in ,

5 Hal Penting Nggak Penting Saat Menghadapi UN

Ngadem.com – 4 April kemarin jadi hari pertama Ujian Nasional SMA dan sederajat di Indonesia. Ok, kayanya semua orang udah pada tahu deh kalau hari ini, hari pertama UN. Ujian Nasional memang momentum paling menegangkan bagi kamu-kamu yang sedang duduk di bangku kelas 3 SMA dan sederajat. Ketegangannya ngalahin momen kencan pertama. Duuuuh, hari pertama ujian nasional ketemuanya pasti sama mata pelajaran Bahasa Indonesiakan? Pasti!

Meski Ujian Nasional menegangkan tapi banyak anak SMA dan sederajat yang lega juga. Akhirnya setelah berbulan-bulan prepare, les, kelas tambahan dll. Akhirnya UN tiba juga! Ok guys, kamu memang harus melewatinya. Tidak ada cara untuk melewatinya selain menjalani UN ini dengan penuh suka cita. UN yang menegangkan memang akan menyita seluruh perhatianmu. Kamu pasti belajar sejadi-jadinya hingga lupa diri. Deg-degan sepanjang hari tapi jangan sampai kamu mengabaikan hal-hal kecil yang penting saat menghadapi UN. Ok, berikut ini ada 5 hal penting yang sebenarnya gak penting tapi kamu perlu tahu.

1. Sarapan Sebelum Berangkat ke Sekolah

Sarapan Seperti Adik Ini Ya via www.sinarharapan.co

Kamu mungkin udah belajar, menghafal semua trik, rumus, atau apapun itu tapi kalau perutmu kosong, itu akan mengganggu konsentrasimu. Untuk memaksimalkan semua rumus dan hal-hal yang telah kamu pelajari selama ini dan meramunya menjadi jawaban yang tepat, kamu wajib berada dalam kondisi konsentrasi penuh. Jadi, jangan abaikan sarapan. Kalau biasanya kamu abai sama sarapan, saat UN dari tanggal 4 sampai 7 April nanti sebaiknya cobalah untuk jatuh cinta pada sarapan. Tenang aja gak nyampe seminggu kok.

2. Meraut Pensilmu! Bukan Pensil Tetangga. Tapi Pensilmu!

Jangan Lupa Meraut Pensil via www.bukacerita.com

Ok beberapa sekolah mungkin melaksanakan UN berbasis komputer tapi ada juga loh sekolah-sekolah yang belum melaksanakan UN berbasis komputer. Itu artinya, mereka masih menggunakan lembar jawaban yang bulet-bulet itu loh. Naaah, buat kamu yang bakal ketemu sama lembara jawaban bulet-bulet, kamu wajib meraut pensilmu malam sebelum ujian berlangsung. Jangan meraut pensil saat ujian akan dimulai. Jangan membuang-buang waktumu untuk meraut pensil. Jadi, malam sebelum tidur kamu harus sempatkan diri untuk meraut pensil ya, and and and and , kamu harus punya pensil cadangan. Ok?

3. Jangan Begadang Ya Guys! Jangan!

Jangan Sampai Kamu Begadang Nonton Bola Saat Malam UN via pendoasion.wordpress.com

Ok, pada malam hari kamu boleh meraut pensil. Tapi kamu dilarang keras begadang ya. Bahaya banget. Pertama, kamu bisa telat berangkat ujian. Kedua, kamu bisa ketiduran saat ujian berlangsung, dan dua-duanya adalah bencana. Kamu harus tidur sekalipun kamu ngaku insomnia. Iya, kamu harus mencoba untuk tidur. Tidurlah!

4. Kerjakan atau Jawablah Soal Yang Dianggap Mudah Terlebih Dahulu

Ngerjain Soal Ujian via maslatip.com

 

Gini-gini, kami juga pernah UN. Jadi, soal-soal UN punya tingkat kesulitan yang berbeda. Ada soal yang susah banget tapi ada juga soal yang mudah banget. Kaya hidup ini. Ada susah. Ada senang. Jadi, kalau kamu merasa ragu dengan jawaban soal nomor satu kamu bisa melompat ke soal berikutnya. Kali aja soal berikutnya kamu sudah paham betul dan yakin dengan jawabannya. Kalau semua soalnya susah? Ya udah deh kamu berdoa aja.

5. Jangan Ngupil Selama Ujian

Jangan Sampai Kaya Gini via www.youtube.com

Jangan ngupil. Jangan mencoba-coba melakukannya. Why? Takut lembar jawabanmu kotor karena upilmu. Ok?

Perhatikan dengan baik ya guys. Semoga UN segera berakhir dan kalian lulus dengan hasil yang memuaskan.

Written by Dj Wonga

Kontributor Ngadem.com - Bukan siapa-siapa tapi dari keluarga baik-baik.