in ,

Yuk, Liat Kunang-kunang Elektrik di Festival of Light – Turgo Hill

Ngadem.com – Libur panjang telah tiba, tapi kamu masih bingung nentuin tempat wisata yang asik dan nggak ngebosenin? Yoi genks, langsung aja ikuti kami. Kali ini Ngadem.com akan mengajakmu berpetualang menyusuri rimba cahaya di Festival of Light – Turgo Hill. Letaknya tak jauh dari kaki gunung Merapi. Tepatnya di daerah wisata Kaliurang, Hargo Binangun, Sleman, Yogyakarta.

Gardu pandang Turgo mulanya adalah sebuah area bebas bagi para wisatawan yang dilengkapi dengan taman bermain. Tapi kini, Gardu Pandang Turgo disulap menjadi sebuah taman cahaya yang dipenuhi dengan warna-warni lampu led. Lampu-lampu itu ditata sedemikian rupa hingga menyerepai koloni kunang-kunang yang begitu cantik. Sungguh mengesankan.

Festival of Lights – Turgo Hill sendiri merupakan acara yang terselenggara atas kerjasama pihak Taman Pelangi Yogyakarta dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sleman. Secara khusus, acara ini mengambil tema Celebration of Lights; yang resmi dibuka sejak tanggal 12 Desember, dan akan berakhir pada 31 Desember mendatang. Oleh karena itu, jika kamu tak ingin ketinggalan acara sekeren ini, segeralah datang ke sana. Serius, kamu nggak bakal bosen berlama-lama di tempat ini.

Letak Festival of Light – Turgo Hill

Tarif Masuk Festival of Light - Turgo Hill

Untuk sampai ke tempat ini, kamu hanya membutuhkan waktu sekitar tigapuluh menit perjalanan. Rutenya pun sangat mudah dijangkau. Dari kota Yogyakarta, kamu bisa langsung menuju jalan Kaliurang. Dari situ, lurus saja ke arah utara, kira-kira 20 kilometer menuju daerah wisata Kaliurang. Setelah sampai di TPR (gerbang wisata Kaliurang), terus saja lurus dan ikuti petunjuk arah menuju ke gardu pandang Turgo, atau ke arah Goa Jepang. Nah, lokasi Festival of Light – Turgo Hill berada di barat Goa Jepang tersebut.

Tiket Masuk Festival of Light – Turgo Hill

Keistimewaan Festival of Light - Turgo Hill

Kamu cukup merogoh kocek sebesar 20 ribu rupiah saja untuk memasuki area ini. Harga yang cukup murah untuk sebuah pengalaman yang begitu dahsyat. Percayalah. Di tempat ini kamu dapat menikmati malam yang tak akan terlupakan sepanjang hidupmu.

Keistimewaan Festival of Light – Turgo Hill

Letak Festival of Light - Turgo Hill

Begitu memasuki area Turgo Hill, kita akan langsung disuguhi gemerlap cahaya lampion dalam berbagai bentuk; mulai dari bentuk bangunan, hewan, serta tanaman. Selain itu, bagi para pengunjung yang mengajak anak-anaknya untuk berlibur, tak perlu cemas. Di sini juga tersedia aneka permainan anak, seperti komidi putar, trampoline, kuda poni, dan sepeda ber-rel. Acara ini juga dimeriahkan dengan penampilan live music dan magician contest yang digelar setiap malamnya—lengkap dengan berbagai kuliner yang dijajakan oleh warga sekitar.

Alasan kenapa kamu harus ke Festival of Light – Turgo Hill

Festival of Light – Turgo Hill

Festival of Light – Turgo Hill menawarkan suasana yang begitu melankolis, dramatis, dan cenderung romantis. Ya, ketika udara malam semakin dingin, dan kabut tipis mulai menyelimuti Turgo Hill, maka disaat itulah kamu akan merasakan sensasi yang sangat mengena di hati. Tak heran jika tempat ini menjadi sasaran para kawula muda untuk memadu kasih, nge-date enjoy, atau sekadar ber-selfie-ria.

Tapi tenang saja. Buat kamu yang masih jomblo, atau kamu yang baru saja diputusin pacar, nggak usah bingung. Tempat ini juga cocok, kok, buat kalian. Mungkin saja di tempat ini kalian bisa menemukan pasangan yang kalian idam-idamkan. Atau, kalau kamu emang lagi pengin sendiri—gara-gara galau sehabis diputusin pacar—tempat ini juga cocok, lho, buat merenung (me time). Percaya deh, di tempat ini kamu pasti nemuin inspirasi buat bikin puisi. Ya, tentu aja puisi buat si doi, biar si doi mau balikan lagi sama kamu, hehehe. Kamu, iya, kamu.

Tips dari Ngadem.com ketika Berkunjung ke Festival of Light – Turgo Hill

foto di Festival of Light - Turgo Hill

Tempat ini mulai dibuka dari pukul 4 sore sampai 11 malam. Kami sarankan agar kamu datang lebih awal untuk menghindari kemacetan dan antrean tiket yang panjang. Dan pastinya, jangan lupa untuk membawa kamera. Sebab, tidak akan lengkap rasanya jika kamu belum berfoto narsis di tengah rimba cahaya yang begitu mengesankan ini. Selain itu, bawalah jaket dan jas hujan. Suhu udara di sini cukup rendah (dingin), apalagi sekarang sedang musim hujan. Bawalah kedua peranti itu jika tak ingin kuyup kebasahan dan masuk angin. Selamat berlibur.

Written by DT. Jatmiko

Kontributor Ngadem.com - Lelaki gembira asal Prambanan. Sempat mempunyai cita-cita jadi Polisi, tapi kandas di tengah jalan.