan pegunungan yang kaya akan tembakau. Sebagian masyarakatnya bermatapencaharian sebagai petani dan tukang kebun. Ada dua gunung yang jadi pembatas dengan Kabupaten Wonosobo, Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing yang sering dikunjungi oleh para pendaki karena memiliki panorama memukau dan trek yang tak terlalu sulit. Pesona kedua gunung inilah yang kemudian membuat Temanggung kian banyak dikunjungi travelers dari luar daerah.

Tapi tunggu dulu, keindahan Temanggung bukan hanya di Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing saja. Di bawah ini adalah 5 tempat wisata eksotis di Temanggung Bersenyum yang akan membuatmu selalu tersenyum.

1. Segarkan diri di Curug Onje

Foto dari @jat.jat

Destinasi wisata alam ini berada di Desa Duren, Ngadirejo, Kabupaten Temanggung. Lokasinya yang cukup tersembunyi membuat Curug Onje masih terlihat bersih dan asri. Kamu bisa melakukan banyak hal menarik di tempat ini, seperti santai, bernyanyi, ngadem cantik bahkan mandi sampai basah di sebasah-basahnya. Untuk mencapainya, kamu akan memakan waktu tempuh selama 2 jam perjalanan dari pusat kota Temanggung dan setelah itu harus jalan kaki dari pemukiman warga setempat. Akses jalannya yang terbilang menantang membuat warga sekitar sering berpesan; “hati-hati ya, le…” kepada para pengunjung.

2. Melihat eksotisnya matahari terbit di Posong

Foto dari @invernorino

Posong adalah sebuah situs pariwisata yang berada di kaki Gunung Sindoro. Jaraknya hanya 3,5 kilometer dari jalan Temanggung – Wonosobo. Di tempat ini kamu akan merasakan segarnya udara alam pegunungan dan pemandangan alam yang menakjubkan. Tak ada polusi udara dan jauh dari bising suara knalpot. Salah satu hal yang harus kamu coba adalah melihat matahari terbit yang siap memanjakan mata dan batinmu. Tak heran, hingga kini Posong kian ramai dikunjungi travelers dari berbagai daerah.

3. Ngadem cantik di Curug Surodipo

Foto dari @fikadyah

Curug yang memiliki ketinggian 120 meter ini berada di Desa Tawangsari, Kecamatan Wonoboyo, Temanggung. Konon, Curug Surodipo menjadi saksi bisu perjuangan Pangeran Diponegoro dalam memerangi tentara kolonial. Di sini kamu bisa melihat pemandangan alam khas Jawa Tengah yang sungguh menawan. Landskap bebukitan hijau serta sejuknya udara di Curug Surodipo akan membuatmu tak ingin cepat-cepat pulang. Oh ya, karena akses jalannya yang cukup menantang, sebelum berangkat periksalah dulu kondisi kendaraanmu. Harus prima ya…

4. Melihat  ‘makhluk setengah dewa’ di Candi Pringapus,

Foto dari @wahyu_shintia

Candi yang terletak di Desa Pringapus, Kecamatan Ngadirejo ini diperkirakan dibangun pada 850 Masehi. Bentuknya adalah replika dari Mulut Mahameru sebagai tempat hidup para Dewa dan memiliki artefak berwujud Hapsara dan Hapsari, makhluk setengah dewa. Di sini, hal yang bisa kamu lakukan adalah bersantai, ngadem asik atau foto-foto sambil menikmati eloknya Candi Pringapus. Sampai sekarang Candi Pringapus masih dalam kondisi baik. Tempatnya pun bersih dan terawat.

5. Bersukacita sambil berenang ria di Kolam Cinta, Situs Liyangan

Foto dari @billybaruna

Sebelumnya, Situs Liyangan ditemukan pada tahun 2008 oleh penambang pasir. Berdasarkan penelitian oleh Balai Arkeologi Yogyakarta, situs Liyangan adalah sebuah kompleks perumahan dari kerajaan Mataram kuno di  abad sembilan yang tertimbun lahar dari Gunung Sindoro. Saat sampai di sini, selain akan menemukan bekas-bekas rumah, fosil talud, candi dan alat rumah tangga, kamu juga bisa berenang di kolam yang letaknya persis di bawah Situs Liyangan. Kolam ini dinamakan Kolam Cinta karena memang bentuk kolamnya yang menyerupai ‘heart’ atau simbol love. Oh ya, kalau berani cobalah bernang di tempat ini saat pagi hari. Hihi…

Gimana? Tertarik? Atau ada rekomendasi tempat wisata di Temanggung lainnya? Yuk share.

Written by Reshie Fastriadi

Kontributor Ngadem.com - Pemuda beruntung yang lahir dan besar di lingkungan berbeda. Telanjur jatuh cinta pada dunia otak kanan dan Nasi Pecel khas Nganjuk. Sedang sibuk mengerjakan tugas kuliah dan menata hati dari bisikan setan yang terkutuk.